Tes Potensi Akademik Online
Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau yang biasa juga disebut Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu tes kognitif yang sering dipakai dibeberapa negara.

Tes Kemampuan Akademik menjadi salah satu jenis tes yang akan Anda temukan saat proses rekrut pegawai. Mungkin juga Anda bisa menemukan tes ini untuk berbagai keperluan seperti sebagai salah satu ketentuan dalam pendaftaran program beasiswa atau masuk perguruan tinggi. Tes ini memiliki fungsi sebagai alat ukur objektif dalam mengukur intelektualitas seseorang.

Sukses Tes Kemampuan Akademik dengan Trik Mengerjakannya

Untuk ragam tes ini sendiri cukup mirip dengan tes ilmu-ilmu lainnya. Bahkan terkadang Anda juga masih bingung untuk membedakannya. Dengan demikian, Anda bisa menyimak pembahasan dibawah ini untuk tahu lebih lanjut tentang TKA dan juga tips-tips sukses saat mengerjakannya.

Pengertian Tes Kemampuan Akademik

Tes TKA ini dilakukan di dalam suatu proses seleksi untuk bertujuan mengukur pengetahuan, kemampuan, dan juga pemahaman dalam bidang keilmuan. Hal ini sesuai dengan apa yang sudah diajarkan di pendidikan sekolah dengan menekankan tes di tingkat High Order Thinking Skills.

Dalam tes ini bertujuan untuk menilai kompetensi dasar di mata pelajaran masa sekolah. Tes ini mencakup standar isi yang harus dikuasai oleh siswa di akhir masa studi dengan kurikulum yang pemerintah tetapkan.

Penguji akan melihat kemampuan dari matematika, logika, bahasa, dan juga spasial dari seseorang yang diujikan. Tes ini bisa juga digunakan untuk mengukur dalam kemampuan verbal. Kreativitas, interpersonal, berpikir, dan intrapersonal secara kompleks.

Trik Sukses Mengerjakan soal Tes Kemampuan Akademik 

Terdapat beberapa trik sukses untuk mengerjakan soal Tes Kemampuan Akademik (TKA), diantaranya:

  • Dahulukan untuk mengerjakan soal-soal yang dirasa lebih mudah. Mungkin trik yang satu ini sudah terkenal dan masih digunakan sejak lama. Dengan mengerjakan yang lebih mudah dahulu, Anda bisa menyelamatkan waktu dalam mengerjakan soal dengan jumlah banyak.
  • Anda bisa membeli buku dengan kisi-kisi dan atau bentuk soal TKA. Dengan buku tersebut Anda bisa mendapatkan soal yang mirip-mirip dengan subtest yang diujikan. Sehingga mengerjakan soal akan lebih mudah lagi. 
  • Peroleh tambahan pengetahuan dengan membaca lebih banyak melalui media membaca Koran atau menonton berita.
  • Bisa jadi soal yang akan keluar di TKA ini merupakan soal yang pernah Anda pelajari atau kerjakan saat sekolah atau kuliah. Seperti misalnya mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan juga matematika. Sehingga Anda bisa mempelajari pelajaran-pelajaran tersebut dengan mengulang mata pelajarannya.
  • Trik sukses dalam mempelajari materi TKA harus juga diiringi dengan berlatih soal. Dengan mengerjakan soal TKA in Anda bisa semakin memahami dan fasih dari konsep tes tersebut. Anda bisa memulai dengan mengikuti try out gratis atau juga mencari soal dari tahun-tahun sebelumnya.
  • Pahami detail dari soal pola TKA, dalam hal ini bisa sekaligus dipelajari saat memahami materi dan mengerjakan soal. Anda bisa melatih diri untuk memahami pola-pola soal. Sekarang ini banyak buku yang memberikan tips dan trik dari suatu soal dan ciri khasnya.
  • Jasmani dan rohani berada dalam kondisi yang maksimal dan fit. Kondisi seseorang bisa mempengaruhi dalam keberlangsungan pengerjaan soal. Saat waktu ujian tiba, usahakan kondisi diri berada di tingkat yang prima, sehingga proses bisa berjalan baik dan lancar.
Materi Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKD) ini umumnya memiliki sebagai salah satu instrumen seleksi awal. Dimana selanjutnya diikuti dengan tes bakat kemampuan khusus. Tes ini sendiri memiliki tujuh kecerdasan yang diukur, diantaranya:

  • Numerik, kecerdasan yang berkaitan dengan angka atau matematika.
  • Spasial yakni kecerdasan yang erat kaitannya dengan kreativitas, seperti desain dan kesenian.
  • Linguistik verbal merupakan kemampuan dalam menulis dan membaca.
  • Lingkungan dengan kecerdasan dimiliki oleh seseorang yang berhubungan dengan alam.
  • Fisik merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan fisik, seperti misalnya bidang olahraga.
  • Interpersonal adalah kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain secara mudah.
  • Intrapersonal yakni kecerdasan emosional atau emosi dalam kemampuan seseorang di dalam mengelola emosi dalam diri seseorang sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang Tes kemampuan Akademik dan trik cara mengerjakannya. Tujuan dari tes ini sama, yakni tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang. Tes ini juga diterapkan untuk negara-negara lainnya, seperti Finlandia, Swiss, hingga Amerika Serikat.