Tes Potensi Akademik Online
Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik dapat mengukur kemampuan akademik siswa, potensi dan kelemahannya

Tes Kemampuan Akademik merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan berpikir seseorang. Bagi instansi atau lembaga pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas, tes ini dapat mengukur kemampuan berpikir para siswa.

Kemampuan berpikir ini meliputi kemampuan pemahaman hingga kemampuan penalaran. Tes ini seringkali disebut sebagai Tes Potensi Akademik TPA  atau TEPAD.

Tes ini memiliki peran yang sangat penting dan seringkali digunakan dalam berbagai macam kepentingan. Salah satunya untuk mengetahui minat dan bakat serta menentukan jenjang pendidikan selanjutnya.

Peran Tes Kemampuan Akademik

Bagi siswa SMA, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi dilema. Dengan kata lain, tidaklah mudah bagi siswa untuk menentukan jurusan, fakultas, hingga universitas.

Selain itu, dalam menentukan jurusan kuliah yang akan diambil, tidak boleh asal-asalan. Ketika jurusan kuliah yang diambil tidak sesuai dengan kemampuan, maka akan kesulitan untuk mengembangkan potensi.

Begitu pula sebaliknya, ketika jurusan kuliah yang diambil sesuai dengan kemampuan, maka siswa sebagai calon mahasiswa, semakin mudah merencanakan studinya hingga mempersiapkan masa depan.

Pentingnya Tes Kemampuan Akademik Bagi Siswa Sekolah

Tingkat kemampuan berpikir seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa diantaranya, adalah kapasitas berpikir dan pengalaman ketika berada di dalam maupun luar lingkungannya.

Selain itu, kemampuan seseorang terlihat ketika mereka masih kecil hingga beranjak dewasa. Sayangnya, tak sedikit siswa masih bingung dengan kemampuan maupun potensi yang dimilikinya.

Karena ketidaktahuan akan kemampuannya inilah, mereka sulit mengembangkan diri. Supaya hal ini tidak lagi terjadi, penting bagi siswa untuk mengikuti Tes Kemampuan Akademik.

Melalui tes ini, para siswa mendapatkan bantuan untuk mengetahui kemampuan dan potensinya. Sehingga, mereka bisa merencanakan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan lebih siap.

Jenis Tes Kemampuan Akademik

Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Para siswa memiliki keunggulan dalam bidang masing-masing.

Karena itulah, dalam tes ini telah tersedia berbagai jenis tes yang dapat menentukan kemampuan seseorang dengan lebih akurat. Tes tersebut antara lain, makna kata, analogi, pemahaman wacana, silogisme, deret angka, aritmatika, perbandingan, serial, hingga matriks.

Penyelenggaraan Tes

Saat ini, para siswa sudah semakin mudah dalam mengikuti tes tersebut. Sebab, penyelenggaraan tes ini telah menggabungkan teknologi serta teori yang canggih dan mutakhir.

Dengan begitu, proses pengembangan tes berbasis online dapat berjalan lancar. Untungnya lagi, dalam penyelenggaraan tes ini, pihak sekolah atau penyelenggara bisa memilih waktu pelaksanaan tes.

Melalui kemudahan ini, tidak akan mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Pihak sekolah bisa memilih waktu sesuai dengan waktu luang siswa, sehingga siswa dapat mengikuti tes ini dengan maksimal.

Kemudian, tes ini tidak harus diselenggarakan di sekolah, karena tidak terbatas oleh tempat. Setiap siswa bisa mengikuti tes ini dimana saja, seperti di rumah, perpustakaan, hingga tempat-tempat lainnya yang memiliki koneksi internet bagus.

Menariknya lagi, Tes Kemampuan Akademik ini juga mendukung semua jenis perangkat online. Hal ini bisa menyesuaikan perangkat yang dimiliki oleh para siswa.

Tidak mengharuskan menggunakan perangkat tertentu, sehingga semakin memudahkan siswa untuk mengikuti tes. Beberapa perangkat online yang mungkin saja bisa digunakan antara lain, smartphone (Android dan iPhone), laptop, komputer, tablet, iPad, dan perangkat online lainnya.

Hasil Tes

Hasil tes yang diberikan berbasis Teori Tes Modern atau IRT. Hal ini semakin menyakinkan para peserta untuk mengikuti tes ini karena menjamin hasil yang sesuai dan akurat.

Para siswa yang selesai mengikuti tes ini, akan mendapatkan sertifikat online melalui proses autentikasi. Sertifikat ini bisa dijadikan bukti atau jaminan, jika hasil tes dapat dipertanggung jawabkan.

Tes ini juga memberikan hasil yang real time. Itu artinya, setelah selesai mengikuti tes, hasil tes akan segera diberikan kepada para peserta. Dengan begitu, hasil tes bisa langsung siswa gunakan untuk menyusun rencana studi hingga mendaftar ke perguruan tinggi.

Tes ini telah menggunakan beberapa fitur canggih dan terpercaya untuk menjaga validitas dan reliabilitas hasilnya. Melalui Tes Kemampuan Akademik, para siswa tidak lagi kesulitan untuk mengembangkan potensi dan bakatnya, karena telah mengenal keterampilan yang dimilikinya dengan baik.

Artikel berhubungan: