Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam pelaksanaan tes potensi akademik untuk keperluan masuk kuliah.

Tes potensi akademik masuk kuliah merupakan salah satu jenis tes psikologi yang sering digunakan sebagai salah satu penilaian masuk perguruan tinggi. Tes ini memiliki banyak manfaat penting untuk berbagai bidang. Tes yang satu ini bagi calon peserta harus memperhatikan berbagai hal untuk persiapan.

Tes ini sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan dari seseorang yang diujikan sebelum memasuki bangku perkuliahan. Tidak hanya bisa ditemui di tes masuk kuliah, tetapi tes ini juga dapat ditemukan di proses rekrutmen kerja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Tes Potensi Akademik Masuk Kuliah

Dari hasil tes potensi akademik akan diketahui tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Tes ini dirancang untuk melihat potensi intelektual sebagai dasar keberhasilan seseorang untuk menjalani pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Banyak yang menganggap soal dari tes potensi akademik ini cukup mudah, tetapi terdapat beberapa kasus yang menyatakan bahwa tidak sedikit orang gagal mengerjakan tes ini. Ada beberapa faktor yang memicu kegagalan dalam ujian tersebut.

Salah satunya seperti terlalu fokus terhadap satu soal yang menurut kita sulit. Sehingga waktu mengerjakan soal tidak dapat digunakan secara maksimal dan hanya bisa terpaku pada beberapa soal sulit. Ada beberapa peserta yang juga kurang teliti dalam memilih jawaban yang tepat.

Tes ini memberlakukan sistem penilaian skor. Semakin banyak jawaban benar terjawab, maka akan semakin tinggi pula nilai yang akan didapatkan. Range nilai TPA ini berada di antara 200 hingga 800.

Perbedaan TPA dengan Tes IQ

Dalam tes potensi akademik masuk kuliah terdapat beberapa materi soal dan juga pertanyaan yang sering muncul, seperti materi tes numeric, tes gambar, hingga tes bahasa. Dari materi yang diberikan saat melakukan tes potensi akademik, ada beberapa peserta yang bisa menjawab pertanyaan ada juga yang kesulitan menjawabnya.

Berdasarkan namanya, tes ini digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Lalu apakah TPA ini sama dengan tes IQ? Kedua tes ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun, tes potensi akademik memiliki materi yang lebih luas lagi. Menggunakan TPA bisa secara sekaligus untuk mengukur IQ dan melihat minat, bakat, serta kepribadian seseorang.

Persiapan dalam Mengikuti Tes Potensi Akademik Masuk Kuliah

Sebagian dari orang yang akan mengikuti tes potensi akademik ini menjadi hal yang menakutkan. Peserta merasa khawatir bila nantinya tes ini tidak dapat membuat mereka tidak bisa lolos dalam proses seleksi masuk kuliah. Akan tetapi hal-hal ini tidak akan lagi terasa menakutkan saat peserta mengetahui dengan baik tentang TPA dan soal beserta jawabannya.

Untuk masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri atau swasta, maka perlu untuk mempersiapkan diri menghadapi tes potensi akademik. Dimana tes ini wajib diikuti untuk semua peserta dan penting untuk melakukan persiapan dalam mengikuti tes potensi akademik dengan baik.

Dengan demikian, Anda bisa diterima pada seleksi masuk perguruan tinggi. Hal ini bisa Anda temukan di tes ujian masuk SBMPTN atau yang sekarang disebut dengan SNBT. Terdapat beberapa persiapan yang dapat dilakukan oleh peserta.

Mempelajari soal tes potensi akademik masuk kuliah beserta dengan kunci jawabannya secara online maupun offline. Bisa juga dengan melalui buku khusus untuk persiapan TPA. Tentunya jika tidak menyukai belajar dengan sistem menggunakan gadget.

Anda bisa membeli buku latihan soal dan jawabannya di marketplace online atau offline. Anda juga bisa membeli buku panduan untuk persiapan TPA. Kemudian Anda juga bisa mempelajari contoh soal TPA dengan penjelasan jawabannya dari 2 tahun sebelumnya atau 1 tahun sebelumnya.

Ikut dalam berbagai pelatihan yang mendukung persiapan TPA. Bisa mengikuti program dari sekolah, dari tempat bimbel, dan juga secara online. Mengikuti semua proses dari pembukaan akun untuk mengikuti ujian TPA masuk kuliah. Pastikan tidak ketinggalan timeline ujian masuk PTN atau PTN tujuan.

Hal paling penting dari sukses mengikuti tes potensi akademik masuk kuliah ini adalah dengan persiapan yang baik. Dengan banyak berlatih, berdoa, dan juga konsentrasi pada soal yang diajukan dapat memberikan peluang besar untuk berhasil di tes potensi akademik ini. Persiapan yang optimal diharapkan dapat membantu memberikan nilai yang tinggi. 

Artikel berhubungan: