Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online bertujuan untuk mengukur taraf kecerdasan seseorang atau individu. Mulai dari kemampuan verbal, numerik, dan spasial

Tes TPA online merupakan Tes Potensi Akademik atau tes kecerdasan yang dapat Anda ikuti secara online. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur taraf kecerdasan seseorang atau individu. Ada tiga jenis kecerdasan yang bisa Anda ukur dengan tes TPA, yakni kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan spasial.

Tes TPA Online untuk Mengukur Kemampuan Verbal, Numerik, dan Spasial

Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada orang dengan kemampuan verbal yang tinggi, tetapi kemampuan numeriknya kurang bagus, dan begitu pula sebaliknya.

Mengetahui tingkat kecerdasan diri sendiri menjadi hal yang sangat penting. Ketika seseorang memahami kecenderungan kemampuannya, lebih ke verbal, numerik, atau spasial, akan lebih mudah meningkatkan minat bakat serta potensi yang ada dalam dirinya.

Selain itu, juga dapat membantu Anda untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, sehingga ketika lulus lebih mudah mendapatkan pekerjaan maupun membangun bisnis.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dan memahami kemampuannya. Jika tidak bisa melihat potensi yang ada dalam dirinya, kemungkinan lebih sulit untuk berkembang.

Karena itulah, tes TPA online hadir sebagai jawaban atas keresahan Anda selama ini. Dengan mengikuti tes TPA, Anda bisa mengukur tiga kemampuan sekaligus, verbal, numerik, dan spasial. Berikut ini penjelasan dari ketiga kemampuan tersebut.

1. Kemampuan atau Kecerdasan Verbal

Kecerdasan verbal merupakan kemampuan untuk memahami serta menalar dengan menggunakan berbagai macam konsep yang dibingkai dalam bentuk kata-kata. Lebih luasnya lagi, kecerdasan ini berkaitan dengan pemecahan masalah, memori kerja, hingga penalaran abstrak. Kecerdasan verbal menjadi salah satu kemampuan yang paling banyak dimiliki.

Selain Anda kenal dengan istilah verbal, kecerdasan ini juga disebut sebagai kemampuan linguistic. Untuk memahami kecerdasan verbal atau linguistic, penting bagi Anda memahami mekanisme yang mengontrol ucapan maupun bahasa.

Mekanisme ini dapat Anda bedakan menjadi empat kelompok besar. Pertama, generasi bicara atau berbicara.

Kedua, pemahaman pidato atau mendengar. Ketiga, generasi menulis atau menulis. Keempat, pemahaman menulis atau membaca.

Dalam arti yang lebih sederhana, kecerdasan verbal adalah sejauh mana seseorang bisa menggunakan bahasa, baik itu kemampuan bahasa secara tertulis, maupun lisan untuk mencapai tujuannya.

Sebagai informasi tambahan, kecerdasan verbal merupakan bagian dari teori kecerdasan majemuk Howard Gardner. Teori tersebut berkaitan dengan kemampuan individu untuk memahami bahasa lisan dan tulisan, serta kemampuan berbicara dan menulis.

2. Kecerdasan atau Kemampuan Numerik

Dalam tes TPA online, kecerdasan atau kemampuan numerik diukur dengan tes yang berkaitan dengan angka atau matematika. Kecerdasan numerik merupakan kemampuan seseorang untuk memahami hubungan angka serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep bilangan.

Ada berbagai macam kemampuan numerik yang bisa Anda ukur. Seperti kemampuan menghitung dalam hal perkalian, pembagian, penjumlahan, hingga pengurangan.

Seseorang dengan kecerdasan numerik yang sangat baik, akan menunjukkan ciri-ciri tertentu. Seperti menghitung problem aritmatika dalam waktu yang singkat, bahkan di luar kepala.

Ketika dihadapkan dengan banyaknya jenis pertanyaan, cenderung memilih pertanyaan yang bersifat analisis. Individu dengan kecerdasan numerik yang luas biasa, memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara logis.

Untuk membuktikan sesuatu, tidak hanya sekedar memberikan pendapat atau teori saja. Namun, lebih suka melakukan rancangan eksperimen.

Selain itu, mahir dalam beberapa jenis permainan, seperti catur, halma, teka-teki, puzzle, dan permainan lainnya. Umumnya, seseorang dengan kecerdasan numerik yang tinggi, lebih menguasai mata pelajaran matematika, fisika, kimia, hingga statistika.

3. Kemampuan atau Kecerdasan Spasial

Tes TPA online dapat membantu mengukur seberapa besar kemampuan spasial yang Anda miliki. Kecerdasan spasial merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir, memproses, dan memahami sesuatu atau permasalahan dalam bentuk visual.

Seseorang dengan kemampuan spasial yang tinggi, dapat menerjemahkan gambaran dalam pikirannya sendiri ke dalam bentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi. Ketika dihadapkan dengan aktivitas yang rumit, dapat menyelesaikannya dengan mudah.

Seseorang yang memiliki kemampuan ini memiliki hobi membaca, hingga menggambar atau melukis. Bahkan, terkadang memiliki rasa penasaran yang tinggi meskipun tindakan tersebut membahayakan dirinya.

Dalam tes TPA online, memiliki waktu maupun cara yang berbeda dalam menyelesaikan setiap subtestnya. Maka dari itulah, perhatikan instruksi dengan detail supaya hasilnya semakin optimal. Dengan begitu, Anda dapat menilai kemampuan diri sendiri secara tepat, baik itu verbal, numerik, atau spasial.