Tes Potensi Akademik Online
Tes  Potensi Akademik

Tes Potensi akademik harus anda pertimbangkan dalam mengikutinya, yaitu aspek verbal, numerik, dan figural. Ketiga aspek ini menjadi aspek penyusun inti tes TPA

Tes potensi akademik termasuk jenis psikotes yang mengukur tingkat kemampuan seseorang. Lebih tepatnya, untuk menguji kecerdasan intelektual.

Mungkin bagi orang awam tes ini terkesan biasa saja. Namun, menurut ahli psikologi tidak demikian. Bagi mereka, tingkatan kecerdasan dan skill yang ada dalam diri setiap orang memiliki nilai minimal. Mudahnya, semakin tinggi nilai TPA sebanding dengan tingkat kecerdasan intelektualnya.

Tak heran apabila kini psikotes mulai dilirik untuk keperluan banyak hal. Mulai dari seleksi calon mahasiswa baru, rekrutmen karyawan, hingga asesmen jabatan. Menariknya, kini psikotes akademik berbasis digital.

Pentingnya Tes Potensi Akademik

Ada banyak manfaat ketika Anda mengikuti tes akademik online. Ada pihak-pihak yang merasa diuntungkan dengan kehadiran tes akademik. Selain mengukur kecerdasan, psikotes yang akrab dengan sebutan TPA ini juga bisa mengukur potensi intelektual.

Ini karena TPA menilainya dalam 3 aspek, yakni aspek verbal, numerik, dan figural. Memang penyajian soal-soal dalam tes sederhana. Faktanya, justru banyak yang mengalami kegagalan.

Oleh karena itu, persiapkan sebaik mungkin diri Anda sebelum mengikuti Tes Potensi Akademik. Pasalnya, setiap soal yang dibuat benar-benar bisa menjadi indikator untuk mengukur pola pikir peserta tes akademik online. Bahkan skoring yang diperoleh akan menunjukkan keberhasilan seseorang baik dalam jenjang pendidikan maupun karir.

Berikut adalah pentingnya TPA online dalam kehidupan sehari-hari.

Seleksi Calon Mahasiswa

Beberapa perguruan tinggi menjadikan TPA sebagai persyaratan wajib saat proses seleksi calon mahasiswanya. Melalui tes akademik online inilah pihak universitas bisa mengukur kemampuan berpikir yang dimiliki peserta tes, baik berupa skill pemahaman maupun penalaran.

Biasanya psikotes akademik online ini diselenggarakan saat proses seleksi calon mahasiswa S1 atau Pascasarjana S2. Adapun tujuan utama pelaksanaan tes adalah guna penjaminan mutu sesuai standar pelayanan pendidikan. Tes ini disinyalir sebagai persiapan agar universitas bisa menelurkan lulusan program pascasarjana terbaik kedepannya.

Rekrutmen Karyawan

Jika Anda pernah melamar pekerjaan di perusahaan, pasti tidak asing dengan kata tes potensi akademik. Indonesia sendiri menjadi negara yang menerapkan TPA dalam prosedur rekrutmen karyawan sejak 1984. Instansi pemerintah maupun swasta sudah menggunakan tes psikologi tersebut. 

Tes akademik online berorientasi untuk mengukur potensi yang ada pada calon karyawan. Besar harapan perusahaan agar rekrutmen karyawan tersebut bisa menghadirkan orang-orang yang dapat membangun serta mengembangkan organisasi yang dimiliki sebuah perusahaan.

Asesmen Jabatan

Tes potensi akademik juga menjadi pertimbangan penting dalam proses asesmen jabatan. Artinya, psikotes ini sangat membantu dalam mengukur dan menilai kemampuan karyawan guna proses profiling.

Dari proses inilah pihak perusahaan lebih mudah mengetahui kecocokan kandidat. Perusahaan bisa menempatkan kandidat yang ditunjuk dalam posisi yang tepat dan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Dari proses asesmen ini pula akan memudahkan perusahaan memperkirakan kinerja kandidat tersebut dalam jangka waktu lama.

Berbagai Fitur di Tes Akademik Online

Mengapa tes potensi akademik banyak dipilih? Jawabannya adalah karena psikotes ini memiliki sejumlah fitur menarik.

Apa saja fitur yang dimaksud? Berikut adalah penjelasannya.

Fitur accessible menjadi keunggulan yang mencolok dari tes akademik. Dengan fitur tersebut memungkinkan peserta mengaksesnya di mana saja

Fitur berikutnya tak kalah menarik, yakni desain tes multiuser. Artinya, tes potensi akademik  online bisa digunakan oleh beberapa user.

Bagi pihak penyelenggara tes, hal ini lebih efisien waktu, tenaga, dan budget. Tak perlu khawatir terjadi kekacauan saat tes berlangsung karena server yang digandeng kuat.

Hasil tes bersifat real time. Begitu tes selesai, tak lama kemudian hasil tes bisa diberikan ke pihak penyelenggara. Hal ini juga memudahkan perusahaan atau pihak perguruan tinggi untuk langsung mempertimbangkan calon peserta tes, apakah sudah memenuhi kriteria yang dicari.

Kompatibel di semua perangkat juga menjadi nilai jual tes akademik online. Dengan fitur online base, maka peserta bisa mengakses tes melalui perangkat yang mereka miliki. Baik berupa tablet, iPad, tablet, PC, Android, dan perangkat-perangkat lain.

Bila tertarik menggunakan tes potensi akademik, pastikan Anda memilih penyedia jasa psikotes dengan fitur terpercaya. Jadi, hasil tes benar-benar reliabel dan keabsahannya lebih terjamin.

Artikel berhubungan: