Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Saat ini terdapat beberapa cara untuk lolos Tes Potensi Akademik, salah satunya dalah memahami struktur soal TPA tersebut.

Tes Potensi Akademik merupakan bentuk dari tes psikologi. Tes satu ini memang sering digunakan selama proses rekrutmen kerja, tes beasiswa hingga seleksi masuk beberapa universitas. Bahkan juga termasuk SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Penggunaan TPA ini banyak, baik pada bidang pekerjaan ataupun pendidikan. Sebab, dianggap penting untuk mengetahui proses berpikir serta mengukur kecerdasan intelektual seseorang.

TPA biasanya juga menggunakan sistem penilaian skor dengan rentang nilai 200 hingga 800. Semakin banyak Anda bisa menjawab pertanyaan yang diberikan secara benar, maka semakin tinggi pula skor yang diperoleh. Berdasarkan tiga aspek yang menjadi penilaian, ada empat jenis-jenis utama soal tes TPA.

Pelajari Jenis Tes Potensi Akademik

Anda perlu mengenal jenis-jenis soal tes psikologi ini sebelum menghadapinya. Seperti yang Anda tahu bahwa TPA adalah jenis tes yang sering sekali dijumpai. Baik itu dalam proses seleksi karyawan hingga saat penerimaan mahasiswa baru.

TPA adalah salah satu jenis tes yang dianggap cukup berat bagi sebagian besar orang. Bahkan terbukti ada banyak orang yang gagal mengikuti TPA dengan skor yang memuaskan. Banyak pula orang luar sana yang tidak lolos seleksi, baik kerja atau kuliah karena gagal saat mengerjakannya.

Mungkin banyak orang sudah mengetahui TPA tersebut, namun tidak tahu jenis-jenis soalnya yang akan dihadapi. Untuk itu perlu memahami jenis soal TPA serta fungsinya. Berikut ini adalah jenis-jenis soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang penting diketahui sebelum mengikutinya.

Kemampuan Verbal

Tes yang pertama dilakukan yakni tes kemampuan verbal. Pada bagian tes ini Anda akan diuji sejauh tentang penguasaan perbendaharaan kata. Anda juga perlu memahami sebuah bacaan serta bisa memahami arti kata-kata tertentu. Tes ini yang terbagi menjadi tes sinonim, antonim, analogi, hingga perbendaharaan kata.

Kemampuan Numerik

Tes yang satu ini adalah jenis tes yang akan menguji kemampuan matematika dasar. Tes ini dilakukan untuk bisa mengetahui sejauh tentang berpikir logis dan berpikir secara terstruktur. Penggunaan tes ini yang memiliki beberapa bagian meliputi tes deret bilangan, matematika berpola, aritmatika dasar, serta logika matematika.

Kemampuan Penalaran

Tes kemampuan penalaran yang Anda lakukan dalam upaya mengukur kemampuan seseorang berpikir secara logis. Tes ini yang dilakukan untuk bisa mengetahui kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi masalah, lalu mencari solusi yang tepat. Tes ini terbagi menjadi tes penalaran logis serta penalaran analitis.

Kemampuan Visual Spasial

Jenis tes selanjutnya, Anda juga perlu mengikuti tes kemampuan visual spasial. Tes yang satu ini merupakan Tes Potensi Akademik yang dilakukan untuk mengetahui mengenai kemampuan nalar seseorang. Tes ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti tes perbedaan gambar, pencerminan, jaring-jaring, serta persepsi gambar.

Setiap jenis tes perlu Anda pahami dengan baik. Pastikan juga mencari soal latihan dari setiap bagian soalnya. Jika Anda ingin lolos TPA, perlu memperoleh skor terbaik pada setiap jenis soal. Jangan lupa, untuk memperbanyak latihan soal untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Terdapat banyak soal latihan TPA yang bisa Anda dapatkan. Lakukan latihan soal secara rutin agar semakin terlatih dalam mengerjakan soal. Semakin banyak Anda latihan, maka akan semakin siap dalam menghadapi tes yang sesungguhnya.

Pelajari Soal Tes Potensi Akademik

Setelah memahami definisinya, saat ini juga perlu memahami dan mempelajari beberapa contoh soal tes yang bisa Anda dapatkan dari internet. Masing-masing soalnya dibuat untuk mengukur kapasitas berpikir pengikut tesnya. Hasilnya dari tes bisa sebagai bahan prediksi seseorang, berhasil atau tidaknya dalam jenjang pendidikan dan juga karier yang lebih tinggi.

Bahkan, soal-soal ini juga akan memberikan prediksi mengenai kemungkinan seseorang mengalami stres dengan tuntutan belajar atau tugas dari institusi kelak. Sejumlah contoh pertanyaan dalam tes psikologi berdasarkan jenis soalnya, jangan lupa Anda pelajari.

Pentingnya mempelajari Tes Potensi Akademik (TPA) sebelum memutuskan mengikutinya. Pastikan juga memahami setiap jenis soalnya sehingga tidak kaget saat harus mengerjakan tes. Tetaplah fokus untuk mengerjakan dan jangan lupa menjaga kesehatan diri agar mendapatkan hasil maksimal. Tentu saja setiap peserta tes tidak ingin gagal saat mengikuti tes tersebut. 

Artikel berhubungan: