Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Saat melaksanakan tes potensi akademik bisa melatih untuk tetap berbuat jujur. Bukan hanya ada pengawas, kita juga tidak sempat menoleh kesana kemari dengan waktu yang terbatas.

Tes Potensi Akademik salah satu bentuk tes psikologi yang cukup banyak dipilih. Tes ini biasa dilakukan saat proses rekrutmen kerja, baik pada instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Beberapa universitas dan SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri juga menjadikan tes ini sebagai bagian dari proses seleksinya. Sebab, tes psikologi yang satu ini berperan penting untuk mengetahui proses berpikir seseorang.

6 Keuntungan Mengikuti Tes Potensi Akademik

Jika Anda pernah mendaftar kerja pada berbagai perusahaan, kemungkinan tidak asing lagi dengan tes psikologi ini. Salah satu jenis psikotes yang berguna dalam mengukur kecerdasan intelektual seseorang.

Pada wilayah Indonesia, banyak yang memanfaatkan tes ini untuk proses rekrutmen kerja, tes beasiswa, hingga tes masuk perguruan tinggi. Bahkan, penggunaan tes ini juga dibuat untuk mengetahui potensi intelektual yang akan mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang selama menjalani pendidikan.

Biasanya terdapat tiga aspek yang dinilai dalam tes ini, yakni verbal, numerikal, serta figural. Meski pertanyaan dalam tes psikologi terkesan sederhana, namun banyak yang gagal saat mengikutinya.

Alasannya juga berbagai macam, mulai dengan tidak teliti, kekurangan waktu, hingga bingung menentukan jawaban paling tepat. Oleh karena itu, akan membutuhkan trik khusus untuk agar bisa menjawab semua pertanyaan dengan tepat. Tentunya sesuai waktu yang telah tersedia.

Jika mengikuti tes ini, maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya.

Mempermudah Instansi Menyaring Anggota Baru

Umumnya tes potensi akademik yang dilakukan saat penyaringan anggota baru. Misalnya saat SBMPTN untuk masuk Universitas Negeri. Tes ini akan memudahkan universitas melihat serta menyaring mahasiswa yang pantas untuk masuk pada universitas tersebut. Selain itu, pelaksanaan CPNS juga perlu melalui tes psikologi untuk menentukan pantas atau tidaknya sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Untuk Mengetahui Bakat dan Minat

Tes ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui bakat dan minat seseorang. Seseorang tersebut memiliki kecenderungan ke sains, sosial atau bahasa. Biasanya tes ini berlangsung saat SMA yakni saat penjurusan. Hasilnya juga bisa Anda jadikan patokan dalam menempatkan siswa pada tempat yang benar.

Menjauhkan dari Sifat Ceroboh

Mungkin saat ini masih bingung serta tidak yakin jika tes potensi akademik akan menghilangkan sifat ceroboh. Memang benar jika tes psikologi ini bisa meningkatkan kewaspadaan dan terhindar dari sifat kecerobohan.

Hal ini terbukti saat pelaksanaan SBMPTN, biasanya sistem memberi penilaian jika benar 3 poin, tidak di isi 0, bahkan salah -1. Untuk itu, perlu benar-benar berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan jawaban.

Pengerjaan soal tes ini cukup berbeda dengan ujian lainnya. Jika tidak bisa hanya mencontreng salah satu jawaban menggunakan feeling, saat mengikuti tes ini tidak perlu dengan isinya. Dengan demikian Anda akan terbiasa lebih berhati-hati dan tidak gegabah atau ceroboh.

Melatih Kejujuran

Saat melaksanakan tes potensi akademik bisa melatih untuk tetap berbuat jujur. Bukan hanya ada pengawas, kita juga tidak sempat menoleh kesana kemari dengan waktu yang terbatas. Untuk itu, Anda perlu fokus serta memikirkan kerjaan kita tanpa bisa mencontek orang lain. Dengan demikian kejujuran memang perlu terbentuk.

Memperoleh Suatu Pengalaman

Terlepas dari lulus atau tidaknya saat mengikuti tes, Anda akan memperoleh suatu pengalaman yang berharga. Saat ingin Anda melakukan tes potensi akademik tidak perlu bingung atau canggung. Anda sudah memiliki pengalaman mengerjakan mengenai tes potensi akademik.

Menjadi Bahan Evaluasi

Dengan melakukan tes psikologi, Anda juga akan mengetahui seberapa kemampuan pada bidang akademis. Selain itu, dengan mengikuti tes ini akan mengetahui bakat dan minat biasanya terdapat pada bidang apa. Selain itu, jika gagal mengikuti tes, maka perlu intropeksi diri serta akan terus belajar. Tujuan agar bisa lulus dalam tes potensi akademik.

Terdapat beberapa keuntungan jika ikut tes potensi akademik yang bisa Anda dapatkan. Namun hasilnya juga bisa dipengaruhi oleh pelaksanaannya. Jika dalam kondisi yang baik serta benar-benar mengerjakannya sehingga hasil itu akan relevan dengan kemampuan Anda. Namun jika kita melakukannya asal-asalan, hasil keinginan tidak akan sesuai dengan kemampuan.

Artikel berhubungan: