Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Salah satu materi tes potensi akademik online adalah analogi verbal yang memiliki karakteristik tersendiri dan menjadi materi rumit bagi para peserta.

Tes potensi akademik online sering digunakan sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam tes masuk instansi maupun kuliah. Salah satu materi yang ada dalam tes tersebut adalah analogi verbal.

Materi tersebut merupakan proses nalar analitis yang melibatkan kata-kata untuk memecahkan suatu masalah. Materi tersebut pula menjadi cara untuk mengetahui cara berpikir dan bernalar secara analogis.

Karakteristik Utama Materi Analogi Verbal dalam Tes Potensi Akademik Online

Materi verbal sendiri terdiri dari berbagai jenis soal, salah satunya tes analogi. Pertanyaannya mencakup berbagai kata dan hubungan konsep. Meskipun demikian, struktur pertanyaannya tetap sama meski soal dalam tes berbeda.

Tujuan dari penyelenggaraan tes ini adalah untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan analitis pesertanya. Dibandingkan dengan jenis tes lainnya dalam TPA, tes yang satu ini seringkali menjebak pesertanya.

Kegunaan dan Tujuan Tes Analogi

Seringkali, suatu instansi dan universitas menggunakan materi ini untuk mengukur kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. HR dapat melihat kemampuan calon karyawan memecahkan masalah di tempat kerja melalui tes yang satu ini.

Selain itu, kegunaan tes analogi dalam proses seleksi adalah:

  • Sebagai tes rekrutmen pegawai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan analitis seseorang.
  • Seleksi masuk perguruan tinggi sebagai pengukur kemampuan seseorang dalam memahami dan menerapkan konsep abstrak.
  • Untuk seleksi masuk Program Pascasarjana
  • Seleksi Calon Pemimpin
Karakteristik Utama Tes Analogi

Terdapat beberapa karakteristik pada tes potensi akademik online materi verbal analogi. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Berbasis pada situasi baru yang memungkinkan peserta menerapkan hubungan pada situasi baru dan tidak dikenal sebelumnya.
  • Dapat meningkatkan kreativitas karena memotivasi fase berpikir secara kreatif dan mencari solusi baru untuk menghadapi suatu masalah.
  • Dapat membuat variasi dalam bentuk dan tingkat kesulitan karena tes ini terdiri dari berbagai variasi bentuk serta tingkat kesulitan. Hal ini juga bisa tergantung dengan tujuan yang ingin dicapai dan tingkat kemampuan para pesertanya.
  • Digunakan untuk mengukur kemampuan dalam memahami hubungan antara dua atau lebih konsep.
  • Dapat digunakan untuk menilai kemampuan berpikir secara abstrak.
  • Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan tujuan, seperti mengukur kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memahami konsep abstrak.
  • Bantu dalam pembelajaran dengan cara memberikan umpan balik mengenai kemampuan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep abstrak.
  • Memiliki tingkat validitas dan reliabilitas tinggi karena mampu mengukur kemampuan seseorang secara objektif dan akurat.
Cara Mengerjakan Tes Analogi Verbal

Ada beberapa kiat-kiat sukses mengerjakan tes potensi akademik online materi analogi verbal, yakni:

  • Langkah pertama, cobalah membangun hubungan yang tepat antar kata dalam pasangan yang disajikan dalam soal. Hal ini biasanya dapat membantu mengungkapkan hubungan dalam kalimat atau fase. Kemudian peserta dapat mencari hubungan yang paling dekat dengan pasangan yang diberikan dan dinyatakan dalam cara sama.
  • Terkadang, ada lebih dari satu pilihan jawaban yang terlihat serupa dengan yang diberikan soal. Langkah selanjutnya, identifikasi beberapa aspek dari hubungan antar pasangan yang diberikan kata-kata dalam satu pasangan pilihan.
  • Jangan lupa bahwa suatu kata dapat memiliki banyak makna. Jadi, pastikan untuk tidak mengabaikan arti keduanya yang bisa jadi untuk salah satu kata.
  • Kemudian jangan memutuskan jawaban terbaik tanpa membaca dan mengecek kesesuaian dengan semua pilihan jawaban yang tersedia.
  • Lebih sering berlatih mengenali dan membuat rumus sederhana hubungan antar pasangan kata.
  • Hal terpenting saat menghadapi soal jenis ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan khusus dari dua atau lebih yang diberikan soal. Apabila hubungan semakin spesifik, maka lebih mudah menemukan hubungan yang sesuai.
Materi Soal TPA Tes Verbal

Dalam tes potensi akademik online, terdapat empat jenis soal yang biasa dikerjakan, yakni:

  1. Tes verbal yang berisi pemahaman bacaan, antonim, sinonim, analogi, dan pemahaman makna kata.
  2. Tes logika mencakup urutan angka, pola gambar, logika proposisional, deret angka, dan pemecahan masalah.
  3. Bentuk tes spasial mencakup pemahaman bentuk, penalaran visual, rotasi mental, dan masalah geometri.
  4. Tes angka mencakup pemahaman angka, kemampuan berhitung, operasi matematika dasar, dan pemecahan masalah matematika sederhana.

Tes potensi akademik online sangat berguna pada bidang akademik, untuk seleksi masuk kuliah maupun masuk kerja. Dalam dunia kerja dan pendidikan tes yang satu ini sudah terkenal berkat kemudahannya dalam pengerjaan dan fleksibilitas waktu. 

Artikel berhubungan: