Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Pada umumnya, tes Potensi Akademik (TPA) memiliki nilai skor yang sama, yang berkisar antara 0 sd 800. Termasuk TEPAD, menyediakan range skor tersebut.

Tes Potensi Akademik atau biasa disingkat TPA mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Pasalnya, tes satu ini kerap kali digunakan dalam berbagai hal. Seperti keperluan perekrutan karyawan, kenaikan pangkat atau jabatan, maupun penerimaan mahasiswa baru.

Pada dasarnya, TPA berfungsi untuk mengetahui ukuran kecerdasan atau penguasaan seseorang dalam hal akademik. Hasil nilai setelah seseorang mengerjakan tes tersebut, bisa menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

Tipe Soal Tes Potensi Akademik

Di Negara Indonesia, Tes Potensi Akademik hampir sama dengan GRE di taraf internasional. Aturan, materi, bidang serta tipe soal yang diujikan tak jauh berbeda. Dalam TPA sendiri terdapat 4 tipe soal yang harus peserta hadapi. Mulai dari verbal, numerik, logika, dan tes gambar. Supaya lebih memahami, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Tes Verbal

Tes verbal berkaitan erat dengan perbendaharaan kata. Tipe soalnya meliputi sinonim, antonim, padanan, serta pengelompokkan kata. Pengetahuan terkait perbendaharaan kata ini tentu sangat Anda butuhkan. Supaya nantinya bisa memperoleh hasil terbaik setelah mengikuti tes.

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan terkait perbendaharaan kata adalah dengan rajin membaca. Seperti sering membaca tulisan ilmiah, berita bisnis, majalah ekonomi, koran, hingga buku-buku sastra. Pastikan mencatat sejumlah kata sulit kemudian mencari artinya di KBBI. Apabila kata sulit tersebut ternyata muncul di tes TPA, Anda tentu sudah tidak kebingungan lagi.

2. Tes Numerik

Susunan soal pada tes numerik berhubungan dengan angka dan bilangan. Seperti aritmatika, seri angka, dan tes hitung menghitung dalam bentuk cerita. Para peserta akan menghadapi sejumlah pertanyaan yang penyelesaiannya menggunakan operasi perhitungan dasar matematika.

Untuk proses pengerjaan tes numerik sendiri tidak membutuhkan ingatan khusus tentang rumus-rumus. Namun, Anda harus cermat memilih jawaban yang paling tepat. Karena beberapa soal bisa saja menjebak. Agar lebih siap menghadapinya pastikan Anda sering berlatih. Serta mengenali karakter soal secara logika.

3. Tes Logika

Tes ini menitikberatkan pada rangkaian pertanyaan logika secara umum. Selain itu, beberapa soalnya juga berkaitan dengan silogisme, logika cerita, hingga penjelasan diagram. Tes logika sendiri berfungsi untuk melihat seberapa efektif nalar seseorang, dalam memecahkan suatu permasalahan. Tentunya dengan metode penyelesaian yang masuk akal atau logis.

4. Tes Gambar

Bagian terakhir dari tipe soal Tes Potensi Akademik adalah pertanyaan yang menyangkut gambar-gambar. Tes ini seringkali disebut spesial, karena berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang terkait daya logika ruang.

Bentuk soalnya pun beragam. Mulai dari seri gambar, pengelompokkan objek, serta identifikasi bayangan. Ada juga tes deret gambar, kemudian para peserta diminta memilih deret berikutnya. Kecermatan dan ketelitian begitu penting dalam tes ini. Sedikit saja salah memilih pola deret dan bayangan bisa membuat nilai Anda berkurang.

Standar Nilai dalam Tes Potensi Akademik

Secara umum, masing-masing penyelenggara TPA tentu memiliki ketentuan standar nilai kelulusan yang berbeda. Meski begitu, ada sejumlah standar yang sampai saat ini masih menjadi acuan. Berikut uraian selengkapnya.

  • Nilai rata-rata Tes Potensi Akademik secara umum berkisar antara 200 sampai 800.
  • Standar rata-rata di tingkat nasional senilai 500.
  • Nilai minimal untuk penerimaan beasiswa Proyek DUE 550. Dulu banyak digunakan untuk acuan pada tahun 1997 sampai 1999.
  • Standar nilai minimal untuk lolos seleksi S2 berkisar antara 450 sampai 500.
  • Nilai minimal untuk seleksi S3 mulai dari 550 sampai 600.
  • Untuk memperoleh NIDN bagi para dosen baru harus memenuhi nilai minimal 530.

Mendapatkan nilai maksimal tentunya menjadi keinginan semua peserta tes TPA. Tak hanya sering latihan, Anda juga perlu melakukan beberapa hal untuk menunjang keberhasilan. Seperti bersikap tenang dan tidak panik saat menghadapi soal, konsentrasi, hingga cermat memahami perintah.

Selain itu, pastikan Anda memilih strategi menjawab soal supaya lebih tepat waktu. Jika ada sisa kesempatan di menit-menit terakhir, jangan buru-buru menutup soal. Upayakan untuk meneliti kembali seluruh jawaban agar tidak ada yang terlewat.

Nah, demikian tadi uraian lengkap tentang Tes Potensi Akademik sekaligus standar nilai secara umum. Informasi terkait lembaga tes TPA berkualitas dan terpercaya silahkan menghubungi tim kami di website https://tepad.id/.

Artikel berhubungan: