Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online dapat digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mulai dari mahasiswa hingga pascasarjana.

Tes Potensi Akademik online merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur kecerdasan atau kemampuan intelektual seseorang. Dalam pengembangannya, tes ini berdasarkan teori Cattel - Horn Carrol atau biasa disingkat CHC.

Teori CHC adalah teori kemampuan kognitif yang canggih dan mutakhir. Memiliki peran penting untuk mengukur kemampuan penalaran secara umum yang berguna dalam menyelesaikan masalah maupun mempelajari hal baru.

Tes Potensi Akademik Online untuk Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Tes Potensi Akademik memiliki peran yang sangat penting dalam seleksi calon mahasiswa. Baik itu mahasiswa (sarjana S1), mahasiswa pascasarjana (S2 dan S3).

Tidak hanya untuk seleksi masuk perguruan tinggi swasta dan negeri saja. Akan tetapi, juga seleksi untuk meraih beasiswa, terutama beasiswa kuliah dalam negeri.

Tes Potensi Akademik memiliki serangkaian tes dengan level atau tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, soal tes untuk calon mahasiswa S2 tentunya lebih sulit dari seleksi calon mahasiswa S1. Namun secara umum, jenis atau ragam soal tesnya tidak jauh berbeda.

Pada dasarnya, Tes Potensi Akademik memiliki berbagai macam jenis soal. Jenis soal yang paling umum ditemukan dalam seleksi calon mahasiswa, yakni tes verbal (bahasa), tes numerik (angka), tes logika, dan tes spasial.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraian mengenai jenis soal Tes Potensi Akademik online yang sering muncul dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

1. Tes Verbal (Bahasa)

Tes verbal dalam Tes Potensi Akademik berfungsi untuk mengukur kemampuan dalam bidang bahasa. Hal ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, hingga tes pengelompokan kata.

2. Tes Numerik (Angka)

Ragam soal Tes Potensi Akademik lainnya, yakni tes numerik atau angka. Tes numerik bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam bidang angka.

Tes ini membantu peserta tes untuk mengetahui kemampuan berpikirnya secara terstruktur, logis, maupun matematis. Dalam tes ini Anda akan menemukan beberapa jenis tes seperti tes aritmetik (hitungan), tes seri angka (deret), tes logika angka, tes seri huruf, serta tes angka dalam cerita.

3. Tes Logika

Tes logika merupakan salah satu jenis soal dalam Tes Potensi Akademik online. Jenis soal tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran maupun penyelesaian persoalan secara logis. Hal ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan atau silogisme, tes logika diagram, hingga tes logika dalam cerita.

4. Tes Spasial (Gambar)

Soal tes spasial atau gambar merupakan tes yang digunakan untuk mengukur daya logika ruang. Tes ini mencakup tes padanan hubungan gambar dan tes seri gambar, tes pengelompokkan gambar, tes seri gambar, tes identifikasi gambar, hingga tes bayangan gambar.

Pada jenis soal tes ini, peserta akan diberikan gambar. Setelah itu, peserta diminta untuk mengerjakannya dengan cara meneruskan gambar yang belum selesai. Pada tipe soal tes lainnya, peserta diharuskan memilih serta mengelompokkan gambar berdasarkan jenisnya.

Fitur dalam Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik online tidak hanya menyediakan beragam soal. Guna memudahkan para peserta untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, Tes Potensi Akademik telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang terpercaya.

Hal ini juga bertujuan untuk menjaga validitas maupun reliabilitas hasil tesnya. Adapun fitur yang bisa Anda jumpai antara lain.

1. Accessible

Fitur yang pertama adalah accessible. Fitur ini memudahkan para peserta untuk mengakses soal tes dimana saja. Dengan fitur ini, peserta bisa mengikuti tes di rumah tanpa harus pergi ke kampus langsung.

Hal ini sangat menguntungkan dari segi mobilitas. Apalagi, jika Anda mendaftar ke perguruan tinggi luar pulau. Tidak perlu bepergian jauh hanya untuk mengikuti tes.

2. Design Multiuser

Tes Potensi Akademik memiliki desain yang multiuser. Sehingga memungkinkan tes dapat dipergunakan oleh beberapa user. Dengan sistem tes semacam ini, dapat meningkatkan keefektifitasan penyelenggaraan tes.

3. Online Base

Tes Potensi Akademik dapat digunakan dengan berbagai macam perangkat. Selain menggunakan laptop, peserta bisa mengikuti tes dengan memanfaat perangkat lain seperti smartphone (Android maupun iPhone), tablet, iPad, dan perangkat lainnya.

Tes Potensi Akademik online dapat dikerjakan secara individual maupun classical. Selain itu, memberikan hasil secara real time dalam format PDF.

Artikel berhubungan: