Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Prosedur pelaksanaan tes potensi akademik online sama dengan tes-tes pada umumnya yang melewati pendaftaran hingga penilaian.

Prosedur pelaksanaan tes potensi akademik online perlu diperhatikan dengan baik supaya mendapatkan hasil maksimal. Tes yang diselenggarakan oleh lembaga, baik perusahaan maupun pendidikan memiliki prosedur dan pelaksanaan masing-masing. Prosedur dan pelaksanaannya tergantung dengan kebijakan dari penyelenggaranya.

Tes Potensi Akademik Online, Prosedur dan Sistem Lebih Mudah

TPA merupakan tes yang berfungsi untuk mengukur tes potensi akademik dan intelektual seseorang. Sama seperti dengan tes-tes pada umumnya, tes TPA ini memiliki serangkaian prosedur yang harus diikuti oleh peserta tes.

Manfaat Mengikuti Tes TPA Berbasis Online

Tes berbasis online ini memiliki sejumlah manfaat, diantaranya:

  1. Meningkatkan peluang untuk diterima di universitas atau lembaga pendidikan pilihan.
  2. Bantu mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Mengetahui potensi akademik dalam berbagai aspek dalam kemampuan akademik.
  4. Membuka kesempatan karir seluas-luasnya.
  5. Selain itu, fleksibilitas dan efisiensi biaya tes.
  6. Cepat dan memberikan kemudahan dalam akses.
  7. Evaluasi dan hasil keluar lebih cepat.

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan, berikut ini tahapan atau prosedur pelaksanaan tes TPA berbasis online.

Pendaftaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh semua peserta adalah melakukan pendaftaran. Anda bisa mendaftarkan diri secara manual dengan mengisi formulir pendaftaran atau melakukan pendaftaran secara online. Anda bisa mengikuti kebijakan dari pihak penyelenggara tes.

Selesaikan langkah pendaftaran dengan memverifikasi akun ke alamat email dan nomor WhatsApp yang sudah didaftarkan. Buka email atau klik link yang dikirim ke WhatsApp lalu ikuti instruksi verifikasi. Kemudian login ulang menggunakan akun yang telah dibuat.

Administrasi

Prosedur mendaftar tes potensi akademik online selanjutnya adalah mengurus administrasi. Dalam menyelesaikan proses ini, biasanya peserta akan diadakan metode pembayaran tes. Tergantung dengan ketersediaan pilihan pembayaran oleh pihak penyelenggara.

Biaya yang dibayarkan juga tergantung dengan berapa harga yang penyelenggara kenakan. Dalam tahap ini, para peserta juga akan diberikan jadwal, lokasi, dan aturan dalam pengerjaan tes. Platform online akan memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan tes.

Karena tes yang diselenggarakan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. Sehingga, peserta dapat mengatur secara mandiri kapan dan dimana akan melakukan tes tersebut.

Pelaksanaan Tes

Setelah mendapatkan jadwal, tahap yang selanjutnya adalah melakukan tes sesuai dengan jadwal. Mengikuti aturan tes potensi akademik online yang telah ditentukan penyelenggara. Pada umumnya, tes ini berisi soal-soal yang terdiri dari beberapa subtes.

Subtes yang pertama yakni tes verbal yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami konsep-konsep. Soal-soalnya dibingkai dalam kata-kata dengan komponen sinonim, antonim, padanan kata, pengelompokan kata, hingga melengkapi kata yang hilang.

Kemudian ada subtes numerik yang berfungsi untuk mengukur kemampuan di bidang angka, logis matematis, dan berpikir terstruktur. Biasanya, subtest ini terdiri dari 20-40 soal dengan waktu yang berbeda-beda setiap komponennya.

Subtes yang terakhir ada penalaran atau logika yang membatu mengukur kemampuan analitis dan logika seseorang. Biasanya subtest ini terdiri dari beberapa komponen, seperti silogisme, logika cerita, logika diagram, dan logika umum. Masing-masing komponennya memiliki jumlah 20 soal dengan waktu yang mungkin berbeda.

Penilaian

Tahap setelah mengerjakan tes potensi akademik online adalah menunggu penilaian. Peserta nantinya akan mendapatkan hasil penilaian beserta kunci jawaban. Apabila penilaian dilakukan secara offline dan manual, peluang human error lebih besar.

Peserta juga harus menunggu beberapa hari atau bahkan minggu untuk menunggu hasil keluar. Akan tetapi, bila menggunakan tes TPA berbasis online, peserta bisa lebih cepat mendapatkan hasil penilaian. Jadi, peserta tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan hasilnya. Bahkan, beberapa platform memberikan hasil penilaian secara real-time.

Hasil Tes

Setelah mendapatkan hasil tes, peserta juga akan mendapatkan sertifikat tes yang telah dilakukan sebelumnya dalam bentuk laporan skor. Skor tersebut menunjukkan tingkat kemampuan intelektual peserta setelah mengerjakan tes.

Sejumah platform tes potensi akademik online memberikan sertifikat resmi yang bisa didapat dalam bentuk soft-file. Masa berlaku sertifikat tersebut selama 1 tahun dan bisa Anda gunakan untuk mendaftar ke beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan. Itulah prosedur dalam pelaksanaan tes TPA berbasis online yang akan Anda lewati sebagai peserta.