Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online menggunakan teori CHC (Cattel - Horn Carrol). CHC merupakan teori kemampuan kognitif yang mutakhir.

Tes Potensi Akademik online merupakan salah satu jenis tes yang  bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan atau kemampuan seseorang. Tes Potensi Akademik tidak hanya digunakan di instansi atau lembaga pendidikan seperti sekolah maupun perguruan tinggi.

Pemanfaatan Tes Potensi Akademik sudah berkembang luas. Sejumlah perusahaan menggunakannya untuk seleksi calon karyawan baru hingga asesmen jabatan.

Tes Potensi Akademik Online dengan Teori Kemampuan Kognitif yang Mutakhir

Saat ini Tes Potensi Akademik semakin populer dan banyak digunakan. Salah satu yang mendasarinya adalah penggunaan teori kemampuan kognitif yang mutakhir atau dikenal dengan sebutan CHC (Cattel - Horn Carrol).

Teori Cattel – Horn Carrol atau biasa disingkat CHC merupakan teori psikologi yang berkaitan dengan struktur kemampuan kognitif manusia. Teori ini dicetuskan oleh tiga psikolog dunia, Raymond B. Cattell, John L. Horn, dan John B. Carroll.

Teori CHC adalah teori yang memiliki peran sangat penting dalam studi kecerdasan manusia. Untuk Lebih detailnya bisa simak pemaparan di bawah ini.

Kemampuan yang Dapat Diukur

Tes Potensi Akademik online dengan teori CHC dapat mengukur berbagai macam kemampuan manusia secara luas, beberapa diantaranya:

  1. Comprehension Knowledge (Gc): kemampuan yang mencakup keluasan serta kedalaman pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini juga mencakup kemampuan mengkomunikasikan pengetahuan dan kemampuan menalar dengan menggunakan pengalaman maupun prosedur yang sebelumnya telah dipelajari.
  2. Penalaran yang Lancar: mencakup kemampuan luas untuk menalar, membentuk konsep, hingga memecahkan suatu masalah dengan menggunakan informasi yang tidak dikenal atau prosedur baru.
  3. Pengetahuan Kuantitatif (Gq): pengetahuan kuantitatif merupakan kemampuan untuk memahami konsep maupun hubungan kuantitatif dan memanipulasi simbol numerik.
  4. Kemampuan Membaca & Menulis (Grw): kemampuan membaca dan menulis mencakup keterampilan dasar membaca dan menulis.
  5. Memori Jangka Pendek (Gsm): Memori jangka pendek merupakan kemampuan untuk menangkap serta menyimpan informasi dalam kesadaran langsung. Kemudian, menggunakannya dalam beberapa detik.
  6. Penyimpanan dan Pengambilan Jangka Panjang (Glr): merupakan kemampuan untuk menyimpan informasi serta mengambilnya dengan lancar di kemudian hari dalam proses berpikir.
  7. Visual Processing (Gv): merupakan kemampuan mempersepsi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan berpikir dengan pola visual. Hal ini juga mencakup kemampuan menyimpan serta mengingat representasi visual.
  8. Pemrosesan Auditori (Ga): merupakan kemampuan untuk menganalisis, mensintesis, serta membedakan rangsangan pendengaran. Kemampuan ini termasuk cara memproses dan membedakan bunyi ujaran yang mungkin disajikan dalam kondisi terdistorsi.

Selain kemampuan yang telah disebutkan, Tes Potensi Akademik online juga mengukur sejumlah kemampuan lain seperti pemrosesan (Gs), waktu / kecepatan keputusan / reaksi (Gt), pengetahuan spesifik domain (Gkn), kemampuan psikomotor (Gp), kemampuan sentuhan (Gh), kinestetik (Gk), hingga penciuman (Go).

Kegunaan Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik memiliki peran penting dalam mengukur kemampuan penalaran secara umum yang berguna untuk memecahkan masalah serta mempelajari hal baru. Kemampuan semacam ini menjadi pertimbangan yang penting dalam seleksi calon mahasiswa (sarjana maupun pascasarjana), rekrutmen karyawan, hingga promosi jabatan.

Pada tahap seleksi calon mahasiswa, universitas atau perguruan tinggi bisa mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki potensi sesuai dengan jurusan. Dengan begitu, mahasiswa baru dapat memaksimalkan minat dan bakat mereka.

Sedangkan dalam tahapan seleksi calon karyawan, perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang memiliki skill sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Sehingga, para karyawan baru dapat bekerja dengan baik dan berkontribusi penuh dalam memajukan perusahaan.

Selain itu, perusahaan bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia yang potensial. Hal ini juga akan mempermudah proses asesmen jabatan.

Komponen Tes

Tes Potensi Akademik online dengan teori CHC memiliki komponen tes yang lengkap. Beberapa diantaranya, makna kata, analogi, pemahaman wacana, silogisme, deret angka, aritmatika, perbandingan, serial, dan matriks.

Dalam penyelenggaraannya, menawarkan kebebasan dan keleluasaan bagi setiap peserta. Peserta tes bisa memilih waktu pelaksanaannya. Hal ini bisa disesuaikan dengan jadwal kesibukan, sehingga peserta bisa lebih fokus dalam mengikuti tes.

Kemudian, tidak terbatas pada tempat. Artinya, peserta bisa mengikuti tes ini dimana saja. Entah itu di rumah, kampus, kantor, maupun tempat-tempat umum lainnya.

Tidak hanya mendukung teori CHC saja, Tes Potensi Akademik online juga memberikan hasil tes secara real time berbasis Teori Tes Modern atau IRT.

Artikel berhubungan: