Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online ini sering dipakai untuk menyeleksi para peserta yang ingin masuk perusahaan sebagai pegawai baru maupun perguruan tinggi.

Tes potensi akademik online ini biasanya sering dipakai untuk menyeleksi para peserta yang ingin masuk perusahaan maupun perguruan tinggi. Karena berbasis online, kemungkinan tes TPA tersebut juga dilakukan secara daring, sehingga para peserta tidak harus datang ke tempat lokasi.

Atau, juga bisa dibilang bahwa tes tersebut tidak menggunakan kertas untuk menulis jawaban, sehingga hanya menggunakan gadget atau perlengkapan elektronik lainnya. Sama seperti tes TPA pada umumnya, tes yang berbasis online ini juga mempunyai beberapa jenis soal. Untuk itu, supaya bisa memahami lebih dalam, mari mengenal tes potensi akademik secara online berikut ini. 

Mengenal dan Memahami Tes Potensi Akademik Online 

Perlu kamu ketahui, tes potensi akademik merupakan sebuah bentuk tes psikologi yang sering digunakan dalam proses rekrutmen kerja di instansi pemerintah maupun swasta. Tak hanya itu saja, TPA ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan soal untuk menguji tingkat kemampuan berpikir para peserta yang ingin mendaftar di perguruan tinggi.

Dengan menggunakan jenis tes TPA tersebut, tentu bisa membantu perusahaan maupun perguruan tinggi dalam memilih peserta yang unggul sekaligus mempunyai kemampuan dalam bidang akademik.  

Nah, untuk tes TPA ini mempunyai beberapa metode dalam pelaksanaannya, yakni secara online maupun offline. Kemungkinan jika offline dilaksanakan di tempat tertuju sesuai ketentuan, namun jika online biasanya dilakukan secara daring atau bisa juga menggunakan media elektronik.

Untuk tes potensi akademik online ini juga sebenarnya mempunyai jenis soal yang sama dengan pada umumnya. Jika kamu ingin mengenal lebih dalam lagi terkait jenis-jenis soal TPA tersebut, berikut ada sejumlah rinciannya yang bisa kamu perhatikan.

Jenis-Jenis Soal Tes Potensi Akademik Berbasis Online 

Seperti yang sudah dijelaskan, tes potensi akademik berbasis online ini juga mempunyai beberapa jenis soal. Dari semua jenis soalnya tersebut, tentu juga mempunyai ciri khas dan kesulitan yang berbeda-beda.

Pada umumnya, jenis soal yang sering dipakai mencakup tes spasial/gambar, tes logika, tes verbal/bahasa, serta tes numerik/angka. Untuk lebih rincinya lagi, silakan simak di bawah ini.

Tes Logika

Untuk jenis soal TPA yang pertama yaitu tes logika. Jenis tes ini mempunyai fungsi untuk mengukur kemampuan para peserta dalam bidang penalaran maupun pemecahan masalah secara logis serta masuk akal.

Biasanya, banyak contoh soal ini memang sedikit mengecoh, maka membutuhkan ketelitian sebelum mengerjakannya. Nah, untuk contoh-contoh soalnya yaitu para peserta akan diminta menjawab pertanyaan seperti diagram, analisis pernyataan serta kesimpulan, logika umum, serta soal cerita. 

Tes Verbal/Bahasa 

Jenis tes verbal/bahasa ini biasanya digunakan untuk mengukur kecerdasan para peserta dalam bidang bahasa maupun kemampuan dalam menganalisis kata-kata. Jadi, nanti dalam sialnya, para peserta harus bisa menjawab pertanyaan seputar penguasaan bahasa.

Untuk jenis tes ini pada umumnya terbagi menjadi beberapa, yakni anatomi atau mencari lawan kata, sinonim, pengelompokan kata, serta padanan kata. Semua jenis tes tersebut pastinya akan selalu muncul di dalam pertanyaan.

Tes Numerik/Angka 

Jenis tes potensi akademik online berikutnya yaitu tes numerik/angka. Mungkin sebagian orang sudah paham bahwa contoh soal tersebut selalu berhubungan dengan matematika. Sesuai dengan namanya, jenis tes tersebut biasanya digunakan untuk mengukur kecerdasan para peserta dalam bidang angka.

Tes ini meminta para peserta untuk bisa memecahkan persoalan secara terstruktur serta logis maupun sistematis. Untuk contoh-contoh soalnya meliputi tes angka pada cerita, logika angka, deret, seri huruf, serta aritmatika.

Tes Spasial/Gambar 

Nah, jenis tes TPA yang terakhir yaitu tes spasial/gambar. Pada jenis tes ini, para peserta diminta untuk bermain dalam logika ruangnya. Sebab, di dalam soal-soalnya nanti, terdapat lumayan banyak soal yang berhubungan dengan gambar dan peserta harus menjawabnya sekreatif mungkin. Untuk contoh-contoh soalnya meliputi bayangan gambar, identifikasi gambar, pengelompokkan gambar, hubungan gambar, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah sejumlah penjelasan seputar tes potensi akademik online beserta jenis-jenis soalnya yang bisa kamu ketahui. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tes TPA sangat berguna untuk mengukur intelektual para peserta yang ingin mendaftar di perguruan tinggi maupun ketika akan bergabung ke instansi perusahaan.