Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Dengan tes potensi akademik online ini tentunya semakin mempermudah banyak orang yang ingin mencoba mengikutinya.

Dengan tes potensi akademik online ini tentunya semakin mempermudah tingkat kemampuan seseorang, banyak yang ingin mencobanya. Pasalnya dengan mengikuti tes ini, tentu mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, sebenarnya apa itu tes potensi akademik itu? Nah, buat kamu yang ingin mengenal mengenai tes ini, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik secara online merupakan tes kecerdasan umum untuk mengukur kemampuan penalaran dan logika seseorang yang dilakukan secara online. Biasanya tes ini dilakukan untuk merekrut karyawan, entah itu untuk perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Tak hanya itu saja, TPA ini juga sering digunakan oleh beberapa universitas untuk menyeleksi calon mahasiswa.

Sistem yang digunakan untuk dalam penilaian TPA ini yaitu menggunakan skor. Jika semakin banyak jawaban yang tepat, maka skor kamu juga akan semakin tinggi. Jadi, semua itu tergantung dari kemampuan setiap orang yang melakukan tes.

Nah, dari sekor perorangan tersebut, tentu akan mempermudah perusahaan maupun perguruan tinggi untuk melihat gambaran tentang potensi yang dimiliki para peserta. Mereka juga akan menilai apakah peserta tersebut dapat berhasil atau tidak. Untuk tes ini setidaknya terdapat tiga aspek penting yang sering digunakan. Diantaranya yaitu numerikal, figural, dan verbal. Nah, supaya lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa jenis tes potensi akademik online yang sering digunakan.

Jenis-Jenis Tes Potensi Akademik (TPA)

Dalam tes potensi akademik ini terdiri dari berbagai jenis soal. Setiap jenis mempunyai tujuan untuk mengukur kecerdasan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini beberapa jenis soal yang sering digunakan.

1. Tes Verbal

Tes verbal ini mempunyai fungsi dalam pengukuran kecerdasan para peserta dengan menggunakan kata-kata dan bahasa. Biasanya bentuk soal ini terdiri atas sinonim, antonim, pengelompokan kata, padanan hubungan kata, dan lain-lain.

2. Tes Angka

Tes angka atau numerik juga menjadi salah satu jenis tes potensi akademik online yang sering digunakan. Jenis tes ini digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam hal yang berbaur dengan angka. Tes ini akan bekerja untuk menilai seberapa cerdas kamu dalam berpikir secara logis dan terstruktur. Jenis soal yang sering dipakai yaitu seri angka, artimetik, angka dalam cerita, huruf dan logika angka.

3. Tes Logika

Seperti yang kita ketahui, tes logika menjadi salah satu pengukuran seberapa tanggap atau penalaran dalam menyelesaikan masalah. Bisa dibilang, tes logika ini berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam pemecahan masalah secara logis maupun dengan masuk akal.

Dengan tes ini tak jarang juga banyak peserta yang selalu terkecoh saat mengerjakannya. Untuk bentuk soal tes logika ini terdiri dari logika umum, analisis pernyataan, serta kesimpulan (silogisme), logika cerita, dan logika diagram.

4. Tes Spasial atau Gambar

Tes spasial atau gambar juga menjadi bagian dari jenis soal yang digunakan pada tes potensi akademik online. Jenis tes spasial atau gambar ini digunakan untuk menghitung seberapa banyak logika ruang milik seseorang. Biasanya bentuk dari soal tes ini antara lain, bayangan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, identifikasi gambar.

Jadi itulah serangkaian jenis-jenis tes potensi akademik yang sering digunakan dalam suatu instansi pendidikan ataupun perusahaan. Nah, untuk menghadapi tes tersebut tentunya kamu juga perlu persiapan yang matang supaya bisa lolos. Untuk itu, berikut ini ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan.

Tips untuk Menghadapi TPA

Untuk mengahadapi tes TPA ikuti tips berikut ini:

1. Perbanyak Latihan Soal

Tips pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan latihan soal dengan berulang kali. Hal tersebut akan membantu kamu supaya terbiasa dalam menghadapi soal-soal saat mengikuti tes nantinya. Selain itu, kamu juga akan terlatih dalam mengerjakan soal dalam waktu singkat.

2. Memperbanyak Membaca Materi

Kamu juga perlu membiasakan diri untuk selalu membaca materi secara rutin. Dengan hal tersebut, tentunya akan mempermudah kamu dalam mengenal istilah ataupun kosakata yang belum pernah kamu temukan. Selain itu, juga akan menambah wawasan yang nantinya akan membantu kamu dalam memecahkan persoalan dalam tes tersebut.

3. Pastikan Istirahat Sebelum Tes

Belajar memang menjadi salah satu usaha yang tepat untuk menghadapi TPA. Namun, kamu juga harus istirahat sebelum melakukan tes. Hal tersebut guna untuk menjaga tubuh kamu tetap fit ketika mulai mengerjakan tes.

4. Fokus pada Soal dan Kerjakan yang Lebih Mudah Dulu

Usahakan ketika sudah menghadapi tes, kamu jangan gugup. Karena jika kamu merasa gugup saat mengerjakan tes, maka kefokusan kamu menjadi berkurang bahkan merasa tertekan dengan soal yang dihadapi. Selain itu, jika merasa soal tersebut sedikit sulit, carilah soal yang lebih mudah dulu. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak kehabisan waktu.

Demikian informasi mengenai tes potensi akademik online beserta jenis-jenisnya. Nah, jika kamu tertarik untuk mengikuti tes tersebut, kamu juga perlu melakukan beberapa tips di atas supaya dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.