Tes Potensi Akademik Online
Tes Kemampuan Akademik

Tes kemampuan akademik merupakan suatu bentuk pengukuran untuk mengetahui kemampuan seseorang yang digunakan untuk memberi peluang kesuksesan hasil belajar sesorang.

Tes Kemampuan Akademik saat ini sudah umum dilakukan. Pasalnya, tes ini juga sering digunakan saat proses penerimaan pegawai baru pada sebuah perusahaan. Berbeda dengan psikotes, tes ini memiliki kemampuan mengukur serta mengetahui kemampuan seseorang pada bidang akademik dan pengetahuan umum yang lain. Melalui tes ini, maka bisa dengan mudah mengetahui tingkat kecerdasan seseorang, baik itu calon karyawan dan pegawai baru.

Ketahui 4 Jenis Materi Tes Kemampuan Akademik

Saat perjalanan rekrutmen perusahaan negeri maupun swasta serta institusi pendidikan biasanya menggelar tes ini. Ini adalah salah satu bentuk tes psikologi yang akan menguji kemampuan berpikir seseorang. Materi dari tes ini yang terdiri dari beberapa jenisnya. Berikut ini adalah jenis materi tes yang perlu dipahami sebelum mengerjakannya.

Tes Verbal

Pada bagian tes ini akan mengerjakan soal-soal untuk menguji kemampuan peserta dalam berbahasa. Soal-soal yang ada pada bagian ini seringkali berupa kata-kata dan kalimat. Meski menganggapnya sederhana, namun jenis materi ini juga cukup sulit. Bahkan terkadang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Terdapat beberapa jenis soal yang termasuk dalam kategori ini.  

Sinonim: Peserta perlu memilih persamaan yang tepat dari kata yang terdapat dalam soal.

Antonim: Peserta perlu menjumpai lawan kata yang tepat dari soal yang ada.

Padanan hubungan kata: Peserta perlu memilih padanan kata yang sesuai dengan padanan dalam soalnya. Biasanya ada dua kata berhubungan, lalu pesertanya perlu memilih padanan yang juga memiliki hubungan sama.

Pengelompokan kata: Pada bagian ini pesertanya harus menemukan kata yang tepat sesuai dengan kelompok katanya.

Tes Kemampuan Akademik Numerik

Selanjutnya terdapat bagian tes kemampuan numerik. Peserta akan diuji kecerdasannya pada bidang angka. Hasil tesnya akan memperlihatkan seberapa jauh kemampuan peserta dalam berpikir terstruktur serta sistematis. Bentuk soal yang tersedia  juga sangat beragam soalnya Peserta perlu menghitung deret angka dalam waktu cepat. Jika sudah terdapat juga soal logika yang melibatkan banyak angka.

Untuk menyelesaikan tes ini, akan lebih baik peserta memiliki kemampuan berhitung yang cepat dan tepat. Bahkan ada bentuk soal seri angka dan seri huruf. Biasanya bagian tes tersebut akan diberikan deret angka dan huruf. Selanjutnya peserta perlu menebak angka serta huruf dalam deret.

Tes Logika

Materi Tes kemampuan akademik selanjutnya adalah tes logika. Pada tes ini yang akan mengukur kecerdasan penalaran seseorang. Soal dari bagian tes ini yang akan menguji seperti pesertanya dalam memecahkan masalah secara logis. Untuk memecahkan soal, maka pesertanya juga perlu berpikir perlahan serta menggunakan kemampuan penalaran dengan baik.

Bentuk dari tes logika salah satunya yang bisa muncul adalah analisa pernyataan serta kesimpulan. Biasanya soal ini juga disebut dengan analisis silogisme. Lalu, terdapat tes logika dengan beberapa bentuk yakni cerita serta diagram. Hati-hati ketika mengerjakan bagian pada soal ini, sebab seringkali menipu juga memerlukan penalaran lebih matang.

Tes Spasial

Tes Kemampuan Akademik berikutnya yakni mengikuti tes spasial atau gambar. Jenis tes ini berlangsung untuk mengukur daya logika dari pesertanya. Sesuai dengan namanya, tes ini juga sesuai dengan gambar. Mulai dari mendapatkan padanan hubungan gambar, melanjutkan seri gambar, hingga mengelompokkan gambarnya. Terdapat pula bagian soal yang membutuhkan pesertanya melakukan identifikasi gambar.

Pada bagian tes ini, akan sangat membutuhkan kejelian. Pesertanya perlu benar-benar teliti memperhatikan gambar-gambar yang tersaji dalam soal. Umumnya akan ditampilan gambar-gambar yang serupa dalam soal. Jika tidak teliti, tentu akan mudah terjebak pada jenis soal spasial.

Calon karyawan baru juga sering gagal atau tidak lulus psikotes. Pada tahap tes ini juga demikian halnya. Kegagalan terjadi akibat kurangnya persiapan untuk melatih diri sebelum tes berlangsung atau hal lain diluar itu. Jika ingin lulus tes, maka modal utamanya yang perlu Anda miliki adalah kesehatan dan persiapan,

Terdapat jenis materi dari Tes Kemampuan Akademik yang harus peserta kerjakan. Setiap jenis tes memberikan tujuan masing-masing serta perlu Anda selesaikan dengan baik. Tantangan ada dalam setiap bagian tesnya sehingga peserta akan lebih baik banyak berlatih mengenali setiap jenis materi soal.

Artikel berhubungan: