Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online Bersertifikat

Tes TPA Online bersertifikat dapat anda ikuti di TEPAD. Tepad menyediakan tes ini dengan perpatokan pada teori GRE yang membagi tes potensi akademik kedalam beberapa subtes.

Salah satu tes psikotes yang digunakan untuk dapat mengetahui kemampuan akademik menggunakan sistem digital adalah tes TPA online bersertifikat. Di dalam tes ini terdapat sejumlah materi pokok yang wajib Anda ketahui agar dapat menjalani tes dengan lebih optimal.

Terutama bagi para calon mahasiswa yang mengikuti jalur pendaftaran mandiri untuk dapat masuk ke universitas yang mereka inginkan. Tes ini termasuk dalam salah satu tes tahap seleksi wajib untuk menentukan lolos atau tidaknya para calon mahasiswa.

Pembagian Materi dalam Tes TPA Online Bersertifikat

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan sebuah tes psikotes yang terpakai dalam pengukuran kemampuan berpikir dan kecerdasan intelektual seorang pribadi. Tes psikotes yang satu ini menjadi penting dan harus Anda persiapkan sebaik mungkin.

Hal tersebut karena hasil akhir dari keseluruhan tes akan menjadi penentu atau pertimbangan dari pihak penyelenggara tes. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan persiapan maksimal agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Misalnya dengan mempelajari contoh-contoh soal atau materi yang kemungkinan ada dalam tes. Materi dalam tes TPA ini sendiri secara umum terdiri dari tes gambar, verbal dan numerik.

Masing-masing materi tes tentu memiliki langkah penyelesaian yang berbeda-beda. Maka sebab itu, banyak berlatih dan mempelajari materi dari berbagai sumber dapat sangat membantu persiapan diri Anda.

Adapun pembahasan lebih lanjut terkait materi-materi dalam tes TPA online bersertifikat adalah sebagai berikut:

Tes Gambar

Materi pertama merupakan materi yang biasanya menampilkan sejumlah pola gambar yang mengharuskan Anda untuk memecahkan permasalahannya melalui perintah yang tersedia. Setiap soal dalam materi ini tentunya memiliki pemecahan dan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

Mulai dari gambar berpola yang mengharuskan Anda mengetahui kelanjutan dari gambar tersebut dan masih banyak lagi. Tipsnya jika Anda mendapati soal gambar yang berpola, perhatikan dan teliti beberapa gambar yang ada dalam soal.

Ada juga soal dengan pola 9 gambar yang mengharuskan Anda untuk membaca gambar pada soal per barisnya. Contoh terdapat sebuah soal gambar yang terbagi secara per baris, Anda dapat menemukan pola barisan pada kotak pertama dan kedua.

Selain itu, ada juga jenis soal gambar layaknya jaring-jaring yang membuat Anda perlu menentukan gambar jaring kelanjutan dari gambar dalam soal.

Tes Numerik

Materi tes TPA online bersertifikat berikutnya adalah tes numerik atau angka. Materi ini memuat berbagai soal yang berkaitan dengan matematika dasar. Sebagian orang beranggapan materi dalam soal ini merupakan jenis tersulit daripada jenis materi lainnya.

Terkadang ada juga yang menganggap bahwa materi ini memuat pembahasan seputar aritmatika sehingga terbilang sulit dan membosankan. Padahal materi ini mencakup pembahasan terkait matematika dasar.

Meski begitu, untuk dapat memecahkan permasalahan soal dalam materi ini, diperlukan kreativitas dan keahlian Anda dalam berhitung. Sehingga nantinya Anda akan merasa percaya diri dan tidak mudah terkecoh untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam soal.

Tes Verbal

Terakhir ada materi tes berupa tes verbal yang membuat Anda akan bergelut dengan analogi, antonim dan sinonim. Analogi sendiri merupakan soal yang berisikan tentang kesesuaian antara dua benda yang berlainan.

Sederhananya, Anda harus mencari pasangan dari kata tersebut. Contoh terdapat dua kata yaitu rata dan mulus. Anda harus mencari jawaban yang sesuai dengan hubungan dari kedua kata tersebut.

Rata memiliki makna yang hampir sama dengan kata mulus. Kunci untuk memecahkan permasalahan dalam soal ini adalah dengan mengetahui hubungan dari kedua kata yang ada dalam soal dan menyesuaikannya dengan jawaban yang ada.

Berikutnya ada antonim atau persamaan kata dan sinonim atau persamaan kata. Kedua jenis materi ini tentunya jauh lebih familiar daripada materi sebelumnya. Tips untuk dapat menjawab soal pada materi ini adalah dengan menambah kosakata baru untuk sehari-hari.

Meski terkesan mudah dan hanya sedikit, tetapi Anda tetap perlu mempelajari materi tersebut untuk dapat menyelesaikan ujian dengan optimal. Selain itu, terkadang soal-soal dalam tes banyak yang mengecoh sehingga Anda harus memiliki pegangan materi yang matang dan pasti agar tidak mudah terkecoh.

Itulah materi-materi yang dapat biasa terdapat dalam tes TPA online bersertifikat. Anda dapat mempelajari materi-materi tersebut melalui tepad.id yang menyediakan pembahasan terkait materi atau soal yang terpakai pada tahun sebelumnya agar kemungkinan terpakainya lebih besar.