Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Ada beberapa kriteria suatu platform Tes Potensi Akademik online disebut terpercaya dan berkualitas. Salah satunya yakni fleksibilitas, aksesibilitas, dan hasil real time.

Tes Potensi Akademik online merupakan salah satu jenis tes psikologi yang kerap dipakai dalam proses rekrutmen kerja. Di samping itu, TPA juga menjadi bagian dari proses seleksi mahasiswa ketika hendak memasuki sebuah universitas.

Tes psikologi yang satu ini dipercaya sedikit banyak bisa mendeteksi proses berpikir seseorang. Itulah mengapa, keberadaan platform untuk mengikuti tes TPA ini banyak dicari.

Kriteria Platform Tes Potensi Akademik Online

Kemajuan zaman sekarang ini menuntut segala aspek kehidupan mengikutinya. Tidak terkecuali dalam kebutuhan psikotes. Semula, saat ingin melakukan Tes Potensi Akademik, seseorang harus mengatur jadwal, dari segi waktu pribadi maupun dari pihak penyelenggara.

Tes TPA konvensional dilakukan secara terbatas lantaran tempat untuk menyelenggarakannya yang minim. Hal-hal tersebut menjadikan TPA tidak banyak yang tahu dan tidak sepenting sekarang ini.

Di zaman yang serba online ini, TPA juga sudah bisa dikerjakan daring. Namun, banyaknya platform yang muncul, kerap membuat pengguna bingung memilihnya.

Di bawah ini ada beberapa kriteria bagaimana suatu platform Tes Potensi Akademik online disebut terpercaya dan berkualitas. Poin-poin berikut bisa jadi pertimbangannya.

1.  Penyelenggaraan Jelas dan Fleksibel

Fleksibilitas waktu pelaksanaan TPA dari suatu platform penting untuk diperhatikan. Platform yang berkualitas tentunya mempunyai penawaran penyelenggaraan tes yang fleksibel.

Fleksibel dalam hal ini artinya peserta bebas menentukan sendiri kapan mereka hendak melakukan tes. Adanya kebebasan ini memberi kemudahan peserta menyesuaikan jadwal keseharian mereka. Sehingga tidak mengganggu waktu kerja atau aktivitas belajar mereka.

2. Tidak Ada Batasan Tempat Pelaksanaan

Mengingat TPA online dilakukan secara daring, maka kebebasan tempat juga menjadi hak peserta tes. Pilihlah platform yang memperbolehkan Anda melakukan tes di mana saja.

Mengerjakan Tes Potensi Akademik tentu butuh konsentrasi dan fokus yang ekstra. Itulah mengapa pemilihan tempat pengerjaan jadi penting juga. Jangan memilih platform yang hanya mengizinkan Anda mengikuti tes di satu tempat, seperti kantor misalnya.

Anda mungkin akan kerepotan sendiri melakukan tes di kantor, apalagi dengan situasinya yang bising. Belum lagi jika di tengah tes tiba-tiba teringat pekerjaan, tentu malah memecah belah konsentrasi Anda.

3. Aksesibilitas dan Kompatibel di Semua Perangkat

Pastikan platform yang Anda pilih bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika Anda berada di daerah yang sinyal rentan hilang.

Kriteria penting yang juga perlu diperhatikan dalam memilih tempat Tes Potensi Akademik online adalah kompatibel di semua perangkat. Menjadi poin plus tersendiri jika terdapat platform yang bisa diakses di semua perangkat. Mulai dari HP, laptop, tablet hingga PC.

Dengan begitu, semua kalangan juga berpeluang bisa mengikuti TPA online. Kekompatibelan ini juga mempermudah Anda melakukan tes dari genggaman saja.

4. Penilaian Tes yang Objektif

Platform TPA yang mumpuni tentunya juga sudah menyematkan fitur-fitur di dalamnya. Dari segi penilaian, pastikan memilih platform yang menggunakan algoritma canggih untuk menilai jawaban dari peserta tes.

Dengan begitu, penilaian akan lebih objektif, yakni nyata berdasarkan kinerja para peserta. Tidak ada perbedaan tentang karakter pribadi masing-masing peserta maupun latar belakangnya. Proses yang demikian juga bisa dibilang lebih adil dan fair.

5. Ada Feedback dan Hasil Realtime

Berbeda dengan Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan secara konvensional. Peserta harus menunggu mungkin lebih dari 24 jam untuk mengetahui hasilnya. Hal ini lantaran proses penilaiannya yang hanya mengandalkan tenaga manusia.

Belum lagi tes TPA konvensional ini juga lebih rentan terjadi human error. Ini adalah penghambat keluarnya hasil tes.

Namun, ketika melakukan Tes Potensi Akademik online, hal yang demikian tidak akan Anda temui lagi. Hasil tes akan peserta terima secara real time.

Dengan begitu, peserta bisa segera mengetahui letak kelemahan dan kekuatan mereka. Tidak hanya itu saja, adanya feedback yang detail juga mempermudah peserta memperbaiki kesalahannya.

6. Mendukung Kustomisasi

Saat ini melakukan tes TPA online, pilihlah platform yang menawarkan penyesuaian tingkat kesulitan tes. Penyusunan soal yang sesuai bidang studi atau kebutuhan ini membantu peserta mendapatkan hasil paling relevan.

Tentunya menjadi kepuasan tersendiri juga bilamana hasil tesnya akurat. Peserta yang tahu skill, bakat, dan potensi dalam dirinya bisa lebih percaya diri. Sadar atau tidak, peluang meraih masa depan yang cemerlang lebih besar karena tahu bakat minatnya tepat sasaran.

Bagi sebagian orang, hasil TPA adalah suatu hal yang krusial. Maka dari itu, memilih platform penyelenggara Tes Potensi Akademik online yang berkualitas sangat penting dan tidak bisa sembarangan.

Artikel berhubungan: