Tes TPA Online

Tes TPA online memiliki komponen tes dalam bentuk stimulasi verbal, numerik dan spasial yang bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang.

Tes TPA online merupakan tes potensi akademik yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir atau tingkat kecerdasan seseorang. Hasil tes yang didapatkan akan digunakan oleh pihak penyelenggara untuk menyelesaikan tahap seleksi.

Instansi pendidikan menggunakan hasil tes TPA untuk menyeleksi calon siswa atau mahasiswa baru. Begitu pula dengan perusahaan, hasil tes TPA akan digunakan untuk menyeleksi calon karyawan baru atau asesmen jabatan.

Saat ini, penyelenggaraan tes TPA sudah semakin canggih dan modern. Gabungan antara teknologi dan teori yang mutakhir, membuat penyelenggaraan TPA dapat dilakukan secara online. Bahkan, siapa saja dapat mengikutinya tanpa terkendala jarak dan waktu.

Komponen Tes TPA Online

Setiap orang memiliki kemampuan, potensi, minat dan bakat yang berbeda-beda. Sebab itulah, tes TPA memiliki berbagai macam komponen tes dalam bentuk stimulasi verbal, numerik dan spasial.

Komponen tes dalam bentuk stimulasi verbal adalah tes yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang di bidang penguasaan maupun pemahaman bahasa. Umumnya, tes verbal terdiri dari soal-soal yang berkaitan dengan analogi kata, sinonim, Antonim dan lain sebagainya.

Komponen tes dalam bentuk stimulasi numerik merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang di bidang matematika, menghitung, logis matematis dan sebagainya. Soal-soal yang biasa dimunculkan berkaitan dengan aritmatika sosial, barisan dan deret, aljabar dan sejenisnya.

Sementara itu, komponen tes dalam bentuk stimulasi spasial atau gambar merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan daya logika ruang seseorang. Soal-soal tes kemampuan spasial berkaitan dengan analogi gambar, pola gambar, hingga jaringan-jaringan gambar.

Setidaknya, tes TPA online memiliki 10 komponen tes. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Makna Kata

Makna kata adalah komponen tes yang berfungsi untuk mengetahui, mengukur dan mengevaluasi kemampuan kosakata dan linguistik seseorang. Komponen tes ini akan menguji pemahaman seseorang terhadap soal yang berkaitan dengan sinonim, antonim dan definisi.

2. Analogi

Sesuai dengan namanya, komponen tes ini berfungsi untuk mengukur kemampuan logika seseorang. Penilaian akan diambil dari hasil pemahaman asosiasi dan pola logis hingga menemukan hubungan atau keterkaitan antara pasangan kata.

3. Pemahaman Wacana

Pemahaman wacana adalah komponen tes yang menguji pemahaman seseorang terhadap teks panjang. Komponen tes ini memberikan perintah kepada peserta untuk menemukan informasi secara eksplisit dan implisit. Selain itu, juga menguji pemahaman seseorang terkait ide utama maupun struktur teks.

4. Silogisme

Silogisme adalah komponen tes TPA online yang bertujuan untuk menguji deduksi logis seseorang. Hasil tes didapat melalui premis untuk melihat kemampuan seseorang dalam pengambilan kesimpulan secara logis. Hasil tes silogisme juga dapat menilai apakah seseorang dapat berpikir analitis atau tidak.

5. Deret Angka

Deret angka merupakan komponen tes yang berfungsi untuk menemukan pola dalam deretan angka. Komponen tes ini dapat menilai kemampuan analisis seseorang dengan cukup akurat. Bahkan, deret angka seringkali dikeluarkan dalam soal tes untuk menguji kemampuan logika numerik dan pemahaman pola seseorang.

6. Aritmatika

Aritmatika adalah komponen tes yang digunakan untuk mengukur keterampilan dan kemampuan matematika dasar. Contoh keterampilan matematika dasar antara lain, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Melalui komponen tes ini, kemampuan numerik seseorang dapat diukur.

7. Perbandingan

Seperti namanya, perbandingan merupakan komponen Tes TPA online yang bertujuan untuk mengukur kemampuan membandingkan antara dua persoalan. Hal ini berdasarkan sifat tertentu untuk menemukan persamaan dan perbedaan.

8. Serial

Serial adalah komponen tes yang berfungsi untuk mengukur, menguji dan mengetahui kemampuan seseorang dalam menemukan pola urutan angka atau simbol. Komponen tes ini berkaitan erat dengan kemampuan mengukur analisis serta pemahaman pola.

9. Matriks

Matriks merupakan komponen tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan spasial dan logika. Caranya adalah dengan menyelesaikan pola visual di dalam matriks, pengujian analisis visual, hingga logika.

10. Diagram

Diagram merupakan komponen tes yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami dan menganalisis diagram atau data grafis. Tujuan dari komponen tes ini adalah menemukan trend atau pola untuk diinterpretasikan.

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah maupun mempelajari hal baru. Komponen tes TPA online yang beragam dapat mengukur kemampuan penalaran seseorang secara umum.