Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Ada beberapa jenis materi tes TPA yang perlu diketahui untuk menyusun strategi menghadapi tes ini.

Materi tes TPA terbagi menjadi beberapa macam, meliputi tes verbal, numerik, logika, dan gambar. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenisnya, bisa membantu Anda semakin lancar mengerjakan tes TPA. Sehingga berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan bukanlah angan-angan semata.

Inilah Jenis-Jenis Materi Tes TPA yang Wajib Diketahui

Tes Potensi Akademik atau lebih populer dengan singkatan TPA merupakan metode yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan akademik seseorang. TPA sering digunakan sebagai salah satu tes masuk perguruan tinggi serta proses penerimaan karyawan baru. Materi yang diujikan dalam Tes Potensi Akademik meliputi:

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes verbal berfungsi untuk menguji kemampuan peserta, dalam memahami sekaligus menerapkan kebahasaan. Materi yang terdapat di dalam tes ini meliputi perbendaharaan kata seperti sinonim, antonim, analogi, pemahaman bacaan, dan tata bahasa.

Terkadang materi tes TPA juga memasukkan sejumlah kosakata dalam bahasa asing. Tujuannya adalah menguji sejauh mana mereka memahami serta mampu menerapkan kata-kata tersebut dalam bahasa di luar negaranya. Meski demikian, keberadaannya tetap menyesuaikan kebutuhan para peserta.

2. Tes Kemampuan Numerik

Tes numerik menguji kemampuan peserta dalam memahami sekaligus menerapkan konsep-konsep matematika. Materi yang terdapat di dalam tes ini meliputi operasi hitung baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu ada juga persentase hingga rasio bilangan.

3. Tes Kemampuan Logika

Materi tes yang ketiga adalah logika, tujuannya adalah menguji kemampuan peserta dalam berpikir secara logis dan kritis. Materi ini meliputi deret angka, logika proposisi dan silogisme. Tes logika juga mengukur penalaran peserta dalam membuat kesimpulan dari sebuah kasus. Hasil dari tes ini bisa memperkuat kelayakan apakah peserta tersebut berhak lulus atau tidak.

4. Tes Kemampuan Gambar

Tes yang terakhir adalah gambar, yang menguji kemampuan peserta dalam memahami konsep-konsep spasial. Seperti arah, posisi, hingga bentuk. Materi yang terdapat di dalam tes ini meliputi pengenalan pola, rotasi, serta manipulasi objek.

Tes kemampuan gambar tentu sangat memerlukan logika dan ketelitian.  Kedua kemampuan tersebut harus berjalan beriringan. Pasalnya, jika Anda hanya mengandalkan logika namun kurang teliti, maka jawabannya pasti akan salah. Mengingat pilihan jawaban yang ada di dalam tes ini biasanya hampir tidak ada bedanya.

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik Agar Sukses

Selain mengenali jenis-jenis https://tepad.id/registrasi-tes-tpa, untuk sukses mengerjakan Tes Potensi Akademik Anda juga perlu mencermati beberapa hal seperti berikut ini.

1. Rajin Berlatih Contoh Soal

Kunci sukses mengerjakan tes TPA adalah dengan rajin berlatih soal. Untuk mendapatkan soal-soal latihan, Anda bisa mengakses melalui internet atau mengikuti kursus secara khusus. Sehingga proses berlatih bisa semakin optimal.

2. Mempersiapkan Mental dan Fisik

Sebelum menghadapi tes TPA, pastikan Anda mempersiapkan mental dan fisik sebaik mungkin. Seperti istirahat cukup, memenuhi asupan bergizi, serta menghindari stres yang kurang perlu. Mengingat tubuh yang sakit tentu akan sangat mengganggu konsentrasi berpikir.

3. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Apabila waktu tes tiba dan Anda sudah berhadapan dengan soal-soal TPA, upayakan untuk tetap tenang serta percaya diri. Jangan biarkan stres maupun rasa cemas mempengaruhi kinerja Anda dalam mengerjakan soal. Jika terlalu tegang, ambil napas dalam-dalam kemudian buang untuk mengurai rasa panik tersebut.

4. Membaca Soal dengan Teliti

Sikap tenang bisa membuat Anda lebih cermat dalam membaca perintah serta materi tes TPA. Upayakan membaca soal-soal tersebut beberapa kali hingga benar-benar mengetahui maksudnya. Karena terkadang, membaca sekilas justru bisa menjebak Anda kepada jawaban yang keliru.

5. Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Tips berikutnya adalah mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu Anda mengumpulkan poin dengan cepat, serta meningkatkan rasa percaya diri. Jangan terpaku pada satu soal yang sulit, karena itu hanya akan menghabiskan waktu.

6. Memaksimalkan Waktu dengan Baik

Tes TPA umumnya menghadirkan jumlah waktu yang terbatas. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Hindari terlalu lama mengerjakan sebuah soal, dan pastikan menyisihkan sedikit waktu untuk memeriksa kembali semua jawaban.

Dengan mengikuti sejumlah tips di atas, diharapkan Anda bisa menghadapi segala materi tes TPA secara maksimal. Ingatlah bahwa persiapan yang baik dan langkah positif, sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam tes ini. Sekian, semoga bermanfaat!