Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Lantaran dilakukan secara daring, maka koneksi internet atau perangkat yang kurang baik bisa menjadi faktor gagalnya tes potensi akademik online.

Faktor kegagalan tes potensi akademik online berikut ini tentunya harus Anda hindari sebisa mungkin agar bisa lolos dalam tes tersebut. Tes potensi akademik atau yang disingkat sebagai TPA ini adalah salah satu psikotes yang bertujuan untuk mengetahui atau mengukur berapa tingkat kecerdasan intelektual seseorang.

Karena mengungkap kualitas intelektual, maka masyarakat sering menghubungkan rendah dan tingginya nilai TPA dengan tingkat kecerdasan. Tes potensi akademik sendiri sudah cukup terkenal di Indonesia, banyak lembaga yang menggunakannya. Contoh paling umum yang bisa kita temui dari penggunaan tes ini yaitu rekrutmen karyawan.

Berbagai perusahaan swasta maupun pemerintahan memang kerap memberikan tes psikologi termasuk tes potensi akademik dalam proses rekrutmen karyawan baru mereka. Tujuannya juga sangat beragam. Misalnya untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kemampuan seseorang, memperkirakan kinerjanya dan sebagainya.

Faktor Penyebab Gagal Lolos Tes Potensi Akademik Online

Bagi suatu perusahaan yang menyelenggarakan tes potensi akademik, tentunya nilai TPA dari para calon karyawan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menerimanya atau tidak. Calon karyawan atau pegawai yang mendapatkan nilai tes potensi akademik tinggi tentunya memiliki peluang lebih besar untuk diterima oleh perusahaan.

Artinya calon pegawai tersebut berhasil lolos melewati tahap tes potensi akademik tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika nilai TPA seorang calon pegawai kurang bagus maka perusahan bisa saja memutuskan untuk tidak meloloskan calon karyawan tersebut. Artinya ia mendapatkan kegagalan dan tidak lolos tes potensi akademik.

Nah, setiap orang pastinya ingin lolos dan mendapatkan nilai terbaik dalam menjalankan TPA baik secara online maupun offline. Sehingga mereka selalu berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan tes potensi akademik online ini. Namun beberapa orang mungkin tetap saja mengalami kegagalan tanpa menyadari kegagalannya.

Sebenarnya memang ada beberapa faktor yang menyebabkan gagalnya TPA terutama secara online. Faktor ini mungkin masih belum pernah Anda sadari sebelumnya sehingga Anda tidak bisa mencoba menghindari dan mengatasi faktor kegagalan tersebut. Lalu apa saja faktor kegagalannya? Berikut akan kita bahas dan uraikan bersama.

Koneksi Internet atau Perangkat yang Kurang Baik

Dalam pelaksanaan TPA online tentunya Anda harus menggunakan perangkat seperti ponsel atau laptop yang keadaannya baik. Selain itu koneksi internetnya juga harus baik. Nah, hal tersebut juga bisa menjadi faktor kegagalan tes potensi akademik. Misalnya karena perangkat mengalami error atau koneksi internet yang buruk.

Koneksi internet atau sinyal yang jelek bisa menyebabkan proses loading semakin lama. Akibatnya Anda juga menjadi lebih lama dalam mengerjakan soal tes potensi akademik online hingga rasanya waktu terbuang sia-sia. Dampaknya Anda malah terburu-buru untuk menyelesaikan soal karena dikejar oleh waktu yang semakin menipis.

Terburu-buru atau Terlalu Lama Mengerjakan Soal

Mengerjakan soal secara terburu-buru karena mengejar waktu tentunya akan memberikan hasil yang kurang baik. Misalnya yaitu membuat Anda kurang memahami soal dengan baik sehingga akhirnya menemukan jawaban yang salah. Padahal Anda harus memahami soal dan instruksinya dengan baik agar bisa menjawabnya dengan tepat.

Akan tetapi jika Anda menjawab soal terlalu lama tentunya juga bisa memberikan dampak buruk. Sebab Anda bisa kehabisan waktu dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan soal lainnya. Karena itu Anda harus bisa mengerjakan soal dengan tepat, tidak terlalu cepat maupun lambat dalam berpikir dan menjawabnya.

Curang

Tes potensi akademik online bisa dikerjakan di mana saja. Hal tersebut mungkin membuat Anda berpikir untuk melakukan kecurangan. Padahal platform TPA online sudah sangat canggih bahkan bisa mendeteksi kecurangan yang dilakukan peserta. Karena itu pastinya kecurangan Anda bisa ketahuan dan menyebabkan gagal lolos.

Terlalu Grogi dan Tidak Fokus

Ketika mengerjakan tes potensi akademik mungkin Anda merasa terlalu grogi dan tidak fokus. Hal tersebut tentunya juga termasuk faktor yang bisa menyebabkan gagal lolos TPA. Sebab grogi dan tidak fokus bisa mengacaukan pikiran Anda sehingga tidak bisa menjawab soal dengan baik. Sehingga nilai TPA juga semakin kecil.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kegagalan tes potensi akademik online. Tentunya Anda harus menghindari berbagai faktor tersebut demi mendapatkan nilai yang tinggi dan memuaskan.