Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online akan mendapatkan nilai memuaskan dengan rajin berlatih soal, persiapan fisik mental dan perangkat terbaik.

TPA atau Tes Potensi Akademik online menjadi salah satu psikotes yang sering digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi atau rekrutmen kerja. TPA online ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasaan seseorang. Sehingga dapat melihat potensi secara intelektual. Selain itu juga dapat mengetahui minat serta bakat seseorang.

Tes Potensi Akademik Online Agar Nilai Lebih Maksimal

Meskipun terlihat sederhana, namun banyak orang yang kurang mampu mengerjakan tes yang satu ini dengan baik. Sehingga tidak heran jika banyak yang gagal atau tidak lolos.

Kegagalan tersebut karena beberapa faktor. Seperti kekurangan waktu saat mengerjakan, bingung terkait jawaban dan masih banyak lagi.

Jika hasil skor rendah maka kemungkinan nilai memuaskan tidak tercapai. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini terdapat tips sukses mengikuti Tes Potensi Akademik online dengan nilai yang tinggi.

Rajin Berlatih Soal dan Persiapkan Fisik serta Mental 

Untuk mencapai skor maksimal maka perlu berlatih sesering mungkin. Berlatih untuk mengerjakan soal bisa melalui buku-buku persiapan TPA atau via internet.

Bacalah setiap petunjuk saat mengikuti tes agar terbiasa mengerjakan soal dengan santai. Jika sudah semakin akrab dengan berbagai model soal, maka akan lebih terampil dan cepat dalam mengerjakan waktu. Dengan demikian tidak akan kehabisan waktu untuk menjawabnya.

Kemudian agar tes berlangsung dengan baik dan lancar, maka perlu mempersiapkan fisik yang prima. Soal Tes Potensi Akademik online sangat banyak. Waktu yang dibutuhkan relatif lama, namun dengan proses menyelesaikan setiap soal singkat.

Sebelum tes, sebaiknya sarapan dan minum yang cukup agar saat mengerjakan tes tidak merasa haus dan lapar. Selain itu, kondisi mental dan spiritual yang baik juga penting dalam menghadapi TPA. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan agar pikiran tenang, jangan tergesa-gesa dan lebih berhati-hati saat menyelesaikan soal.

Gunakan Perangkat yang Baik

Tes TPA online dapat dilaksanakan secara mandiri maupun berkelompok. Dengan pengerjaan secara online maka tidak perlu menggunakan kertas, sehingga hemat biaya. Pelaksanaan tes pun lebih fleksibel, karena dapat dilaksanakan dimanapun dan kapan saja. 

Menguntungkannya lagi, pengerjaan tes bisa menggunakan berbagai macam perangkat. Asalkan terhubung dengan jaringan internet dengan lancar. Perangkat online untuk mengerjakan tes ini adalah ponsel, laptop, tablet maupun komputer. Baik itu perangkat iOS maupun Android. 

Para peserta bebas untuk memilih perangkat, namun untuk mencegah terjadinya error atau gangguan saat tes maka pastikan dalam keadaan bagus. Pastikan baterai terisi penuh untuk menghindari kehabisan baterai di tengah mengerjakan tes. Alternatif lainnya adalah dengan mempersiapkan charger atau power bank untuk laptop maupun ponsel. 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah jaringan internet lancar. Agar tidak menemui loading selama mengerjakan tes, gunakan kuota maupun WiFi yang memadai. 

Tips Mengerjakan Soal Verbal dan Numerik

Terdapat beberapa aspek penilaian dalam Tes Potensi Akademik online. Mulai tes verbal, numerikal hingga tes figural. Untuk tes verbal akan mengukur tingkat kemampuan dan berpikir seseorang menggunakan bahasa. Sedangkan tes numerik menggunakan angka dan tes figural menggunakan gambar.

Melakukan kebiasaan membaca setiap hari akan mendapatkan kosakata baru beserta maknanya. Hal ini akan membantu memudahkan pengerjaan soal kategori verbal.

Kemudian untuk kategori numerik penting mempelajari cara berhitung cepat. Karena dalam menyelesaikan TPA ini terdapat batasan waktu. Sebaiknya juga menghafal berbagai rumus untuk memudahkan kemampuan berhitung.

Sesi numerik ini juga sering menyertakan kemampuan dalam berlogika. Maka dari itu, agar skor memuaskan dapat melakukan latihan berpikir logis sesering mungkin.

Saat mengerjakan soal, baca dan pahami dengan fokus serta teliti. Bisa mengulangi membaca soal untuk mendapatkan pemahaman yang tepat.

Trik selanjutnya adalah mengerjakan soal mudah terlebih dahulu. Jika menemui pertanyaan yang sulit, peserta bisa melewatinya. Karena akan membuang-buang waktu jika berusaha untuk memecahkan soal tersebut. Maka dari itu, agar lebih efisien maka tinggalkan soal itu dan kerjakan yang lebih mudah.

Bagi sebagian besar orang, mungkin Tes Potensi Akademik online ini menjadi sebuah momok yang menyeramkan. Akan tetapi, jika mempunyai persiapan yang matang, maka mudah untuk mendapatkan skor yang tinggi.