Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Ketika hendak melakukan atau mengikuti tes TPA online ini, maka Anda perlu mempersiapkan sebaik mungkin agar hasilnya optimal.

Ketika hendak melakukan atau mengikuti tes TPA online ini, maka Anda perlu mempersiapkan sebaik mungkin agar hasilnya optimal. Bagi  Anda yang tengah meniti karir, sudah tentu Anda pernah menemukan beberapa proses rekrutmen pada saat mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun karyawan di suatu perusahaan swasta. Nah, mungkin saja Anda menyadari jika salah satu tahapan seleksi yang terdapat pada proses recruitment ini merupakan TPA alias Tes Potensi Akademik.

Ya, TPA dapat dikatakan sebagai salah satu psikotes yang wajib dilakukan oleh pencari kerja sebelum akhirnya diterima di suatu perusahaan maupun lembaga pemerintahan. Sebab kenyataannya, ketika mendaftar ke perguruan tinggi, para calon mahasiswa baru pun diharuskan untuk mengikuti TPA yang merupakan salah satu persyaratan seleksi.

Bukan hanya di Indonesia saja, TPA ini pun kerap kali diberlakukan di hampir seluruh negara dari berbagai penjuru dunia. Akan tetapi, pada taraf internasional, Tes Potensi Akademik ini populer dengan sebutan Graduate Record Examination atau GRE. Graduate Record Examination tersebutlah yang setara dengan Tes Potensi Akademik yang berlaku di Indonesia.

Tips Mengikuti Tes TPA Online

Tes Potensi Akademik sendiri merupakan serangkaian tes yang berisikan empat (4) bagian. Di setiap bagian, terdapat sejumlah kategori pertanyaan yang tidak sama. Ada tes numerik yang berkaitan dengan angka, tes bahasa, tes logika, serta tes gambar.

Pastinya, makin banyak pertanyaan yang mampu Anda jawab, maka kian tinggi juga nilai atau skor yang Anda dapat. Akan tetapi, sejalan dengan zaman yang semakin berkembang, kini TPA online pun tersedia.

Tes Potensi Akademik menjadi salah satu persyaratan penting di dalam proses rekrutmen bekerja dan juga memasuki perguruan tinggi. Dengan demikian, banyak orang yang berlomba-lomba mencari strategi demi memperoleh nilai tes yang tinggi.

Nah, dibawah ini terdapat beberapa cara efektif  untuk mengerjakan latihan Tes Potensi Akademik secara online.

1. Kerjakan Seluruh Jenis Tes

Tes TPA online bukan hanya terdiri atas satu jenis tes saja. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis soal yang mesti dikerjakan oleh peserta. Apabila Anda hendak menyiapkan diri dengan matang, silahkan memastikan untuk berlatih mengerjakan seluruh jenis tes yang ada.

Berikut ini merupakan beberapa jenis soal yang termasuk dalam kategori Tes Potensi Akademik:

  • Kemampuan verbal, adalah bentuk tes yang  berupa soal-soal mengenai antonim, padanan, sinonim, dan klasifikasi kata.
  • Numerik, adalah jenis tes angka yang isinya berupa seri angka, aritmatika, serta logika angka.
  • Logika, adalah  bagian dari TPA yang isinya berupa soal logika dalam bentuk cerita,  logika umum, logika dalam bentuk diagram, dan juga logika silogisme.
  • Spasial, bentuk tes  TPA online yang berupa soal pengelompokan, hubungan, dan identifikasi gambar.
2. Cari dari Berbagai Sumber

Saat ini, sangat mudah untuk menemukan berbagai contoh soal latihan tes TPA online. Akan lebih baik jika Anda bukan hanya mengerjakan soal yang berasal dari satu sumber saja. Silahkan mencoba untuk mencari soal-soal tes TPA dari sumber lainnya. Semakin banyak sumber yang Anda peroleh, maka kian banyak pula soal yang dikerjakan. Hal ini bakal membantu Anda untuk memperkaya pengetahuan (wawasan) serta keterampilan di dalam mengerjakan berbagai model soal tes.

Apabila dirasa soal latihan dari sumber online ternyata masih belum cukup, cobalah mencari dari buku-buku. Makin banyak Anda latihan, kian mahir juga mengerjakan berbagai soal baru. Biasanya, soal Tes Potensi Akademik punya model sama. Sehingga, bakal jauh lebih gampang mengerjakan soalnya apabila Anda sebelumnya sudah banyak berlatih.

3. Pilih Soal Terbaru

Kerjakan soal-soal latihan TPA yang terbaru supaya dapat memperoleh gambaran mengenai soal tes yang sesungguhnya. Sebetulnya, perubahaan soal tes TPA online tidak begitu banyak. Akan tetapi. tak ada salahnya jika Anda mencari latihan soal-soal terbaru. Jangan malas berburu soal latihan TPA yang baru saja keluar demi menambah pengalaman saat mengerjakan tes.

4. Buat Batasan Waktu

Walaupun hanya mengerjakan latihan, namun tetaplah berusaha supaya seakan-akan tengah mengerjakan tes TPA online sesungguhnya. Persiapkan peralatan lengkap lalu buatlah situasi lingkungan seakan benar-benar berada di ruangan tes. Kemudian, hal yang terpenting yaitu membuat batasan waktu dalam mengerjakan soal. Walaupun hanya latihan, akan lebih baik jika ada batasan waktu guna menemukan kecepatan dalam mengerjakan soal.

Perlu Anda ketahui, pengerjaan TPA ini dibatasi waktu. Peserta tes mesti mengerjakan soal-soal dengan waktu yang terbatas. Supaya tidak kaget ketika ikut tes yang sebenarnya, maka latihannya mengerjakan soal dengan batasan waktu. Disini, Anda akan tahu apakah kecepatan pengerjaan yang Anda miliki sudah dapat memenuhi persyaratan atau belum.

5. Lakukan Evaluasi

Sesudah mengerjakan latihan soal tes TPA online, lakukanlah evaluasi. Silahkan mencari tahu bagian mana yang belum tepat dan dimana letak salahnya. Evaluasi ini cukup penting untuk Anda lakukan supaya dapat memperbaiki diri ketika latihan tes dilaksanakan kembali. Hitung juga nilai yang Anda peroleh lalu cari tahu apakah mampu memenuhi target atau belum.

Nah, itulah beberapa cara efektif di dalam mengerjakan tes TPA online. Pastikan melakukan latihan secara rutin hingga benar-benar paham ritme soal-soal yang disajikan. Siapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum melaksanakan tes sesungguhnya dengan latihan serta cukup istirahat.