Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Untuk menaklukkan Tes Potensi Akademik, ada beberapa langkah dan strategi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tes potensi akademik atau TPA mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga Anda, bahkan mungkin Anda juga sudah pernah mengikutinya. TPA merupakan salah satu tes psikologi yang berfungsi untuk mengukur kecerdasan dan seseorang. Tes ini bisa kita temukan untuk berbagai keperluan yang cukup penting.

Misalnya yaitu diterapkan dalam proses seleksi karyawan baru di sebuah perusahaan besar. Kemudian tes ini juga bisa kita temukan dalam proses pendaftaran ke perguruan tinggi atau universitas. Artinya calon mahasiswa harus melewati tes ini ketika hendak mendaftar.

Selain di Indonesia, TPA juga banyak digunakan pada berbagai negara lainnya di dunia. Namun di taraf internasional TPA dikenal dengan istilah Graduate Record Examination atau GRE. Meskipun berbeda istilah, namun tentunya keduanya serupa dan memiliki tujuan yang sama untuk mengukur kecerdasan.

Tips Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Tes Potensi Akademik yang Bisa Anda Terapkan

TPA terdiri atas empat bagian yang memiliki kategori pertanyaan yang berbeda. Keempatnya yaitu tes bahasa, numerik, tes gambar, dan juga tes logika. Semakin banyak peserta bisa menjawab pertanyaan dengan benar maka tentunya nilai yang didapatkan juga akan semakin tinggi.

Setiap orang pastinya selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai tes yang tinggi. Sebab nantinya hasil tes ini bisa memengaruhi apakah Anda akan diterima oleh perusahaan atau tidak. Perusahaan atau universitas mungkin akan memilih orang dengan nilai TPA yang bagus dan tinggi.

Sebab hal tersebut menunjukkan bahwa ia merupakan orang yang cerdas dan memiliki kemampuan baik. Namun untuk mendapatkan nilai yang tinggi tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika Anda baru melakukan tes ini untuk yang pertama kalinya dan belum memiliki pengalaman.

Sebenarnya terdapat beberapa tips mempersiapkan diri untuk menghadapi tes potensi akademik. Tips ini bisa Anda lakukan sebelum benar-benar menghadapi TPA bahkan beberapa minggu sebelumnya. Dengan melakukannya maka pastinya Anda mampu melewati TPA dengan baik dan lancar.

Lalu apa saja tips mempersiapkan diri sebelum menghadapi TPA tersebut? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Mengenali Soal TPA

Pertama tentunya Anda harus mengenal semua soal yang biasa muncul dalam TPA. Anda bisa mengenali karakter soal setiap kategori dengan banyak mencari referensi. Dengan begitu maka Anda juga bisa membuat strategi untuk mengerjakan soal tersebut dengan benar dan cepat.

2. Sering-Sering Latihan

Kemudian sebelum hari pengetesan, Anda harus melakukan banyak latihan TPA agar semakin akrab dengan model soalnya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk latihan, misalnya yaitu dengan mencari contoh soal di internet atau mencarinya dari buku tentang tes potensi akademik.

Selama latihan Anda juga harus fokus per kategori sebab setiap kategori memiliki bentuk soal yang berbeda. Sebab tujuannya juga untuk menguji kemampuan yang berbeda-beda pula. Anda juga harus menentukan seperti apa strategi yang tepat untuk mengerjakan soal dalam setiap kategori.

3. Jangan Terlalu Takut dan Cemas

Terkadang pada hari-hari menjelang tes, beberapa orang mungkin merasa takut dan cemas. Sebab takut tidak bisa mengerjakan soal sehingga mendapatkan nilai yang buruk. Anda harus bisa menepis pemikiran tersebut dan jangan terlalu takut maupun cemas.

Sebab hal tersebut malah bisa merusak semua persiapan yang telah Anda lakukan jauh-jauh hari. Rasa takut dan cemas tersebut malah membuat Anda lupa dengan apa yang telah dipelajari. Karena itu Anda harus tetap tenang, berpikir positif selama mengerjakan tes potensi akademik.

4. Istirahat Cukup

Sebelum hari TPA pastikan Anda juga beristirahat dan tidur dengan baik dan cukup. Hal tersebut untuk menjaga agar badan dan pikiran tetap fresh selama mengerjakan soal. Anda pun tidak akan mengantuk dan bisa tetap fokus selama tes berlangsung.

5. Jangan Lupa Berdoa

Setiap belajar maupun sebelum melakukan tes jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Agar tes yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Anda juga bisa meminta doa serta dukungan dari keluarga maupun teman-teman.

Itulah tips mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes potensi akademik. Dengan tips tersebut pastinya Anda mampu melewati TPA dengan baik dan mendapat hasil yang terbaik pula.

Artikel berhubungan: