Tes Potensi Akademik Online

Ada beberapa persiapan menghadapi tes potensi akademik online. Salah satunya yakni dengan mempelajari materi tes dan melakukan latihan berulang.

Persiapan mengikuti tes potensi akademik online penting untuk Anda perhatikan. Tes potensi akademik atau TPA merupakan sebuah tes psikologi yang berguna untuk mengetahui kemampuan intelektual dan tingkat kecerdasan akademik seseorang.

Saat ini, TPA sudah lumrah digunakan dalam berbagai bidang. Salah satunya yaitu ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan maupun instansi.

Persiapan Mengikuti Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik melibatkan beberapa aspek yang dikemas ke dalam sejumlah pertanyaan. Aspek di sini meliputi materi soal logika, angka, bahasa, dan juga gambar. Umumnya, bentuk soal dari TPA ini tidak jauh dari pola barisan, aritmatika, bacaan, tes analogi, maupun tes anonim.

Bagi sebagian orang, mungkin mengerjakan tes potensi akademik adalah tantangan yang mudah, terlebih mereka sudah mempersiapkannya dengan matang. Sedangkan bagi yang tidak punya gambaran sama sekali, melewati tes TPA ini cenderung membuat pusing.

Maka dari itu, untuk menghindari ketegangan dan kesusahan dalam mengerjakan tes potensi akademik online ini, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda siapkan. Persiapan-persiapan ini jika Anda lakukan dengan benar, bisa meminimalisir adanya kesalahan selama Anda mengerjakan soal tes potensi akademik.

Pelajari Materi Tes TPA

Persiapan utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu seputar materi yang diujikan dalam tes TPA ini. Seperti yang sudah kami sebutkan, TPA mengadopsi materi dari berbagai aspek, yaitu figural, numerikal, dan verbal.

Materi figural merupakan materi untuk mengukur kemampuan cara berpikir Anda terhadap suatu objek gambar yang ada. Sedangkan aspek numerikal adalah jenis soal yang berfungsi untuk menilai kemampuan Anda dalam berpikir melalui angka-angka.

Kemudian yang terakhir adalah aspek verbal yang membantu mengukur kemampuan Anda memahami suatu objek melalui bahasa. Dengan memahami jenis-jenis soal tersebut, Anda bisa mengerjakannya dengan lancar dan tidak mudah terkecoh.

Latihan Tes TPA Online

Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan Anda untuk menemukan platform berlatih tes TPA ini dengan mudah. Soal-soal latihan tes potensi akademik online di internet sudah bisa Anda akses dengan mudah.

Selain melalui internet, temukan juga buku-buku yang berisi soal tes potensi akademik. Kerjakan secara langsung dan Anda bisa mencocokannya dengan kunci jawaban ketika sudah selesai.

Lakukan latihan berulang sampai Anda merasa fasih dan familiar dengan berbagai bentuk maupun jenis soalnya. Dengan melakukan sesi latihan ini, maka bisa mengurangi rasa kaku dalam mengerjakan soal. Ketika latihan pengerjaan selesai, lihatlah skor yang Anda dapatkan. Jadikan skor tersebut untuk acuan menjadi lebih baik lagi di tes TPA sebenarnya.

Teliti dan Mengefisiensi Waktu

Tips dan persiapan mengikuti tes potensi akademik online selanjutnya adalah membiasakan sikap teliti. Teliti di sini artinya tidak perlu terburu-buru dalam menjawab, namun pahami terlebih dahulu konteks soalnya.

Selain itu, hal paling penting yang perlu Anda perhatikan adalah dari segi waktu pengerjaan. Seperti mengikuti tes atau ujian lain, mengikuti TPA online juga terbatas waktu pengerjaan.

Mungkin akan ada puluhan hingga ratusan soal yang harus Anda jawab dengan waktu singkat tersebut. Ketimbang stuck di satu soal yang sulit dan membuat Anda berpikir keras menemukan jawabannya, akan lebih efektif jika Anda mulai mengerjakan dari soal yang mudah.

Kebanyakan tes potensi akademik menggunakan sistem skor. Artinya, peserta dengan jumlah jawaban benar dan tepat paling banyak akan mendapatkan skor yang tinggi. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan waktu sebaik-baiknya. Jika di akhir terdapat sisa waktu, gunakan untuk memeriksa ulang jawaban Anda.

Fokus dan Jangan Lupa Berdoa

Konsentrasi dan fokus punya andil besar dalam kelancaran mengerjakan tes potensi akademik. Ketika mengerjakan TPA, fokuskan pikiran Anda pada soal saja. Sebab memikirkan hal di luar tes bisa memecah konsentrasi Anda dan bisa menimbulkan rasa gelisah selama tes berlangsung.

Di samping itu, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan sebelum mulai mengerjakan tes. Percaya pada diri Anda jika Anda bisa mengerjakan tes secara optimal.

Doa dan sugesti baik ini akan membantu Anda sehingga tidak merasa terbebani dengan soal tes tes potensi akademik online yang akan Anda kerjakan. Dengan segala persiapan yang matang di atas, maka harapan mendapatkan hasil skor tes TPA tinggi akan semakin besar.