Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online dapat memberikan gambaran pola pikir peserta, sehingga harus teliti dan seksama untuk memecahkan permasalahan setiap soal.

Tes TPA Online ini merupakan jenis tes yang dapat memberikan gambaran terkait pola pikir peserta ujian melalui soal-soal dalam tes tersebut. Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah menjalani proses rekrutmen kerja, seleksi perguruan tinggi atau seleksi beasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan tes yang satu ini.

Pengertian Tes TPA Online

Di Indonesia, tes TPA sering digunakan dalam proses tes beasiswa, tes masuk perguruan tinggi, hingga tes rekrutmen kerja pada sebuah perusahaan atau instansi.

TPA ini juga memiliki peranan untuk melihat potensi intelektual dalam diri seseorang. Bahkan tes ini diklaim menjadi dasar keberhasilan seseorang untuk menjalani pendidikan S2 atau S3.

Selain itu, tes ini dapat menjadi indikator keberhasilan seseorang dalam bidang studi lanjutan maupun kariernya.

Namun, karena hasil buatan manusia yang berbasis pada sistem atau teknologi digital, Tes TPA juga memiliki beberapa kekurangan. Sebagian orang menyatakan bahwa tes ini hanya dapat memperkirakan tingkat kemampuan akademik saja. Sedangkan kemampuan seperti berkomunikasi, sosial, dan kepemimpinan juga sangat penting dalam dunia kerja maupun studi lanjutan.

Meski begitu, tes TPA ini tetap memiliki peranan yang penting dalam proses seleksi Sumber Daya Manusia yang unggul, terutama di Indonesia. Bagi Anda yang ingin menjalani tes psikotes yang satu ini, sebaiknya, Anda mempelajari jenis-jenis soal yang sering muncul dalam tes. Atau Anda juga bisa mengasah kemampuan dasar Anda seperti berhitung, berpikir kritis, dan membaca.

Jenis-jenis Tes TPA Online

Tes psikotes yang membantu dalam pengukuran kemampuan akademik ini, memiliki beberapa jenis tes yang berbeda-beda. Setiap jenis dalam tes TPA memiliki peranan yang berguna dalam pengukuran kemampuan dasar seseorang dalam hal tertentu.

Pemilihan jenis dalam tes TPA biasanya menyesuaikan dengan program studi atau pekerjaan yang dituju. Sehingga TPA ini akan membantu menentukan kesesuaian seseorang dalam bidang akademik maupun karier mereka kedepannya. Adapun jenis-jenis dalam tes TPA adalah sebagai berikut:

Tes Kemampuan Kuantitatif

Tes Kemampuan Kuantitatif ini mampu mengukur kemampuan dalam diri seseorang dalam bidang matematika dan logika. Melalui Tes kuantitatif ini mengharuskan para peserta untuk memiliki kemampuan memahami dan analisa informasi dalam bentuk angka, persamaan, dan rumus-rumus matematika.

Tes Kemampuan Verbal

Tes Kemampuan Verbal berguna untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami kata dan bahasa. Dalam artian lain, tes ini akan menguji kemampuan Anda dalam memahami dan membaca sebuah teks, menyusun kalimat dari kata acak serta pemahaman Anda terhadap makna dari kata yang ada pada konteks tertentu.

Tes Penalaran

Jenis Tes TPA Online berikutnya adalah Tes Penalaran, ini memiliki peranan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir logis dan analisis sebuah informasi. Anda akan perlu memecahkan berbagai persoalan dan membuat keputusan berdasarkan pada informasi yang ada.

Tes Kemampuan Spasial

Jenis berikutnya adalah Tes Kemampuan Spasial. Tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bentuk dan ruang.

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik Online

Setiap soal dalam tes TPA, baik online maupun offline, tidaklah mudah. Anda harus benar-benar teliti dan seksama untuk dapat memecahkan permasalahan pada setiap soalnya.

Dengan begitu barulah Anda bisa mendapatkan hasil akhir tes sesuai dengan yang Anda inginkan. Adapun beberapa tips untuk dapat mengerjakan soal dalam tes TPA ini adalah sebagai berikut:

  • Baca dan pahami petunjuk dengan teliti.
  • Kelola waktu dengan baik.
  • Pastikan Anda memahami pola dan konsep pernyataan dalam setiap soal.
  • Banyak-banyak berlatih dan simulasi.
  • Evaluasi jawaban Anda pada soal. Pastikan untuk melakukan tips ini jika Anda memiliki sisa waktu yang mumpuni.

Itulah definisi, jenis dan tips untuk menghadapi tes TPA online. Untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang ada dalam soal, Anda perlu teliti dan memahami petunjuk yang ada dengan baik.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan dari dalam diri untuk dapat menyelesaikan tes tersebut. Istirahat yang cukup juga akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum melaksanakan tes.  Jangan terlalu memforsir diri Anda untuk belajar terlalu berlebihan, seimbangkan antara belajar dengan refreshing, sebagai upaya untuk membuat diri Anda tetap fresh ketika ujian nanti.