Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA memiliki beberapa aspek-aspek sebagai komponen penyusun tes tersebut.

Tes TPA online merupakan psikotes untuk mengungkap pencapaian seseorang secara intelektual. Secara umum, tinggi rendah nilai TPA berbanding lurus dengan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan untuk mengungkapkan kualitas intelektual tersebut.

Mengenal Tes TPA Online Beserta Aspek-aspeknya

Jika tes kepribadian bertujuan agar seseorang bisa melakukan pengenalan diri sesuai minat dan bakat mereka, maka tes TPA fokus untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berhadapan dengan objek kata, angka, dan gambar. Terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus ada pada diri seseorang, sehingga dirinya berhasil mengatasi masalah yang bersifat intelektual.

Tak heran apabila penggunaan tes TPA untuk keperluan identifikasi kemampuan calon mahasiswa sarjana, pasca sarjana, keperluan perusahaan, hingga instansi terkait. Setidaknya ada

1. Pemahaman Wacana

Aspek pemahaman wacana adalah subtes kemampuan verbal dengan menyajikan suatu wacana. Peserta harus bisa memahami isi dan informasi yang terkandung di dalamnya secara objektif dan cepat. Selain konsentrasi pada topik wacana, tolak ukur tes pemahaman bacaan adalah efisiensi waktu saat berhadapan dengan teks-teks panjang.

Analogi

Pada soal dengan aspek analogi,  peserta tes TPA online harus bisa mencari serta menemukan kesesuaian antara pasangan kata yang memiliki hubungan analogi. Tes akan mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta mengenali hubungan antar kata yang diujikan.

Penggunaan analogi akan mendukung pesan presentasi yang hendak Anda sampaikan ke audiens. Tanpa skill analogi maka presentasi terkesan garing dan membosankan.

Teknik analogi sendiri untuk menjelaskan sesuatu hal yang sebelumnya sudah diketahui audiens. Presentasi yang Anda tampilkan lebih terasa bernyawa jika menghadirkan teknik analogi untuk mendukung point atau pesan presentasi itu sendiri.

2. Makna Kata

Psikotes makna kata akan membantu seseorang lebih cepat dan efektif dalam mengambil suatu kebijakan. Dalam hal ini melibatkan psikolog atau psikiater untuk memberikan penilaian hasil tes.

Aspek tes TPA online makna kata akan menggali keterampilan berbahasa para peserta tes sehingga meningkatkan kemampuan berbahasa seseorang di masa mendatang. Perusahaan biasa menggunakan tes sebagai pertimbangan dalam rekrutmen karyawan.

3. Aritmatika

Penilaian aspek ini berorientasi pada penyelesaian soal aritmatika yang tersaji dalam komputasi efisien. Tujuan tes logika aritmatika adalah untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta tes dalam berpikir logis dan analitik.

Dalam rekrutmen karyawan di perusahaan, tes logika aritmatika penting untuk mengetahui skill calon karyawan dalam membuat perencanaan kerja serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

4. Deret Angka

Aspek tes TPA online selanjutnya adalah tes deret angka. Tes bertujuan untuk mengetahui tingkat ketelitian dan analisa berdasarkan soal deretan angka dalam waktu singkat. Dapat dikatakan bahwa tujuan tes juga mengukur tingkat kematangan IQ peserta tes.

Sub tes Matematika atau tes numerik ini menyajikan soal dengan variasi pola deret angka yang belum terselesaikan. Untuk menyelesaikannya, butuh pengetahuan operasi-operasi dasar matematika. Tes akan menguji kemampuan peserta dalam mengolah, menganalisis suatu permasalahan serta tingkat emosionalnya.

5. Silogisme

Pada aspek silogisme menuntut calon karyawan harus berpikir tertib, jelas, dan kritis. Tujuannya adalah ketika di lapangan bisa melihat suatu akibat dari pernyataan yang ada.

Penilaian tes TPA online berdasarkan ketepatan peserta menarik kesimpulan berdasarkan tampilan premis. Jadi, peserta harus melakukan penalaran secara runtut dan sistematis kemudian menarik kesimpulan.

6. Matriks

Dalam psikotes matriks, soal yang tersaji berupa melengkapi matriks berisi objek yang berdasarkan pola matriks yang digunakan. Secara umum bisa dikatakan bahwa aspek matriks menuntut peserta untuk memahami suatu masalah kemudian membuat analisa terkait suatu masalah ekonomi dengan variable-variabel yang menyertainya.

7. Perbandingan

Aspek ini bertujuan untuk menentukan hasil perbandingan kuantitatif antara dua kondisi yang disajikan dalam soal. Dalam hal ini menuntut kemampuan peserta supaya bisa berpikir logis berdasarkan interaksi sosial yang tersaji dalam soal. Ingatlah jika dalam hal mencari talent harus benar-benar memenuhi ekspektasi perusahaan.

Ingin membuktikan seberapa efektif hasil tes TPA online berdasarkan aspek-aspeknya? NS Development menjadi rekomendasi terbaiknya. Lakukan pendaftaran melalui android dan persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi berbagai variasi soal Tes Potensi Akademi bersama NS Development. Kami adalah penyelenggara tes potensi akademik berbasis online pertama di Indonesia.