Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik Online dapat dilakukan secara individu maupun kelompok untuk mengetahui keterampilan kognitif maupun potensi akademik.

Tes Potensi Akademik Online adalah salah satu bentuk ujian untuk mengukur potensi akademik seseorang menggunakan platform digital. Tes ini banyak yang memanfaatkan untuk seleksi masuk perguruan tinggi, seleksi pekerjaan hingga penerimaan beasiswa.

Peserta dalam mengikuti tes akan diberikan beberapa tugas atau pertanyaan dengan batas waktu tertentu. Tes TPA online ini bisa untuk individu maupun kelompok. Sehingga cocok digunakan untuk institusi pendidikan maupun perusahaan dalam merekrut karyawan maupun seleksi mahasiswa.

Tes Potensi Akademik Online dengan Berbagai Fitur

Tes TPA online tidak dilaksanakan secara tertulis. Jadi cukup dengan memanfaatkan teknologi internet saja. Karena dilakukan secara online, maka hanya membutuhkan perangkat canggih dan kuota internet. Perangkat yang digunakan seperti smartphone, komputer maupun laptop. Salah satu alasan mengapa banyak yang menggunakan jenis tes ini adalah karena kelengkapan fiturnya.

Tes Individu maupun Kelompok

Fitur yang paling populer dari Tes Potensi Akademik Online adalah dapat digunakan secara individu maupun kelompok. Jika digunakan secara mandiri, maka peserta dapat mengukur kemampuan pribadi. Hal ini penting untuk persiapan masuk perguruan tinggi maupun ketika melamar pekerjaan.

Sementara jika penggunaannya secara berkelompok untuk keperluan tes masuk perguruan tinggi hingga tes rekrutmen karyawan. Sehingga sangat cocok bagi perusahaan maupun institusi pendidikan.

Desain Multiuser

Fitur ini memungkinkan dalam satu platform dapat diikuti peserta tes secara bersamaan. Tentu saja penyelenggaraan tes akan lebih efektif dan efisien. Karena pelaksanaannya secara online, maka tidak perlu secara manual mengatur tempat dan pengawasan. Hal ini akan lebih menghemat biaya, bahkan sistem keamanan yang canggih dapat menghindari adanya kecurangan. Meskipun diikuti peserta yang banyak, namun pelaksanaannya dapat dilakukan dalam satu sesi saja.

Teknologi pengawasan online seperti software proctoring maupun webcam mampu menghindari adanya kecurangan. Fitur ini dapat menjadi kredibilitas dan validitas dari hasil tes. Cara kerjanya cukup aktifkan kamera pada bagian perangkat pada saat mengikuti tes. Seluruh kegiatan yang berlangsung dari peserta pada saat tes akan terekam secara otomatis.

Kamera ini akan mencegah adanya perilaku curang seperti menyontek. Dengan demikian dapat dipastikan jika hasil tes dikerjakan secara jujur. Melalui kamera ini juga peserta tes akan dimintai untuk menunjukkan kartu identitas miliknya sebelum memulai tes.

Bahkan sistem penilaian hasil tes otomatis dilakukan secara objektif. Maka dari itu, hasil tes akademik seseorang dapat menggambarkan tentang potensi yang ia miliki. Misalnya saja seperti keterampilan matematika, kemampuan berpikir logis, daya analisis, dan kemampuan berbahasa.

Dapat Diakses Kapan dan Dimana Saja

Kelebihan lain dari Tes Potensi Akademik Online ini adalah dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian sangat fleksibel masalah tempat dan waktu. Daripada tes TPA tradisional, tes ini hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Online base merupakan fitur yang umum digunakan dengan sistem login, kemudian pendaftaran. Selain itu, terdapat informasi terkait petunjuk pengerjaan tes beserta dengan format soalnya. Navigasi soal untuk berpindah antar soal sangat memudahkan peserta. Lalu untuk menunjukkan sisa waktu, terdapat timer. Hasil tes dapat terlihat langsung setelah peserta selesai mengerjakan tes. Hal tersebut karena adanya sistem penilaian otomatis.

Fungsi Tes TPA Online

Tes Potensi Akademik Online memberikan banyak manfaat bagi para pesertanya. Pada umumnya tes ini digunakan untuk seleksi kerja, masuk perguruan tinggi, baik itu untuk jenjang sarjana maupun pasca sarjana. Sehingga banyak masyarakat yang memilih tes TPA Online.

Tes TPA dapat mengevaluasi kemampuan akademik calon penerima mahasiswa. Hasil tes juga dapat membantu perusahaan mengevaluasi potensi kerja dan kemampuan kognitif dari calon karyawan.

Kemudian hasil tes ini digunakan sebagai panduan untuk mengarahkan para karyawan agar dapat mengembangkan pribadi dan akademik menjadi lebih baik. Dengan demikian dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari karyawan di berbagai aspek potensi akademik mereka.

Tes Potensi Akademik Online dapat digunakan untuk individu maupun kolektif dalam membantu mengevaluasi keterampilan kognitif maupun potensi akademik. Bahkan menjadi panduan untuk mengambil keputusan terkait karir dan pendidikan. Karena menawarkan berbagai fleksibilitas, efisiensi dan kenyamanan, maka banyak yang memilih jenis tes ini. Akan tetapi, pastikan untuk memilih platform yang terpercaya, salah satunya adalah tepad.id.

Artikel berhubungan: