Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online memiliki jenis soal yang berbagai macam serta fitur terpecaya untuk mempermudah peserta calon mahasiswa

Tes potensi akademik online adalah tes yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang. Sesuai dengan pengembangannya, tes ini berdasarkan dari teori Cattel-Horn Carrol atau seringkali disingkat CHC.

CHC merupakan teori kemampuan kognitif yang begitu canggih serta terbaru. Bahkan teori tersebut memiliki peran penting dalam mengukur kemampuan penalaran secara umum yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah atau mempelajari hal-hal baru.

Tes Potensi Akademik Online sebagai Cara Seleksi Calon Mahasiswa

Tes ini memiliki peran yang begitu krusial dalam seleksi calon mahasiswa. Baik untuk sarjana S1 atau pascasarjana S2 serta S3 di perguruan tinggi swasta maupun negeri. Bahkan tes TPA ini juga bisa untuk seleksi dalam meraih beasiswa terutama kuliah dalam perguruan tinggi negeri.

Tes Potensi Akademik mempunyai beberapa tes dengan level atau tingkatan kesulitan yang tidak sama. Adapun contohnya, soal tes untuk calon mahasiswa pascasarjana akan lebih sulit dari seleksi calon mahasiswa sarjana S1. Secara umumnya, jenis atau macam soal tesnya tidak jauh berbeda. Berikut ini jenis tes TPA yang sering muncul.

Tes Bahasa (Verbal)

Soal ini memiliki fungsi dalam mengukur kemampuan seseorang di bidang bahasa. Hal ini antara lainnya seperti tes persamaan kata (sinonim), tes lawan kata (antonim), tes padanan hubungan kata, sampai tes pengelompokan kata.

Tes Angka (Numerik)

Jenis tes potensi akademik lainnya yaitu tes angka atau numerik. Tujuan dari jenis tes ini yaitu mengukur kemampuan dalam bidang angka.

Bahkan tes ini juga bisa membantu peserta mengetahui kemampuan berpikirnya dengan terstruktur, logis atau matematis. Dalam tes ini, peserta akan menemukan sejumlah jenis tes seperti tes aritmatik (hitungan tes deret) atau tes seri angka, tes logika angka, tes seri huruf, dan tes angka dalam cerita.

Tes Logika

Ragam tes potensi akademik online berikutnya yaitu tes logika. Jika mempunyai tujuan dalam mengukur kemampuan penalaran maupun penyelesaian persoalan dengan logis. Tes ini berupa tes logika umum tes analisa pernyataan serta kesimpulan atau silogisme, tes logika diagram, sampai tes logika dalam cerita.

Tes Gambar (Spasial)

Mengenai tas spasial atau gambar adalah tes yang dipakai dalam mengukur daya logika ruang. Cakupan dalam tes ini seperti tes padanan hubungan gambar serta tes dari gambar, tes pengelompokan gambar, tes seri gambar, tes identifikasi gambar, sampai tes bayangan gambar.

Jenis soal tes ini, nantinya peserta akan diberi gambar. Setelah itu, peserta akan diminta untuk mengerjakan dengan cara meneruskan gambar yang belum selesai. Untuk tipe soal tes lainnya, peserta diharuskan memilih dan mengelompokkan gambar sesuai dengan jenis.

Fitur yang Terdapat Dalam TPA

Tes potensi akademik online tidak hanya tersedia dalam berbagai macam soal. Upaya dalam mempermudah peserta untuk mengikuti seleksi masuk kuliah, tes TPA ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang terpercaya. Tentunya hal itu memiliki tujuan dalam menjaga validitas atau reliabilitas hasil tesnya. Untuk fiturnya antara lain sebagai berikut.

Accessible

Accessible merupakan fitur pertama yang bisa mempermudah peserta dalam mengakses soal tes di mana saja. Adanya fitur ini, peserta dapat mengikuti tes di rumah tanpa perlu datang langsung ke kampus.

Tentunya hal ini akan menguntungkan dari segi mobilitas. Terlebih lagi, bila peserta yang mendaftar ke perguruan tinggi dari luar daerah atau luar pulau. Dengan begitu, tidak perlu berpergian jauh hanya untuk sekedar mengikuti tes saja.

Desain Multi User

Tes potensi akademik online mempunyai desain yang multi user. Itu artinya, tes TPA ini akan memungkinkan bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Tes dengan sistem seperti ini bisa meningkatkan keefektifitasan dalam penyelenggaraan tes.

Online Base

Tes potensi akademik bisa digunakan dengan berbagai macam perangkat. Tidak melulu harus menggunakan laptop. Sekarang ini peserta sudah bisa mengikuti tes dengan menggunakan perangkat lain seperti smartphone baik Android maupun iPhone, tablet, iPad, dan perangkat lainnya.

Tes potensi akademik online sekarang ini sangat membantu bagi siapa saja yang ingin masuk perguruan tinggi swasta maupun negeri. Terlebih adanya jenis soal yang berbeda-beda bisa membantu peserta untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya. Di samping itu, adanya fitur yang berbagai macam akan mempermudah peserta dalam mengikuti tes tersebut. Hal itu bisa disimpulkan, bahwa mengikuti tes potensi ini akan menguntungkan siapa saja, karena selain bisa digunakan untuk masuk perguruan tinggi juga bisa digunakan untuk seleksi calon karyawan perusahaan.

Artikel berhubungan: