Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Dengan TPA atau tes potensi akademik online, HRD dan pihak perusahaan bisa menempatkan karyawan di divisi yang tepat sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Tes potensi akademik online hadir untuk berbagai kebutuhan. Meski TPA lebih dibutuhkan di dunia pendidikan, tetapi tidak sedikit perusahaan yang menggunakan tes ini. Di dalam dunia kerja, TPA dapat bermanfaat untuk berbagai asesmen, salah satunya untuk kenaikan jabatan.

Tes Potensi Akademik Online di Perusahaan

TPA adalah salah satu jenis tes psikologi atau yang terkenal dengan psikotes. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan akademik dan penalaran setiap orang.

Tes satu ini banyak digunakan dalam proses rekrutmen kerja dan asesmen kenaikan jabatan. Pemanfaatan tes psikologi pada perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

Kalau di dunia pendidikan, TPA banyak dimanfaatkan dalam tes seleksi masuk perguruan tinggi SBMPTN. Tes ini memang sangat bermanfaat dan penting untuk melihat bagaimana proses berpikir seseorang.

Proses TPA

Tes psikologi satu ini sangatlah menarik, yaitu karena TPA bisa dilakukan secara online. Tes potensi akademik bisa para peserta lakukan kapan saja dan dimana saja. Waktu dan jarak saat ini sudah bukan halangan lagi.

TPA hadir untuk melihat potensi intelektual yang mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang ketika menjalani pendidikan S1, S2, atau S3.

Ada tiga aspek yang menjadi penilaian di dalam tes potensi akademik, yakni numerikal, figural, dan juga verbal.

Tes kemampuan verbal berarti sebuah kemampuan untuk memahami dan berpikir dengan bahasa. Ada juga kemampuan numerik yang berhubungan dengan kemampuan memahami dan berpikir dengan angka. Semetara itu, tes figural untuk mengukur kemampuan dalam memahami dan berpikir menggunakan gambar.

Tes potensi akademik online sebenarnya memiliki soal yang tergolong mudah dan sederhana. Tetapi, para peserta tes harus memahaminya dengan baik.

Butuh ketelitian tinggi selama melaksanakan tes potensi akademik ini. Sebab, banyak orang yang gagal tes karena alasan sederhana, seperti tidak teliti, kekurangan waktu, dan bahkan bingung menentukan jawaban.

Tujuan Melakukan TPA untuk Asesmen Jabatan

Sebenarnya, tidak semua perusahaan menggunakan TPA dalam melakukan asesmen kenaikan jabatan. Ada kalanya, perusahaan menggunakan TPA agar tidak salah pilih karyawan.

Tujuan adanya TPA untuk asesmen jabatan di sebuah perusahaan adalah untuk mencapai keberhasilan perusahaan dengan mengadakan evaluasi kinerja di dalam kurun waktu tertentu.

Pelaksanaan TPA untuk asesmen jabatan ini menjadi tahap penting untuk sebagian HRD karena bagaimanapun juga, performa para karyawan bisa mempengaruhi perkembangan bisnis.

Apabila tidak ada tes potensi akademik, maka HRD tidak bisa melihat potensi pada karyawan. Bisnis jadi akan sulit berkembangan dan akhirnya bisa menimbulkan kerugian.

Dengan tes potensi akademik online, maka HRD dan pihak perusahaan bisa menempatkan karyawan di divisi yang tepat. Hal ini tentu saja bisa terlihat dari hasil TPA.

Tips Lolos TPA

Pada umumnya, para karyawan sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk mempelajari TPA. Padahal, materi di dalam TPA ini perlu dikuasai dengan baik agar bisa lolos seleksi.

Mempelajari materi dan jenis soal di dalam tes potensi akademik sangat penting karena bisa mempengaruhi skor hasil. Sehingga, asesmen jabatan berjalan dengan baik.

Tips berikutnya agar bisa lolos TPA adalah mengerjakan contoh soal. Saat ini TPA sudah menjadi tes untuk berbagai macam seleksi. Bahkan soal-soal TPA banyak bertebaran di internet.

Berlatih mengerjakan contoh soal tes potensi akademik akan sangat membantu. Peserta jadi bisa memahami dan lebih dekat dengan soal-soal yang ada. Sebab, soal di dalam tes potensi akademik ini mirip.

Tes Potensi Akademik Online di TEPAD

Tes potensi akademik untuk asesmen jabatan di perusahaan bisa dilakukan secara online. Untuk itu, pemilihan platform tes harus tepat.

TEPAD adalah salah satu platform tes psikologi terbaik yang ada di Indonesia. Tentu saja TEPAD menyediakan tes potensi akademik untuk perusahaan.

Para peserta tes bisa mengerjakan TPA kapan saja dan hanya melalui perangkat HP atau desktop. Nantinya, peserta akan mendapatkan sertifikat online proses autentikasi sebagai bukti telah mengerjakan tes potensi akademik.

Selain itu, TEPAD juga menggunakan sistem TPA Teori tes Modern (IRT) yang sudah terbukti ketepatannya dalam pembobotan nilai. Semua orang bisa melaksanakan tes potensi akademik online di TEPAD dengan mudah dan terjangkau.

Artikel berhubungan: