Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online menawarkan berbagai kelebihan seperti pelaksanaan tes menjadi lebih simpel hingga hasil tes realtime dan akurat.

Tes potensi akademik online kini semakin marak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan mereka masing-masing. Tes potensi akademik atau TPA sendiri merupakan tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan berpikir atau penalaran seseorang yang berguna untuk mempelajari hal baru dan memecahkan masalah.

TPA terdiri atas beberapa jenis tes yang berbeda. Mulai dari tes spasial atau gambar yang mana tesnya berhubungan dengan gambar. Lalu ada tes logika yang bertujuan menguji kemampuan seseorang memecahkan masalah secara logis. Tes ini terbagi menjadi beberapa bagian seperti tes logika diagram, cerita hingga logika umum.

Jenis soal TPA lainnya yaitu terdapat tes bahasa atau verbal untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menguasai kata atau bahasa. Tes ini bisa tentang antonim, sinonim, pengelompokkan kata dan lainnya. Kemudian jenis terakhir yaitu terdapat tes angka atau numerik yang juga berhubungan dengan angka serta perhitungan.

Tes Potensi Akademik Online yang Lebih Menguntungkan dan Mudah

TPA sangat penting untuk berbagai keperluan seperti rekrutmen karyawan, asesmen jabatan, dan sebagainya. Dalam hal rekrutmen karyawan baru, tes potensi akademik mampu membantu menyeleksi calon karyawan dengan potensi dan kemampuan yang terbaik. Sehingga nantinya perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang paling tepat.

Dalam asesmen jabatan tes ini juga mampu mengukur kemampuan karyawan untuk proses profiling serta bisa memilih karyawan yang tepat untuk suatu jabatan. Dulu, pelaksanaan TPA secara offline atau menggunakan kertas. Seiring berkembangnya zaman mulai muncul tren melakukan TPA secara online sehingga tidak lagi menggunakan kertas.

TPA secara online ini tentunya memiliki banyak kelebihan tersendiri daripada tes secara offline. Karena itu pula sekarang banyak orang yang lebih memilih melakukan tes potensi akademik online daripada offline. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihannya TPA online yang perlu Anda ketahui:

Lebih Simpel

Pelaksanaan TPA online lebih simpel karena tidak perlu ribet dengan kertas. Sebab peserta tes bisa mengerjakan tes melalui perangkat online mereka masing-masing. Dengan begitu, pastinya tes ini juga bisa mengurangi penggunaan kertas dan mengurangi pengeluaran biaya dari penyelenggara tes potensi akademik.

Mendukung Semua Perangkat

TPA online juga bisa dikerjakan menggunakan berbagai perangkat selama terhubung ke internet. Baik itu melalui perangkat smartphone, laptop, komputer, maupun tablet sekalipun. Dengan begitu, setiap peserta tes bisa bebas menentukan ingin menggunakan perangkat mana yang paling nyaman dan kondisinya bagus untuk tes.

Tidak Terbatas Tempat

Karena bisa dilakukan melalui perangkat smartphone hingga laptop maka pelaksanaan tes potensi akademik online tidak terbatas oleh tempat. Artinya peserta tes bisa menentukan ingin mengerjakan tes dimana saja. Mereka bisa menentukan sendiri tempat mana yang membuat mereka paling nyaman, bebas gangguan, dan bisa meningkatkan fokus.

Kelebihan ini tentunya sangat berbeda dengan tes potensi akademik secara offline atau menggunakan kertas. Sebab tes secara online pastinya mengharuskan pihak penyelenggara tes dan peserta tes bertemu secara langsung. Sehingga keduanya harus menentukan tempat tertentu untuk menyelenggarakan tes potensi akademik berbasis kertas.

Bebas Memilih Waktu Tes

Selain bebas menentukan tempat pelaksanaan tes potensi akademik online, peserta juga bisa memilih waktunya sendiri. Misalnya yaitu mengerjakan tes saat pagi, siang, maupun sore hari. Dengan begitu, maka peserta tes bisa menyesuaikannya sesuai dengan waktu yang ada bahkan bisa melakukanya saat jadwal sedang luang dan kosong.

Hasil Tesnya Realtime

Kelebihan lainnya dari TPA online yaitu mampu memberikan hasil tes secara realtime. Bukan hanya itu saja, hasil tes tersebut pastinya juga akurat dan minim kesalahan penilaian karena prosesnya dilakukan oleh sistem. Dengan begitu maka penyelenggara tes bisa mendapatkan hasil yang tepat bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Itulah berbagai kelebihan dari tes potensi akademik online yang sangat menguntungkan. Berbagai kelebihan tersebut tentunya juga bisa Anda dapatkan jika memilih penyelenggara TPA online yang terbaik. Salah satu penyelenggara TPA online yang terbaik tersebut yaitu TEPAD. TEPAD menawarkan soal tes yang berkualitas dan berbagai fitur untuk menunjang pelaksanaan TPA online. Sehingga dengan TEPAD maka Anda bisa mendapatkan hasil TPA yang benar-benar tepat dan akurat.

Artikel berhubungan: