Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online mencakup empat aspek utama, yaitu verbal, numerik, spasial, dan logika. Meskipun tampak sederhana, butuh strategi agar lolos pada tahap ini.

Bagi Anda yang sudah menggeluti dunia karir pasti tahu tentang Tes Potensi Akademik online yang biasanya menjadi salah satu tahap rekrutmen. Tes ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk tes psikologi yang biasanya memang menjadi bagian dari proses rekrutmen oleh suatu perusahaan maupun lembaga pendidikan.

Tes ini terbagi dalam empat aspek penting dalam pengujiannya, yaitu verbal, numerik, spasial dan logika. Meski terbilang mudah, namun nyatanya tidak sedikit peserta yang gugur dalam tahap ini. Untuk menyelesaikan tes ini pun terdapat beberapa kiat tersendiri yang penting untuk diketahui.

Tes Potensi Akademik Online dan Kiat Efektif untuk Mengerjakannya

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah salah satu tes penting yang harus dikerjakan oleh pencari kerja saat melamar posisi di perusahaan atau lembaga pemerintahan. Tidak hanya untuk pencari kerja, TPA juga wajib bagi karyawan tetap yang ingin naik jabatan. Mereka harus lulus dengan nilai terbaik sebagai salah satu syarat promosi. 

TPA mengukur kemampuan intelektual, seperti logika, pemahaman bacaan, dan kemampuan kuantitatif. Tes ini menjadi indikator kemampuan calon atau karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks di posisi yang lebih tinggi, sehingga penting untuk dipersiapkan dengan baik agar hasilnya maksimal.

Jika dalam tahap internasional, TPA setara dengan tes GRE (Graduate Record Examination). Secara umum, tes ini terdiri dari empat bagian yang berbeda, yaitu tes kemampuan bahasa atau verbal, tes numerik atau angka, tes gambar dan tes logika.

Tes ini membantu perusahaan untuk lebih mudah dalam menyeleksi maupun mengevaluasi karyawannya. Sedangkan dalam konteks pendidikan, tes ini berguna untuk menyeleksi mahasiswa baru atau penerima beasiswa oleh perguruan tinggi.

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi Tes Potensi Akademik online, berikut ini adalah beberapa kiat menjalaninya:

Manfaatkan Waktu untuk Berlatih

Usahakan untuk selalu memanfaatkan waktu yang ada untuk berlatih sebelum menghadapi Tes Potensi Akademik yang sesungguhnya. Semakin sering seseorang berlatih, maka semakin besar peluangnya untuk mencapai tujuan dengan baik.

Anda bisa memanfaatkan buku-buku persiapan TPA atau soal-soal dari internet untuk berlatih. Terapkan durasi waktu yang sesuai dengan tes TPA sesungguhnya. Dengan begitu, Anda bisa terbiasa untuk menyesuaikan diri dengan durasi waktu pada tes sesungguhnya nanti.

Pahami Jenis-jenis Soal Tes TPA

Selama berlatih, Anda juga bisa memanfaatkan momen untuk memahami jenis-jenis soal TPA. Seperti yang kita tahu, tes TPA memang terdiri dari empat jenis soal, yaitu tes verbal, numerik, spasial dan logika atau penalaran.

Pastikan untuk memahami setiap jenis soal tersebut lengkap dengan karakteristik dan cara memecahkannya. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk menyelesaikan soal dengan langkah pemecahan yang efektif dan masuk akal.

Persiapkan Fisik Agar Tetap Prima

Tes Potensi Akademik online terdiri dari ratusan soal dengan durasi waktu yang tidak bisa terbilang sebentar. Untuk itu, pastikan mempersiapkan fisik Anda agar kondisinya tetap prima dan bugar. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan tes secara optimal untuk meraih hasil yang terbaik.

Persiapkan fisik agar tetap prima dengan tidur yang cukup dan sarapan atau makan makanan berat yang setidaknya bisa mengisi perut Anda hingga sesi tes terakhir. Stress atau tekanan yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kondisi fisik Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, cobalah untuk merelaksasi diri sebelum menghadapi tes ini.

Persiapkan Kondisi Mental

Selain mempersiapkan kondisi fisik, Anda juga harus mempersiapkan kondisi mental Anda agar bisa menghadapi Tes Potensi Akademik online dengan baik. Cobalah untuk selalu mengirimkan pikiran positif pada diri Anda sebagai dukungan dasar untuk diri sendiri.

Pikiran-pikiran positif tersebut dapat membangkitkan mental Anda untuk lebih siap dan berhasil saat menjalani tes. Bagi sebagian orang, meningkatkan ketenangan spiritual juga menjadi penting untuk menenangkan pikiran dan mental.

Fokus dan Konsentrasi

Selama mengerjakan tes, usahakan untuk selalu fokus dan konsentrasi. Jauhkan pikiran ke hal-hal diluar tes yang bisa mempengaruhi pola pikir dan ketenangan Anda. Usahakan untuk tidak gelisah atau merasa tertekan selama menjalani tes karena hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja Anda.

Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu untuk bisa meminimalisir rasa panik dan tekanan berlebihan. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tes dengan durasi yang sesuai dan hasil terbaik karena konsentrasi penuh.

Itulah penjelasan seputar Tes Potensi Akademik online dan kiat-kiat untuk mengerjakannya. Dengan kiat-kiat sederhana tersebut Anda bisa menjalani tes dengan optimal untuk meraih hasil yang maksimal.