Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

TPA atau Tes potensi akademik online adalah salah satu tes psikologi yang bisa mengukur tingkat intelektual dan potensi yang ada dalam diri seseorang.

Tes potensi akademik online termasuk salah satu tes psikologi. Dengan tes ini, maka kemampuan intelektual seseorang bisa terlihat.

Tidak heran jika kini TPA banyak dimanfaatkan di berbagai bidang. Hadir dengan berbasis online, siapa saja bisa melaksanakan TPA dengan cepat dan mudah.

Tes Potensi Akademik Online, Lebih Efisien

Setiap orang pasti pernah mendengar istilah tes psikologi. Melansir dari Wikipedia, tes psikologi atau psikotes adalah proses pengukuran atau pelaksanaan tes pada seorang evaluator yang telah terlatih.

Ada berbagai jenis tes ini, salah satunya TPA atau tes potensi akademik. Jenis tes satu ini banyak bermanfaat, baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan.

Di bidang pendidikan, TPA dimanfaatkan sebagai salah satu jenis pengujian kelolosan perguruan tinggi. Sementara itu, manfaat TPA di bidang lainnya adalah sebagai tes masuk kerja, membantu asesmen jabatan di perusahaan, dan lainnya.

Ada hal yang menarik dari tes psikologi ini, yaitu sudah berbasis online. Alhasil, peserta tes memiliki lebih banyak waktu dan lebih fleksibel dalam mengerjakan subtes-nya.

Proses digitalisasi pada tes potensi akademik ini tentu saja tidak hanya mengikuti perkembangan zaman, tetapi agar peserta tes lebih mudah menangkapnya.

Selain itu, tes potensi akademik online cenderung tidak terjangkau dan tidak menghasilkan limbah kertas.

Cara Kerja TPA Online

Ilmu psikometri pastinya ada di dalam tes potensi akademik online. Inilah yang menjadi alasan tes potensi akademik bisa membantu mengetahui kelebihan dan kekurangan di dalam diri individu.

TPA dapat mengukur kemampuan berpikir, meliputi pemahaman dan juga penalarannya. Ada tiga aspek yang diukur, yakni verval, figural, dan juga numerikal.

Di dalam dunia pendidikan, tes potensi akademik membantu mengukur kapasitas berpikir siswa, sehingga bisa memprediksi apakah seorang individu akan lebih berhasil dalam prestasi belajar di jenjang yang lebih tinggi, dan lebih kecil kemungkinan mengalami stres.

Cara kerja dari TPA online ini adalah melalui jaringan internet. Peserta bisa melaksanakan tes melalui perangkat apapun yang sudah terhubung dengan internet kapan saja.

Teori Tes Modern (IRT) pada TPA

Untuk saat ini penggunaan Teori tes Modern (IRT) menjadi lebih populer. Banyak instansi dalam maupun luar negeri menggunakan pembobotan nilai ini.

Teori tes Modern (IRT) juga terkenal sebagai Teori Ciri Laten (Latent Trait Theory-LTT) atau karakteristik butir (Item Function-ICF).

Pada dasarnya, Teori tes Modern (IRT) akan memperbaiki kelemahan yang ada di dalam teori tes klasik, yakni sifat grup dependent dan juga item dependent. Artinya, indeks daya pembeda, tingkat kesulitan, dan koefisien reliabilitas tes tergantung pada yang mengerjakan tes tersebut.

Dengan Teori tes Modern (IRT), ukuran taraf kesuksesan butir serta ciri butir lainnya akan tetap invarian terhadap kelompok peserta tes. Jadi, tidak masalah kelompok peserta mana saja yang mengerjakannya selama mampu dan memadai untuk mengerjakannya.

Ketika teori tes klasik mengartikan kemampuan itu relatif dan berdasarkan skor pada distribusi normal, maka tes modern pada tes potensi akademik online ini menyatakan bahwa makna terhadap skor kemampuan individu berasal dari selisih dengan tingkat kesulitan butir.

Dengan teori modern ini, maka setiap soal memiliki bobot yang berbeda. Teknologi ini akan sangat nembantu dalam proses evaluasi, menngembangkan, dan juga administrasi tes.

Ada dua prinsip dalam teori modern ini, yaitu daya pembeda soal sesuai dengan kemampuan pesertanya dan tingkat kesulitan tes bisa membandingkan berapa banyak peserta yang bisa menjawab soal tersebut dengan benar serta menyeluruh.

Tentu saja teori modern ini bisa digunakan untuk berbagai jenis tes potensi akademik online di segala bidang.

Platform TPA dengan Teori tes Modern (IRT)

Karena TPA yang pemerintah Indonesia gunakan sudah berbasis Teori tes Modern (IRT), artinya ini teori yang sudah terbukti keefektifannya.

Ketika ingin melakukan TPA di platform lain, Teori tes Modern (IRT) jadi hal yang wajib diperhatikan. Sebab, Teori tes Modern (IRT) jauh lebih tepat dan pastinya populer.

TEPAD adalah platform penyedia tes psikologi TPA yang berbasis Teori tes Modern (IRT).

Tes potensi akademik online di TEPAD bisa disesuaikan dengan jadwal senggang para pesertanya. Jadi, para peserta ujian bisa mempersiapkan diri dengan matang.

Artikel berhubungan: