Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Tes potensi akademik memiliki peran penting untuk menentukan kelulusan siswa, mahasiswa, atau menentukan diterimanya seorang calon pekerja.

Tes potensi akademik memiliki peran penting untuk menentukan kelulusan siswa, mahasiswa, atau menentukan diterimanya seorang calon pekerja. Bahkan pada tahapan tertentu jika tes dilakukan di awal, maka bisa jadi alasan Anda tidak lolos meski belum melakukan interview.

Karena tes potensi seperti ini sering dijumpai pada rekrutmen karyawan, hingga tes masuk perkuliahan, jadi tidak sulit menemukan buku mengenai hal tersebut. Kini juga sudah ada banyak artikel yang membahas mengenai tes potensi akademik atau TEPAD online.

Bahkan ada juga website yang digunakan untuk belajar tes akademik online dengan mudah. Kebanyakan orang menggunakan website seperti ini untuk memudahkan jika suatu saat bertemu dengan jenis tes tersebut.

Berapa Banyak Skor Maksimal Tes Potensi Akademik Online

Melakukan Tepad memang penting, namun jangan asal jawab. Anda perlu memikirkan jawaban yang benar agar lulus tes. Tes seperti ini dikenal dengan tes kepribadian, tes IQ, dan tes nalar pikir, yang artinya tidak boleh sembarangan diisi.

Jenis tes yang diberikan juga berbeda beda, ada banyak bentuk tes potensi akademik yang bisa didapatkan dalam satu pertemuan. Karena itu, semua jenis tesnya perlu Anda mengerti agar tidak kaget ketika diberi soal berbeda.

Psikotes satu ini penting diterapkan bagi perusahaan dan perlu dikerjakan untuk calon mahasiswa. Untuk bidang pekerjaan tes ini bisa menjadi saringan awal, sehingga petinggi perusahaan atau HRD bisa tahu apakah karyawan tersebut mempunyai kriteria untuk diterima atau tidak.

Sedangkan untuk bidang perkuliahan, tes ini bisa digunakan untuk membantu para calon mahasiswa menentukan jurusan. Jika jurusan yang diambil sesuai, maka proses belajar akan berjalan dengan lancar tanpa membuat mahasiswa bosan di tengah semester.

Untuk lulus tes Anda perlu memenuhi skor yang sudah ditentukan. Jika skor yang Anda terima sesuai, maka Anda bisa lulus. Namun, bila skor yang diterima kurang, akan ada konsekuensi Anda tidak lolos. Nah, berhubungan dengan itu, kami akan membantu Anda mengetahui berapa skor maksimal agar lulus tes.

Skor Maksimal Agar Lulus Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online, seperti namanya tes ini bertujuan untuk mengukur potensi akademik seseorang. Biasanya tes terdiri dari 250 soal dengan waktu pengerjaan selama 3 jam. Biasanya tes paling sering adalah tes verbal, tes penalaran kata, dan tes numeric.

Ketiga tes ini memiliki patokan skor yang harus Anda dapatkan.berikut tentan soal tes potensi akademik yang perlu dimiliki.

Skor 200-800

Skor terendah dari tes ini yaitu 200 dan skor tertingginya 800. Masing-masing akan mendapatkan sekitar 20-80. Artinya jika Anda mendapatkan skor kurang dari 200, maka Anda tidak diterima, namun akan dipertimbangkan jika skor ada di bawah 500.

Rumus untuk menghitung skor

Skor = jumlah benar / total soal x 600 + 200

Contohnya  jika Anda berhasil mengerjakan soal 120, namun yang benar hanya 70 maka untuk mengetahui jumlah soal adalah..

Skor = (70/120) x 600 + 200 = 550

Menghitung skor adalah hal penting untuk mengetahui apakah Anda sudah berhasil mencapai target. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap menghadapi tes sesungguhnya.

Batas Lulus Skor

Rentan skor yang ditetapkan adalah 200-800, namun ada batasan nilai yang dibutuhkan agar peserta lulus. Nilai minimal lulus ditentukan oleh kesepakatan badan penyelenggara dengan bappenas. Biasanya rata-rata skor mulai dari 450-500, dan untuk kenaikan pangkat bisa lebih dari 550-600.

Jika Anda memiliki skor 500 maka kemampuan Anda dianggap rata rata. Skor tes potensi akademik online juga tidak bisa diperpanjang, jika massa skor sudah berakhir maka Anda perlu mengikuti tes lagi. Agar proses pengerjaan soal mudah, Anda bisa mulai dari soal yang mudah terlebih dahulu, jika soal mudah selesai maka soal sulit.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan berapa banyak peserta yang ikut. Jika peserta yang ikut banyak, maka Anda bisa memastikan jawaban 70?nar. Namun jika jumlah sedikit, maka Anda harus menetapkan jawaban harus 80?nar agar lebih unggul.

Skor maksimal tes potensi akademik online adalah hal penting untuk Anda ketahui. Karena hal ini menyangkut kelulusan Anda, jika sudah tahu berapa skor yang harus dimiliki maka Anda bisa lebih mudah untuk mempelajari tes tersebut.