Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Prosedur pelaksanaan tes Potensi Akademik Online (Tes TPA Online) TEPAD perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebuah tes yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga baik itu perusahaan maupun lembaga pendidikan tentunnya mempunya sistem dan prosedur dalam melaksanakannya. Setiap sistem dan prosedur pelaksanannya tentu berbeda-beda tergantung kebijakan yang menjadi penyelenggara dari tes. Tes TPA (Tes Potensi Akademik) adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi akademik dan intelektual seseorang. Tak terkecuali Tes TPA Online, tes ini memiliki serangkaian prosedur yang mungkin harus diikuti oleh peserta tes. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tiap penyelenggara mempunya kebijakan masing-masing mengenai prosedur yang akan diterapkan dalam tes TPA online. Namun, berikut tahapan yang secara umum yang ada pada sistem dan prosedur pada Tes TPA:

Pendaftaran

Prosedur yang pastinya harus dilakukan oleh semua peserta tes tentunya melakukan pendaftaran. Jika anda merupakan salah satu yang tetarik untuk mendaftar dalam sebuah pekerjaan atau pun seleksi masuk perguruan tinggi dan pihak penyelenggara memberikan Tes TPA Online maka hal yang terlebih dahulu yang anda lakukan adalah mendaftarkan diri, baik secara manual dengan mengisi formulir pendaftaran atau melakukan pendaftaran secara online, tergantung kebijakan dari pihak penyelenggara tes.

Platform TEPAD memberikan kemudahan bagi calon peserta untuk mendaftar secara online dan bisa mengerjakan tes secara online pula, karena platform TEPAD merupakan media penyelenggara Tes TPA Online Pertama di Indonesia.

Administrasi

Prosedur selanjutnya yang dilakukan oleh peserta tes jika telah melakukan pendaftaran sebelumnya, yaitu menyelesaikan administrasi. Dalam menyelesaikan administrasi biasanya para peserta akan diarahkan seperti membayar tes, dalam hal ini tergantung pihak penyelenggara apakah membayar langsung atau lewat pembayaran elektronik. Biaya administrasi juga tergantung penyelenggara memberikan harga tes. Selanjutnya dalam tahapan administrasi juga para peserta akan diberikan jadwal, lokasi serta aturan dalam pengerjaan tes. Namun, platform memberikan kemudahan bagi peserta yang mendaftar karena tes TPA Online yang di selenggarakan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu karena para peserta bisa mengatur sendiri kapan dan waktu ingin melakukan tes.

Pelaksanaan Tes

Tahapan prosedur selanjutnya yang dilakukan peserta, melakukan pelaksanaan sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dan mengikuti aturan pelaksanaan tes yang telah di tentukan penyelenggara. Biasanya tes berupa tes yang tertulis maupun secara online dengan soal- soal yang terdiri dari beberapa subtes yaitu tes verbal. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang untuk memahami konsep-konsep dibingkai dalam kata-kata, kemampuan seseorang untuk menemukan kesamaan di antara konsep-konsep yang berbeda dan untuk memanipulasi ide-ide pada tingkat abstrak. Tes yang memiliki komponen seperti persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), padanan kata, pengelompokan kata, dan melengkapi kata yang hilang (missing word). Subtes ini biasanya terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan yang biasanya berbeda di setiap komponen.

Selanjutnya subtes numerik. Tes ini berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini memiliki komponen seperti aritmetik, seri angka, numerik seri huruf, logika angka, angka dalam cerita. Tes ini biasanya terdiri dari 20-40 soal dengan waktu yang berbeda-beda di setiap komponen tes.

Kemudian, subtes penalaran (logika). Tes yang membantu untuk mengukur kemampuan logika dan analitis seseorang. Tes ini biasanya terdiri dari komponen tes seperti logika umum, silogisme, logika cerita, dan logika diagram. Masing -masing komponen biasanya memiliki jumlah 20 soal dengan waktu yang mungkin berbeda.

Penilaian

Setelah selesai melaksanakan Tes TPA Online, selanjutnya peserta menunggu hasil penilaian yang mana jawaban dari peserta akan dinilai dan diberikan skor sesuai dengan kunci jawaban yang telah ditentukan. Jika penilaian dilakukan penyelenggara secara manual mungkin peserta bisa menunggu beberapa hari untuk mendapatkan hasil tes. Namun jika secara online yang apabila menggunakan platform TEPAD maka hasil tes bisa langsung didapat secara real-time.

Hasil Tes

Peserta yang telah mengikuti tes selanjutnya akan menerima sertifikat hasil tes yang telah dilakukan sebelumnya dalam bentuk laporan skor. Skor tersebut menunjukkan tingkat kemampuan intelektual yang dimiliki peserta. Platfrom TEPAD juga memberikan sebuah keuntungan yang mungkin bisa didapat salah satunya sertifiktat yang dikeluarkan bisa didapat dalam bentuk softfile, dengan masa berlaku sertifikat selama 1 tahun.

Demikianlah penjelasan prosedur mengenai Tes TPA Online yang mungkin bisa membantu pembaca untuk mempersiapkan diri bagaimana untuk menjalani tes yang akan dikerjakan.