Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online memiliki standar nilai untuk peserta ketahui. Dengan mengetahui skornya, maka perlu terus belajar untuk mempelajari tes.

Tes TPA Online memiliki peran cukup penting dalam menentukan kelulusan siswa, mahasiswa, hingga diterimanya calon pekerja. Pada saat tahapan tertentu jika tes berlangsung di awal, ada kemungkinan menjadi alasan tidak lulus meski belum memasuki tahap interview. Sebab, pelaksanaan tes yang seperti ini seringkali untuk rekrutmen karyawan hingga tes masuk perguruan tinggi.

Untuk itu, tidak sulit jika menginginkan buku mengenai hal tersebut. Terlebih saat ini juga ada banyak artikel tentang tes potensi akademik. Tak hanya itu, ada pula website yang membantu belajar tes TPA secara lebih mudah. Kebanyakan orang memilih menggunakan website tersebut untuk memudahkan saat menjumpai dengan jenis tes tersebut. Namun, pastikan jika Anda memahami standar nilai dalam Tes TPA agar bisa mencapai target nilai.

Ketahui Standar Nilai dalam Tes TPA Online

Saat ini penggunaan tes TPA bisa membantu menentukan tingkat kecerdasan dari seseorang. Oleh karena itu, tinggi dan rendahnya nilai dalam tes seringkali berguna sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas intelektual pesertanya.

Di wilayah Indonesia, tes ini adalah versi lainnya tes GRE atau Graduate Record Examination. Berbagai materi, metode tes, dan bidang pengujian yang tidak jauh berbeda. Pasalnya, hanya sedikit penyesuaian dengan kebutuhan Indonesia.

Penyelenggara dari tes ini cukup beragam, mulai lembaga perguruan tinggi, perusahaan yang melaksanakan penerimaan karyawan baru, hingga sejumlah kantor pemerintahan. Masing-masing penyelenggara tentunya memiliki aturan berbeda untuk menentukan kelulusan para pesertanya.

Meski aturan berbeda, ada standar penilaian dalam tes TPA online. Bahkan hingga saat ini masih menjadi sebuah acuan. Adapun sejumlah penjelasan untuk Anda ketahui, berikut ini.

  • Secara umum rentang nilai tes mulai dari 200 hingga 800.
  • Nilai rata-rata pada lingkup nasional setara yakni 500.
  • Nilai rata-rata pada tes penerimaan beasiswa Proyek DUE yakni 550. Penggunaan Standar nilai ini pada tahun 1997, 1998, maupun 1999.
  • Nilai minimal tes untuk lolos seleksi masuk jenjang S2 mulai 450 hingga 500.
  • Nilai minimal tes untuk lolos seleksi jenjang S3 mulai 550 hingga 600.
  • Jika ingin mendapat Nomor Induk Dosen Nasional, maka para dosen baru perlu memenuhi standar minimal yakni nilai 530.

Penting untuk Anda pahami bahwa standar nilai tersebut yang berlaku secara umum. Sementara pihak penyelenggaranya ada kemungkinan memiliki acuan yang tersendiri. Khususnya untuk bisa menentukan lolos atau tidaknya peserta dari tes TPA tersebut.

Jenis Soal pada Tes TPA

Saat akan mengukur tingkat kecerdasan dari seseorang, tentu penggunaan jenis tes dalam tes TPA online harus relevan. Jenis tes seperti tes verbal, numerik, hingga figural. Masing-masing jenisnya terdapat model berbeda. Untuk bisa semakin memahaminya, akan lebih baik simak uraian berikut ini.

Tes Verbal

Tes yang satu ini berguna untuk bisa mengetahui potensi kecerdasan pada bidang kebahasaan maupun perbendaharaan kata. Untuk itu, soal tes ini berupa sinonim, antonim, padanan kata, logika umum, analisis pernyataan serta kesimpulan kalimat. Terkadang soal tes ini juga memiliki kombinasi jenis figural.

Tes Numerik

Tes numerik yang memiliki struktur soal berhubungan dengan angka-angka. Jika peserta berhasil mengerjakan tes TPA online ini, maka menunjukkan jika seseorang bisa berpikir secara terstruktur serta logis matematis.

Soal tes berupa operasi hitung dasar, tes seri angka, logika angka, hingga  tes cerita yang berhubungan dengan perhitungan. Untuk jenis pertanyaan yang sering keluar seperti luas lingkaran, luas bidang serta lain sebagainya.

Tes Figural

Tes ini yang berguna untuk mengukur kegesitan mental pesertanya saat melihat soal-soal bergambar, simbol, dan diagram. Pada tes ini yang akan mengasah logika diagram dan memerlukan kecermatan tingkat tinggi. Jika tidak teliti saat mengerjakan, maka jawaban yang Anda pilih bisa salah atau akan mengurangi nilainya.

Tak hanya soal-soal tentang logika diagram, namun ada pula jenis pertanyaan lainnya untuk Anda pahami. Pertanyaannya yang berupa jenis tes hubungan gambar, deretan gambar dan lain sebagainya.

Standar nilai tes TPA online menjadi hal penting untuk peserta ketahui. Pasalnya, hal tersebut menyangkut kelulusan Anda. Jika mengetahui skor yang harus Anda capai, maka Anda bisa lebih mudah untuk mempelajari tesnya.