Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Ada bebera jenis tes yang ada pada tes potensi akademik. Jenis-jenis ini merupakan struktur pembangun tes TPA

Jenis tes TPA online akan membantu kita untuk lebih mudah mengerjakannya. Keberadaan tes tersebut ternyata mempunyai manfaat yang sangat penting. Pasalnya melalui tes ini kita bisa dengan mudah mengetahui psikologi diri sendiri. Hal tersebut bermanfaat agar nantinya kita bisa memilih tujuan hidup. Sebenarnya tes ini merupakan psikotes yang seringkali digunakan ketika melamar pekerjaan ataupun ingin memilih jurusan kuliah.

Tanpa disadari ternyata tes tersebut mempunyai jenis yang berbeda-beda. Kendati demikian, memang terdapat beberapa jenis yang biasanya digunakan dan jenis tersebut sudah bersertifikat. Tidak sedikit orang yang tertarik untuk mencoba tes yang satu ini. Apalagi setelah melakukan tes tersebut kita bisa dengan mudah melakukan evaluasi diri. Membantu mengetahui apa yang cocok serta tidak cocok dengan diri kita. Sehingga setelah melakukan Disini kita mendapatkan banyak keuntungan.

Mengikuti tes potensi akademik yang sudah bersertifikat tentunya menjadi metode yang tepat untuk mengetahui kemampuan ataupun potensi seseorang dari segi intelektual. Tinggi ataupun rendah hasil tes tersebut juga kerap kali dikaitkan dengan ukuran kecerdasan seseorang. Menariknya lagi setelah melakukan tes tersebut peserta yang lolos akan mendapatkan bukti berupa sertifikat. Perlu Anda ketahui bahwa tes TPA merupakan versi lain dari graduate record examination.

Mengenal Jenis Tes TPA Online

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis tes psikotes tersebut, tidak ada salahnya jika kita mengenal sebenarnya tes potensi akademik online itu tes yang seperti apa. Nah, tes potensi akademik secara online merupakan sebuah tes kecerdasan umum guna mengukur kemampuan penalaran juga logika seseorang. Dikatakan online karena pengerjaannya bisa dilakukan secara online.

Umumnya tes ini dilakukan dengan tujuan merekrut karyawan. Baik itu untuk perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Disamping itu, tes ini juga kerap kali digunakan oleh beberapa universitas. Tujuannya adalah menyeleksi calon mahasiswa baru. Umumnya dalam melakukan tes ini menggunakan skor. Semakin banyak jawaban yang tepat maka skor yang akan Anda dapatkan juga semakin tinggi.

Dalam mengerjakan tes psikotes tersebut terdapat tiga aspek penting yang kerap kali digunakan. Pertama ada aspek numerical, verbal dan figural. Supaya Anda bisa lebih paham dengan beberapa jenis teks tersebut. Simak penjelasan lengkapnya seperti pada berikut ini.

Tes Verbal

Untuk jenis tes TPA online yang pertama adalah tes verbal. Tes ini mempunyai tujuan untuk mengukur kecerdasan seseorang ketika menggunakan bahasa serta kosakata. Dalam mengerjakan soal ini, nantinya Anda akan menemui soal yang sinonim, hubungan kata, antonim, pengelompokan kata dan lain sebagainya. Karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan kosakata. Maka sangat penting jika Anda memang harus mempelajari jenis tes yang satu ini.

Dalam arti lain peserta nantinya akan menemui model soal yang mempunyai kaitan dengan perbendaharaan kata. Perihal perbendaharaan kata juga menjadi hal yang sangat penting. Tujuannya adalah melatih kecerdasan verbal. Hal yang perlu disiapkan untuk mengerjakan tes ini adalah banyak membaca tulisan ilmiah, buku-buku sastra, majalah, koran dan lain sebagainya. Semakin rajin Anda membaca maka akan semakin baik pula penguasaan kemampuan verbal Anda.

Selain itu persiapan lain yang harus Anda lakukan adalah mencatat serta membuat daftar kata yang tidak umum. Alangkah lebih baiknya juga anda mempelajari beberapa jumlah kata yang belum Anda mengerti. Apabila Anda menjumpai kata yang masih asing, carilah artinya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Figural

Berikutnya jenis tes TPA online adalah figural. Tujuan setelah melakukan tes ini adalah mengukur kecerdasan yang berkaitan dengan figural. Figural yang dimaksud seperti halnya simbol, pola diagram dan juga gambar. Selain itu pengerjaan tes figural juga berkaitan dengan soal bayangan benda di cermin horizontal ataupun vertikal. Tak cukup itu saja, peserta tes psikotes ini juga harus mengerjakan hubungan gambar dengan gambar serta tes deret gambar.

Ketika Anda mengerjakan jenis tes yang satu ini tips yang harus diperhatikan adalah kecermatan dan ketelitian. Terlebih dalam menentukan pola darat maupun bayangan gambar. Tetaplah fokus dan berkonsentrasi agar nantinya hasil dari tes TPA tersebut semakin maksimal.

Numerik

Terakhir ada tes TPA online jenis numerik. Model tes ini selalu berkaitan dengan angka-angka. Nantinya anda sebagai peserta akan menghadapi sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan operasi hitung matematika dasar. Untuk pengerjaan model tes yang satu ini tidak memerlukan ingatan yang berkaitan dengan rumus yang sifatnya sulit. Meskipun begitu Anda mesti tetap teliti. Karena terkecoh sedikit saja bukan tidak mungkin akan membuat jawaban Anda malah menjadi salah.

Untuk mempermudah Anda dalam mengerjakan tes numerik ini melakukan latihan secara rutin. Periksalah diri anda untuk menyelesaikan soal kurang dari waktu yang diberikan. Meskipun hal tersebut tidak mudah tetapi usahakan untuk terbiasa. Kita tahu bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk berhitung. Bagan tersebut bisa kita lihat sejak mereka memasuki sekolah taman kanak-kanak. Kendati demikian, nyatanya tidak semua orang bisa berhitung dengan cepat.

Padahal dalam pengerjaan tes ini Anda hanya diberi waktu yang terbatas. Tips lain untuk mengerjakan model soal numerik adalah asah kemampuan berpikir secara logika. Terakhir tips mengerjakan jenis tes TPA online yang ini adalah, selalu pilihlah jenis soal yang mudah lalu kerjakan terlebih dahulu. 

Artikel berhubungan: