Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Ada beberapa keuntungan dan kelebihan yang anda dapatkan dengan mengikuti tes potensi akademik secara online.

Tes potensi akademik atau yang kita kenal sebagai TPA merupakan salah satu jenis tes psikologi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Khususnya untuk urusan seleksi karyawan baru perusahaan maupun ujian masuk perguruan tinggi. Sebab tes ini bertujuan untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Setiap orang pastinya memiliki tingkat kecerdasan serta kemampuan yang berbeda-beda. Dengan TPA maka sang penyelenggara tes bisa mengetahui bagaimana kecerdasan dari para pesertanya. Nantinya hal tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.

Misalnya yaitu dalam proses seleksi karyawan baru suatu perusahaan maka perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil tes. Jika perusahaan membutuhkan orang dengan hasil tes TPA yang bagus, maka siapa pun yang memiliki hasil bagus akan diterima. Begitu pula sebaliknya.

Berbagai Keuntungan dan Kelebihan Tes Potensi Akademik Secara Online

TPA tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Sebab dengannya maka perusahaan bisa mendapatkan pegawai baru yang sesuai dengan kriteria. Dengan begitu tentunya sang pegawai bisa berguna dan mampu memberikan kontribusi yang baik untuk perusahan.

Karena kepentingan tersebutlah banyak perusahan yang menerapkan TPA sebagai rangkaian seleksi perekrutan pegawai baru. Apalagi kini pelaksanaan TPA bisa semakin mudah sebab bisa dilakukan secara online. Hal tersebut juga tak terlepas dari perkembangan zaman yang semakin modern ini.

TPA online artinya proses tes dilakukan secara online menggunakan perangkat smartphone maupun laptop. Metode ini dianggap memiliki berbagai kelebihan serta keuntungan tersendiri baik untuk perusahaan maupun peserta. Beberapa kelebihan dan keuntungan tersebut diantaranya yaitu:

1. Hemat Kertas

Keuntungan tes potensi akademik secara online yang pertama yaitu bisa lebih menghemat kertas. Sebab soal dan jawaban yang harus diberikan pada para peserta tidak berada dalam wujud fisik kertas. Hal tersebut tentunya juga bisa menghemat pemakaian perlengkapan milik perusahaan.

2. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Dengan tes secara online, maka peserta bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Antara pihak perusahaan dan para peserta tidak harus berkumpul di tempat yang sama. Peserta bisa menentukan sendiri di mana tempat yang paling nyaman untuk mengerjakan tes.

Hal tersebut tentunya akan menguntungkan perusahaan dan juga para pesertanya. Sebab perusahaan tidak perlu mencari dan menyiapkan tempat untuk mengumpulkan calon pekerja yang pastinya banyak. Kemudian para pesertanya bisa lebih fokus dalam mengerjakan soal tes.

3. Bisa Menggunakan Berbagai Perangkat

Peserta juga bisa mengikuti tes potensi akademik online menggunakan berbagai perangkat yang mereka miliki. Bisa menggunakan smartphone, laptop maupun komputer sekalipun. Sehingga mereka bisa memilih perangkat apa yang menurut mereka lebih nyaman digunakan.

4. Tes Lengkap

Meskipun dilakukan secara online tentunya tes ini juga tetap lengkap sama seperti umumnya. Soal-soal setiap kategori juga tersedia dan pastinya memiliki kualitas yang bagus. Dengan begitu maka tes ini bisa tetap benar-benar mengetahui kecerdasan dan kemampuan seseorang.

5. Hasil Tes Real Time

Kelebihan lainnya yang sangat menguntungkan yaitu hasil tes bisa diterima secara real time. Artinya setelah peserta menyelesaikan tes maka perusahaan bisa langsung menerima hasilnya. Dengan begitu maka perusahaan juga bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat.

6. Tidak Ribet

Dengan tes potensi akademik secara online ini maka perusahaan juga tidak akan kerepotan. Sebab tidak perlu mencetak banyak kertas hingga tidak perlu mengoreksi hasil tes. Jika dilakukan secara offline tentunya perusahaan akan lebih ribet apalagi saat proses pemeriksaan hasil tes.

7. Minim Kesalahan Penilaian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hasil tes TPA online akan muncul secara real time. Sebab penilaian langsung dilakukan oleh sistem sehingga pastinya akan lebih minim terjadi kesalahan. Berbeda jika penilaian dilakukan manual, pastinya risiko terjadinya kesalahan menjadi lebih besar.

Penilaian dengan sistem ini pastinya juga akan sangat menguntungkan perusahaan. Sebab dengannya maka perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat tanpa ragu. Sehingga mereka bisa benar-benar mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Itulah beberapa kelebihan dan keunggulan dari melaksanakan tes potensi akademik secara online. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa cara online ini memang lebih menguntungkan daripada offline. Karena itu tidak heran jika banyak orang yang memilihnya.

Artikel berhubungan: