Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online ada beberapa jenis seperti tes angka, logika, verbal dan spasial untuk seleksi mahasiswa atau rekrutmen kerja.

Tes Potensi Akademik online memiliki banyak manfaat dalam mengukur kemampuan akademik seseorang. Salah satu jenis tes psikologi ini juga umum digunakan dalam beberapa perusahaan atau instansi pendidikan. Hal ini karena dengan tes TPA bisa menyaring atau menempatkan seseorang pada posisi yang sesuai. Sehingga ketika menjalani pekerjaan atau menempuh pendidikan akan sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan. 

Jenis Tes Potensi Akademik Online yang Sering Digunakan untuk Seleksi

Tes TPA merupakan salah satu tes yang memiliki fungsi penting dalam proses seleksi. Tes psikologi ini bisa melihat proses berpikir seseorang dalam menghadapi apapun. Nantinya kecerdasan intelektual seseorang bisa terukur dengan mengerjakan tes ini. Sehingga banyak yang memanfaatkan tes TPA dalam proses rekrutmen kerja, tes masuk perguruan tinggi sampai beasiswa. 

Dahulu tes TPA hanya berlangsung secara manual dengan menggunakan kertas. Tetapi saat ini teknologi sudah semakin maju dan tes TPA sudah bisa dilakukan secara online. Penyelenggaraan tes secara online tentu lebih mudah dan efektif daripada secara manual. Kemudahan tersebut bisa karena beberapa hal seperti tidak membutuhkan banyak kertas yang nantinya menjadi limbah. 

Selain itu, pengerjaan dengan menggunakan perangkat PC atau smartphone tidak memerlukan banyak biaya. Nantinya hasil tes secara online juga bisa keluar lebih cepat daripada secara manual. Soal tes TPA akan terdiri dari beberapa jenis yang bisa untuk mengukur kecerdasan akademik seseorang. Berikut ini merupakan beberapa jenis tes TPA untuk mengukur kemampuan seseorang:

Tes Angka

Jenis Tes Potensi Akademik online yang pertama yaitu tes angka. Tes angka dalam tes psikologi ini memiliki fungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang yang berkaitan dengan angka. Nantinya dalam tes bisa menentukan proses berpikir seseorang yang terstruktur dan logis matematis. 

Soal akan berbentuk seperti soal sederhana matematika salah satunya yaitu logika huruf. Selain itu soal tes angka akan berbentuk seperti seri huruf, seri angka dan angka dalam cerita. Dengan begitu supaya sukses dalam mengerjakan soal tes tes TPA perlu mempelajari tes angka. 

Tes Logika

Dalam tes TPA juga terdapat jenis tes logika yang memiliki fungsi untuk mengukur kemampuan seseorang. Tes logika ini bisa mengukur kemampuan seseorang dalam pemecahan dan penalaran masalah secara logis. Umumnya soal terlihat mudah untuk dikerjakan dan hanya melalui proses pengerjaan sederhana. 

Tetapi justru banyak orang yang terkecoh pada jenis soal ini. Terdapat beberapa bentuk soal dari tes logika yang umum digunakan yaitu seperti logika cerita, logika diagram, silogisme dan analisis pernyataan. 

Tes Verbal

Jenis Tes Potensi Akademik online selanjutnya yaitu tes verbal. Tes ini berfungsi mengukur kecerdasan seseorang, terutama di bidang bahasa. Umumnya tes akan mengukur kemampuan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. 

Terdapat beberapa bentuk tes verbal yang umum terdapat pada tes TPA yaitu persamaan kata, lawan kata, pengelompokan kata sampai padanan hubungan kata. Beberapa bentuk soal tersebut memiliki langkah pengerjaan yang berbeda sesuai dengan petunjuk yang ada. Pastikan membaca petunjuk dengan benar supaya berhasil mengerjakan soal. 

Tes Spasial

Tes spasial memiliki fungsi untuk mengukur logika umum seseorang. Jenis tes TPA ini akan berbentuk gambar yang bisa menentukan daya logika ruang seseorang. Terdapat beberapa bentuk tes spasial atau gambar ini yaitu seperti seri gambar, hubungan gambar, bayangan gambar, pengelompokan gambar sampai identifikasi gambar. Soal tes spasial terlihat mudah tetapi tetap perlu mengerjakannya dengan berpikir logis. 

Itulah beberapa jenis tes potensi akademik yang umum terdapat pada soal untuk mengukur kemampuan seseorang. Beberapa jenis soal tersebut memiliki peran yang berbeda untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam masing-masing bidang. Hal ini penting untuk mengetahui kemampuan akademik seseorang dalam proses seleksi. 

Saat ini memang banyak layanan yang bisa untuk melakukan Tes Potensi Akademik online. Tetapi tidak semua layanan tersebut mampu memberikan yang terbaik untuk kebutuhan para konsumen. Salah satu pelayanan tes TPA online yang bisa memberikan hasil terbaiknya itu tepad.id. Layanan tes TPA ini mampu memberikan hasil terbaik baik bagi peserta tes ataupun penyelenggara.