Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online, tes psikologi yang diselenggarakan secara online dan bertujuan mengukur kemampuan seseorang secara intelektual

Tes potensi akademik online merupakan salah satu tes psikologi yang diselenggarakan secara online dan bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang secara intelektual. Biasanya, tinggi rendahnya skor pada tes potensi akademik dikaitkan dengan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan seseorang.

Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik seringkali diselenggarakan oleh berbagai macam instansi, terutama instansi pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar hingga Universitas.

Selain itu, tes psikologi ini juga digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan. Dalam penyelenggaraan tes potensi akademik terdiri dari berbagai jenis soal.

Masing-masing soal memiliki tingkat kesulitan dan prosedur yang berbeda. Setelah berhasil menyelesaikan setiap soal, jawaban Anda akan melewati proses pemeriksaan.

Kemudian, akan muncul skor yang bisa menjadi acuan untuk mengukur seberapa tinggi kemampuan intelektual yang Anda miliki. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi seputar jenis soal dan skor tes potensi akademik online.

Jenis Soal Tes Potensi Akademik

Umumnya, soal tes potensi akademik dibagi menjadi empat jenis yakni soal tes verbal, soal tes angka, soal tes logika, dan soal tes gambar. Setiap soal memiliki tujuan untuk mengukur kecerdasan dalam bidang tertentu.

1. Soal Tes Verbal

Tes verbal merupakan tes potensi akademik yang berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan kata-kata maupun bahasa. Bentuk soal tes verbal ini seperti sinonim atau persamaan kata, antonim atau lawan kata, pengelompokkan kata, hingga padanan hubungan kata.

2. Soal Tes Angka

Jenis soal selanjutnya yakni soal tes angka. Tes angka sendiri merupakan tes potensi akademik yang berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang dalam bidang angka.

Dengan kata lain, tes ini dapat mengukur seberapa besar kemampuan Anda untuk berpikir secara terstruktur dan juga logis matematis. Beberapa soal yang akan Anda jumpai seperti aritmatika, yakni menghitung dengan cara menambahkan hingga membagi bilangan yang terdapat pada soal.

Kemudian, ada pula soal seri angka, yakni melogika persamaan angka yang terdapat pada kolom jawaban garis. Selain itu, ada pula soal angka cerita yang mengharuskan Anda untuk membaca dan menjawab soal secara tepat.

3. Soal Tes Logika

Tes potensi akademik online juga menghadirkan soal tes logika. Sejatinya, tes logika memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam hal penalaran maupun pemecahan masalah secara masuk akal atau logis.

Biasanya, para peserta tes sering terkecoh dengan soal tes logika ini. Beberapa bentuk soal tes logika yang paling sering Anda jumpai antara lain, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika umum, logika cerita, hingga logika diagram.

4. Soal Tes Spasial atau Gambar

Jenis soal tes potensi akademik selanjutnya yakni soal tes spasial atau gambar. Tes ini memiliki fungsi untuk mengukur tingkat dan daya logika ruang seseorang.

Biasanya, bentuk dari soal tes spasial atau gambar yakni padanan hubungan gambar, pengelompokkan gambar, identifikasi gambar, hingga bayangan gambar.

Skor Tes Potensi Akademik

Tes potensi akademik memiliki rentang skor antara 200 hingga 800. Setiap instansi atau pihak yang menyelenggarakan tes potensi akademik memiliki standar skor masing-masing.

Misalnya saja, skor tes potensi akademik nasional rata-rata 500. Sedangkan rentang skor tes potensi akademik minimum untuk bisa lolos seleksi S2 yakni 450 sampai dengan 500.

Sedangkan skor untuk lolos seleksi S3 jauh lebih tinggi yakni 550 sampai dengan 600. Sementara itu, skor bagi dosen baru untuk mendapatkan NIDN atau Nomor Induk Dosen Nasional, paling rendah adalah 530.

Selain universitas ataupun instansi, perusahaan yang menyelenggarakan tes potensi akademik juga menentukan skor tertentu bagi karyawannya yang ingin kenaikan jabatan.

Saat ini, untuk mengikuti tes potensi akademik online sudah semakin mudah. Bahkan, hanya dengan satu aplikasi saja, Anda sudah bisa mengikuti atau menyelenggarakan tes tersebut.

Hal ini berkat hadirnya NS Development yang menyediakan tes potensi akademik sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini sudah terintegrasi, sehingga memberikan hasil tes yang terpercaya.

Dengan mengikuti tes potensi akademik online melalui NS Development, Anda bisa semakin mudah untuk mempersiapkan masuk kuliah atau kerja di universitas maupun perusahaan impian. Sehingga, masa depan Anda semakin terencana dengan baik.