Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online memiliki sejumlah aspek penting seperti silogisme, aritmatika, matriks, analogi hingga pemahaman wacana.

Aspek penting tes potensi akademik online merupakan salah satu hal penting yang perlu dimengerti. Tes potensi akademik memiliki beragam manfaat dalam berbagai aspek kebutuhan. Melalui tes ini dapat mengungkap pencapaian seseorang atau individu secara intelektual.

Dalam hal ini, tinggi rendahnya nilai tes potensi akademik akan berbanding lurus dengan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan seseorang. Maka tidak heran jika tes ini seringkali digunakan dalam berbagai proses seleksi. Untuk informasi selengkapnya, berikut ini sejumlah aspek yang perlu Anda ketahui dalam tes potensi akademik.

Berbagai Aspek Penting Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik merupakan salah satu bentuk tes yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan pada diri seseorang dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan kemampuan akademik.

Hadirnya tes TPA ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif serta penalaran seseorang sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja akademiknya. Hasil tes ini dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses seleksi baik untuk seleksi karyawan baru, mahasiswa baru hingga promosi jabatan.

Saat mengikuti tes TPA semakin mudah dan praktis karena telah diselenggarakan secara online. Mengingat pentingnya tes ini, tentu tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Terdapat sejumlah aspek yang perlu diperhatikan oleh para para pesertanya yang antara lain:

Aspek Silogisme

Merupakan salah satu aspek untuk menarik kesimpulan secara lebih tepat sesuai dengan tampilan premis. Melalui aspek silogisme menuntut seseorang untuk dapat berpikir jelas, tajam dan tertib. Dengan demikian, orang tersebut dapat melihat suatu akibat dari pernyataan yang ada.

Aritmatika

Aspek penting tes potensi akademik selanjutnya adalah aritmatika. Dalam aspek ini berorientasi terhadap penyelesaian soal yang tersaji pada komputasi efisien. Hadirnya aspek aritmatika bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta ketika berpikir analitik dan logis.

Sebagai contoh pada rekrutmen karyawan baru pada suatu perusahaan, tes potensi akademik melalui aspek aritmatika bermanfaat untuk mengetahui skill para calon karyawan. Baik dalam hal perencanaan kerja atau pemecahan masalah yang ada kaitannya dengan pekerjaan tersebut.

Matriks

Pada aspek satu ini, para peserta akan memperoleh materi tes yang berupa melengkapi matriks berisikan objek berdasarkan pola matrik yang biasa digunakan. Aspek ini secara umum menuntut para peserta untuk dapat memahami suatu permasalahan. Selanjutnya peserta akan melakukan analisis terkait dengan masalah tersebut.

Makna Kata

Dalam aspek makna kata para peserta tes potensi akademik akan diminta untuk menentukan mana kata yang memiliki makna paling mendekati dengan kata yang telah tersaji sebelumnya.

Dengan kata lain, melalui aspek ini bertujuan untuk menggali keterampilan berbahasa peserta serta mengolah kata. Selanjutnya, untuk kedepannya mampu meningkatkan kemampuan berbahasa pada seseorang.

Analogi

Pada aspek penting tes potensi akademik online satu ini peserta dituntut untuk dapat mencari atau menemukan kesesuaian antara pasangan kata yang mempunyai hubungan analogi. Dengan mengikuti tes ini, akan diketahui seberapa jauh kemampuan peserta dalam mengenali hubungan antar kata yang diujikan.

Penggunaan aspek analogi bermanfaat untuk menjelaskan sesuatu sebagai penalaran serta menyampaikan pesan pada suatu konsep agar lebih sederhana sehingga dapat diterima oleh akal sehat.

Pemahaman Wacana

Pemahaman wacana menjadi aspek yang memiliki tujuan untuk mengetahui pemahaman pada diri seseorang terhadap informasi. Dalam aspek pemahaman wacana akan tersaji soal dalam bentuk teks yang berbentuk  informasi penting. Selanjutnya para peserta perlu memahami isi serta informasi yang terkandung dalam teks tersebut.

Pemahaman ini memerlukan adanya sudut pandang yang objektif. Selain itu, aspek pemahaman wacana juga bermanfaat untuk mengukur pemahaman seseorang terhadap bacaan dan banyaknya waktu yang diperlukan untuk memahami teks yang tersaji.

Kiat Sukses Mengikuti Tes Potensi Akademik

Untuk dapat membantu para peserta dalam mempersiapkan diri saat akan mengikuti tes potensi akademik online agar memperoleh hasil maksimal terdapat beberapa kiat khusus yang perlu dilakukan. Mulai dengan melakukan latihan soal sesering mungkin sehingga beserta akan lebih terampil dan cekatan dalam menjawab soal tes.

Hal penting lainnya adalah dengan mempersiapkan fisik lebih prima sehingga akan semakin memperlancar proses mengikuti tes potensi akademik tersebut.

Dengan mengetahui berbagai aspek penting tes potensi akademik online dengan baik, maka akan ada peluang besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Artikel berhubungan: