Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Aspek penilaian dalam tes potensi akademik online adalah verbal, numerikal, dan figural yang terbagi menjadi subtes seperti analogi, silogisme, aritmatika, dan lainnya.

TPA atau Tes Potensi Akademik online merupakan salah satu jenis psikotes yang dilakukan secara daring. Tes Potensi Akademik bermanfaat hampir di semua bidang dalam kehidupan.

Mulai dari tes untuk masuk sebuah universitas, tes beasiswa, tes seleksi calon karyawan, hingga tes kenaikan jabatan. Sekarang ini penggunaan tes TPA juga sudah jadi suatu hal yang lumrah.

Pasalnya, tes ini berperan banyak dalam menganalisa kemampuan berpikir seseorang. Lantas apa saja aspek yang jadi poin penilaian dari Tes Potensi Akademik ini?

Aspek Penilaian Tes Potensi Akademik Online

Sebenarnya, aspek penilaian tes TPA masih sama seperti dulu saat tes dilakukan secara konvensional. Hanya saja, kini sistem penyelenggaraan TPA sudah mengalami kemajuan.

Mengingat kemajuan teknologi yang pesat, tes potensi akademik kini diadakan secara daring atau online. Hal ini tentu saja mempermudah peserta yang hendak mengikuti tes.

Mereka tidak perlu kehilangan biaya transport maupun waktu untuk hadir ke lokasi tes. Penyelenggaraan tes TPA online ini juga bisa menjangkau lebih banyak peserta di seluruh penjuru.

Namun, terlepas dari sistem penyelenggaraan tes TPA secara online ini, esensi tes dan tujuan TPA masih sama. TPA digunakan sebagai acuan untuk mengetahui pola pikir seseorang dan kepribadiannya.

Berikut ini adalah beberapa aspek penilaian dalam Tes Potensi Akademik online yang perlu peserta pahami.

Analogi

Soal tentang analogi adalah jenis soal untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal hubungan antar kata. Nantinya peserta diminta untuk mencari dan memilih kesesuaian antara pasangan kata.

Skill analogi punya peran penting dalam mendongkrak kesuksesan presentasi di depan audiens. Seseorang dengan skill analogi rendah, cenderung punya gaya presentasi monoton dan mudah membosankan audiens.

Aritmatika

Dalam tes potensi akademik online, terdapat penilaian aspek aritmatika seseorang. Soal aritmatika ini mengerucut pada penyelesaian masalah dengan solusi yang efisien dan efektif.

Dalam kerja nyatanya, aspek aritmatika ini berperan untuk menganalisa kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dengan logis dan analitik. Maka dari itu, tidak heran perusahaan mengandalkan banyak sisi penilaian aritmatika ini untuk merekrut karyawan baru.

Silogisme

Aspek yang menjadi bahan penilaian dalam TPA selanjutnya adalah silogisme. Aspek ini berorientasi pada cara berpikir yang kritis, tertib, dan jelas.

Nantinya, peserta tes TPA online akan dihadapkan dengan beberapa premis. Selanjutnya peserta harus melakukan penalaran yang sistematis dan menarik kesimpulan dari premis tersebut.

Seperti gambaran soalnya, tujuan dari aspek silogisme ini adalah meningkatkan kepekaan seseorang tentang sebab akibat suatu permasalahan yang terjadi.

Matriks

Aspek matriks dalam tes potensi akademik online menuntut seseorang bisa memahami suatu problematika di lapangan. Sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut, mereka bisa membuat analisa baru dan menghubungkan dengan ragam variabel yang menyertainya.

Makna Kata

Aspek kali ini sangatlah menentukan skill berbahasa seseorang. Adanya aspek makna kata dalam tes TPA online sedikit banyak membantu pesertanya lebih efektif dan efisien saat mengambil keputusan.

Pada umumnya, perusahaan dan para rekruter akan mempertimbangkan aspek makna kata ini dalam menyeleksi karyawannya.

Deret Angka

Selanjutnya, jenis soal dalam TPA yakni tes deret angka. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat ketelitian sekaligus analisa seseorang dalam rentan waktu singkat. 

Lebih dari itu, deret angka ini juga kerap jadi alat pengukur tingkat kematangan IQ seseorang.

Perbandingan

Tes Potensi Akademik online menyuguhkan jenis soal perbandingan yang berfungsi untuk mengukur tingkat berpikir logis peserta berdasarkan interaksi sosial dalam suatu masalah. Nantinya, peserta bisa menentukan hasil dari perbandingan kuantitatif dari dua keadaan yang ada di dalam soal.

Pemahaman Wacana

Pemahaman wacana adalah aspek dari penilaian tes potensi akademik untuk mengukur sisi verbal peserta. Dengan waktu yang singkat, peserta diminta untuk memahami bacaan panjang lalu menentukan topik wacana tersebut.

Secara garis besar, sisi yang dinilai dalam TPA adalah verbal, numerikal, dan figural seseorang. Namun ketiganya masih mempunyai subtes seperti penjelasan di atas.

Mengingat banyak aspek yang dinilai dalam tes TPA online ini, tidak heran jika perusahaan, instansi, maupun perguruan tinggi mewajibkan peserta untuk ikut tes. Sadar atau tidak, hasil tes potensi akademik online ini sangat berpengaruh bagi pola pikir dan kepribadian seseorang kedepannya.

Artikel berhubungan: