Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik online terdiri dari beberapa jenis. Salah satu jenis soal TPA online tersebut adalah tes logika yang sangat penting.

Tes Potensi Akademik online sangat bermanfaat. Tidak hanya sebagai tahapan masuk instansi atau perusahaan, TPA juga bermanfaat dalam mengasah logika.

Dalam kehidupan sehari-hari, logika yang baik memang sangat dibutuhkan. Itulah kenapa, tes logika TPA sangat penting penerapannya.

Tes Logika Potensi Akademik Online

Ilmu logika sebenarnya berbeda dengan ilmu tujuan. Mempelajari ilmu tujuan adalah untuk mengambil manfaat atas hasil dari ilmu tertentu yang berasal dari akal dan pengalaman, misalnya seperti ilmu fisika, ekonomi dan lainnya.

Sementara itu, ilmu logika merupakan ilmu alat. Jadi, ilmu ini menjadi tools agar kita bisa memahami ilmu-ilmu yang lain. Dengan ilmu ini, seseorang belajar bagaimana berpikir dengan benar.

Dengan begitu, seseorang bisa mengajukan proposisi dan juga menarik kesimpulan yang tepat. Logika yang buruk akan sangat mempengaruhi cara berpikir seseorang.

Dengan demikian, ilmu logika memainkan peran kunci dalam pengembangan pemikiran rasional dan analitis seseorang. Ini memungkinkan mereka untuk mengenali argumen yang kuat dari yang lemah, serta membuat keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan pada pemikiran yang teliti.

Jenis Tes Logika TPA

TPA terdiri dari beberapa jenis tes. Salah satu jenis tes tersebut adalah tes logika yang tentu saja bertujuan untuk mengasah logika seseorang.

Dalam mengerjakan tes logika TPA, peserta harus memiliki logika dasar yang kuat. Pemahaman dan penalaran yang kuat akan sangat membantu mengerjakan tipe soal ini.

Tes logika TPA juga identik dengan soal dan pilihan jawaban yang mengecoh. Jika salah pemahaman, maka hasil jawaban yang dipilih juga tentu saja kurang tepat.

Dalam soal logika, peserta akan diminta menuliskan sebuah kesimpulan dari bukti dan fakta yang sudah diketahui sebelumnya. Tujuan dari tes ini tentu untuk menguji kemampuan memahami, memanipulasi informasi, sera menyelesaikan masalah.

1. Penalaran Logis

Pertama ada jenis soal penalaran logis di dalam Tes Potensi Akademik online. Tes ini akan menguji kemampuan dalam menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan (premis) dengan prinsip logika.

Ada dua dasar logika yang digunakan, yakni logika tertutup dan logika terbuka. Logika tertutup adalah premis yang digunakan memiliki pola jika-maka, dan, atau.

Selanjutnya ada logika terbuka. Ini merupakan kebalikan dari logika tertutup yang sebelumnya.

Kesimpulan bisa diambil dengan mempertimbangkan berbagai faktor di luar premis. Premis ini menggunakan pola semua atau ada.

Logika terbuka seringkali dianggap ambigu. Peserta TPA bisa menggunakan dasar penalaran untuk menarik kesimpulan ini.

2. Penalaran Analitis

Jenis tes logika dalam TPA online selanjutnya adalah penalaran analitik. Ini merupakan tes yang menguji penalaran secara analitik.

Peserta akan mendapatkan informasi kompleks namun tidak keseluruhannya. Peserta tes akan diminta mengambil kesimpulan paling logis dan juga syarat yang diberikan.

Agar lebih mudah, peserta tes bisa membuat diagram atau tabel dalam menyelesaikan tes ini. Diagram atau tabel tersebut akan sangat membantu dalam menentukan kemungkinan pilihan yang benar.

Kekeliruan Berpikir

Dalam mempelajari tes logika dalam Tes Potensi Akademik online, maka akan ditemukan kesalahan atau kekeliruan berpikir. Tentu saja ini harus dihindari agar bisa mengerjakan tes logika dengan benar.

  • Fallacy of inconsistency (kekeliruan berpikir karena tidak konsisten): tidak runtut pernyataan satu dengan pernyataan yang diakui sebelumnya.
  • Kekeliruan karena mendasarkan diri pada kekuasaan (Fallacy f appealing to force): akibat berargumen dengan kekuasaan yang dimiliki dan menolak pendapat atau argumen seseorang.
  • Fallacy of abusing (kekeliruan karena menyerang pribadi): menolak argumen yang dikemukakan orang lain dengan menyerang pribadinya.
Platform Tes Potensi Akademik Online Terbaik

Dapat dilihat bahwa mengerjakan TPA bisa mengasah logika seseorang. Logika yang terbangun ini nantinya akan sangat penting untuk digunakan di kehidupan.

Peserta TPA tidak akan melakukan kesalahan berlogika lagi. Sehingga, semua keputusan yang diambil dalam hidup sangat tepat.

Tepad.id adalah salah satu platform TPA online terbaik di Indoensia. Pengguna TEPAD bisa melakukan TPA dimana saja dan kapan saja melalui platform online.

Tentu saja platform TPA online Tepad.id ini sudah dibekali fitur yang lengkap. Hal itu termasuk sertifikat, teori tes modern, hingga skor tes yang keluar secara real-time dan akurat.

Dengan brbagai kelebihannya tersebut, Tepad.id menjadi platform Tes Potensi Akademik online yang sangat tepat. Mengikuti TPA di TEPAD dapat digunakan untuk seleksi atau assesment jabatan, seleksi karyawan baru, seleksi mahasiswa baru, hingga sebagai bahan latihan soal.