Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online Bersertifikat

TEPAD menyediakan layanan tes TPA Online bersertifikat yang dapat diikuti oleh siapa saja.

Tes TPA online bersertifikat begitu penting. Adanya jaminan sertifikat seusai tes dilaksanakan menjadi bukti resmi, bahwa hasil dari kegiatan tersebut bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, sertifikat juga mampu menunjukkan jika penyelenggara tes memiliki tingkat integritas yang baik.

Ikuti Tips Ini untuk Keberhasilan Tes TPA Online Bersertifikat

Tes Potensi Akademik atau lebih populer dengan istilah TPA, merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Tak hanya dalam bidang pendidikan saja, kini tes TPA juga banyak dipakai untuk proses rekrutmen karyawan suatu perusahaan.

Berbeda dengan zaman dahulu yang prosesnya dilakukan secara manual. Kecanggihan teknologi yang terjadi sekarang ini membuat proses tes lebih mudah dan praktis dengan sistem online. Bahkan peserta tes tak perlu menunggu lama untuk melihat perolehan nilainya.

Sukses mengerjakan tes TPA online bersertifikat tentu menjadi keinginan semua peserta. Mengingat keberhasilan yang mereka peroleh akan menentukan nasib selanjutnya. Seperti diterima di sebuah perusahaan maupun masuk ke perguruan tinggi favorit.

Wajar jika timbul perasaan takut atau cemas, apalagi jika baru pertama kali menghadapi tes TPA. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri memperoleh hasil maksimal, berikut ini kami berikan sejumlah tips mengerjakan tes TPA online bersertifikat.

1. Sering Latihan

Jika Anda sering latihan, maka peluang keberhasilannya juga lebih besar. Pasalnya, dengan proses latihan tersebut mampu membuat Anda semakin akrab dengan soal-soal tes. Cari sebanyak-banyaknya contoh soal melalui internet.

Penting untuk selalu diperhatikan, dalam mencari referensi soal pastikan memilih yang up to date. Misalnya contoh soal dengan usia maksimal 3 tahun sebelumnya. Mengingat seiring berjalannya waktu soal-soal tes terus mengalami perkembangan dan pembaruan. Tentu akan rugi jika belajar tipe soal zaman dulu, yang tidak lagi muncul dalam tes masa kini.

Selain itu, biasanya masing-masing instansi penyelenggara mempunyai standar tersendiri, untuk menentukan apakah seseorang lolos atau tidak. Pastikan cermat dan teliti dalam melihat tipe soal sesuai instansi penyelenggara yang Anda ikuti.

Proses latihan juga bisa Anda mulai dengan bertanya-tanya kepada senior yang lebih berpengalaman. Jangan sungkan meminta saran kepada mereka terkait tips menghadapi soal tes untuk mendapat hasil terbaik.

2. Pelajari Trik dan Strategi Menjawab Soal

Selama proses latihan berlangsung, ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Hal tersebut adalah trik menjawab soal. Trik ini berkaitan dengan waktu tes yang diberikan. Mengingat jangka waktu menjawab soal cukup terbatas, tentunya Anda harus cekatan dalam memilih jawaban paling tepat. Jangan sampai terlalu lama mempertimbangkan jawaban sampai waktu habis.

3. Mengasah Kemampuan Verbal dan Numerik

Dalam tes TPA online bersertifikat, terdapat beberapa tipe soal yang wajib Anda kerjakan. Salah satunya yakni tes verbal dan numerik. Dalam sesi tes verbal, soal-soal yang tersaji berhubungan erat dengan perbendaharaan kata. Sebut saja makna sebuah kata, antonim, sinonim, dan masih banyak lagi.

Agar semakin sukses ketika menjawab soal verbal, maka sebaiknya Anda memperkaya diri dengan perbendaharaan kata. Seperti rajin membaca, membuat daftar kata yang asing kemudian mencari artinya, serta memahami ilmu bahasa Indonesia secara baik.

Sementara dalam tes numerik soal-soalnya berkaitan dengan angka, meliputi operasi hitung dasar matematika. Supaya semakin sukses dalam melewati tahap tes ini, Anda perlu cermat dan mengingat sejumlah rumus yang rumit. Agar tidak kehabisan waktu, silahkan mengerjakan soal-soal mudah terlebih dahulu.

4. Selalu Fokus dan Teliti

Konsentrasi dan fokus menjadi kunci utama agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Pastikan menyingkirkan sementara hal-hal yang mengganggu selama proses berlangsung. Jangan hanya membaca perintah soal satu kali, kalau bisa diulangi. Sehingga lebih memahami dan mampu menentukan jawaban paling tepat.

5. Siapkan Fisik dan Mental

Sebelum tes berlangsung, pastikan kondisi tubuh Anda sedang prima dan tidak sakit. Jika pelaksanaan tes di pagi hari, silahkan sarapan terlebih dahulu. Mengingat rasa lapar bisa merusak konsentrasi dan fokus.

Jangan buru-buru membuka soal, awali dengan doa sehingga pikiran semakin tenang. Apabila masih memiliki sisa waktu di akhir tes, silahkan cek kembali seluruh jawaban agar tidak ada soal yang terlewat.

Nah, itulah beberapa tips mengerjakan tes TPA online bersertifikat, agar sukses dan hasilnya maksimal. Tertarik mengikuti tes TPA online berkualitas? Silahkan hubungi lembaga TEPAD, yang menghadirkan sejumlah tes psikotes terbaik untuk menunjang kebutuhan Anda!