Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Ada beberapa tips mengerjakan dan menaklukkan tes TPA Online untuk mendapat hasil yang maksimal.

Tes TPA online atau Tes Potensi Akademik merupakan salah satu psikotes yang banyak dipakai dalam proses untuk rekrutmen kerja. Selain itu kita juga bisa menjumpai tes ini dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan beberapa universitas.

TPA memiliki tujuan mengukur kecerdasan secara intelektual seseorang yang mengerjakannya. Selain itu tes ini juga bisa berguna untuk melihat potensi intelektual yang mendasari kemungkinan seseorang berhasil dalam menjalani S2 atau S3.

Tes ini tentunya sangat penting dalam proses rekrutmen kerja hingga tes masuk perguruan tinggi. Sehingga bagi Anda yang sedang dihadapkan dengan tes ini harus mengerjakannya sebaik mungkin. Sebab hasilnya bisa menentukan nasib Anda setelahnya.

Tips Mengerjakan Tes TPA Online

Dalam TPA setidaknya terdapat tiga aspek yang dinilai, yaitu verbal, numerikal dan figural. Verbal merupakan kemampuan memahami dan berpikir menggunakan bahasa, numerik menggunakan angka dan figural menggunakan gambar.

Tes Potensi Akademik ini mungkin terlihat sederhana dan mudah untuk kita kerjakan. Namun sebenarnya banyak orang yang tidak mampu mengerjakan tes ini dengan baik. Sehingga mereka mengalami kegagalan dengan berbagai alasan tersendiri.

Misalnya yaitu tidak teliti ketika mengerjakan, kekurangan waktu atau bahkan bingung dalam menjawab soal. Oleh karena itu hasil dari tes mungkin mereka hanya mendapatkan nilai yang kecil. Sebab penilaian tesnya yang menggunakan sistem skor.

Sehingga semakin banyak jawaban tes TPA online yang benar, maka skornya juga akan semakin tinggi. Untuk rentang nilai TPA sendiri yang bisa Anda dapatkan yaitu sekitar 200-800. Oleh karena itu tentunya penting untuk berusaha mengerjakan tes dengan baik.

Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula. Nah, dalam mengerjakan tes TPA ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Dengan tips ini maka Anda bisa mengerjakan tes dengan lancar dan mendapatkan hasil yang bagus pula.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang bisa Anda lakukan:

Banyak Latihan

Sebelum menghadapi tes TPA sungguhan, Anda bisa berlatih terlebih dahulu. Bahkan beberapa hari atau minggu sebelum tes Anda sudah bisa mulai berlatih. Kini sudah ada banyak soal latihan TPA di internet yang bisa Anda gunakan sebagai latihan.

Sebaiknya Anda juga mencari latihan soal yang terbaru misalnya maksimal 3 tahun sebelumnya. Sebab seiring berjalannya waktu soal TPA pastinya juga terus mengalami perkembangan dan pembaruan. Dengan banyak berlatih, maka Anda akan terbiasa dalam melakukan tes TPA ini.

Siapkan Perangkat yang Baik

Dalam mengerjakan tes TPA online ini tentunya Anda juga harus menyiapkan perangkat seperti laptop yang kondisinya baik. Perangkat bisa Anda gunakan dengan normal dan tidak berisiko mengalami error ketika tes berlangsung. Anda juga harus memperhatikan baterai dan internet.

Pastikan baterai perangkat terisi penuh dan siapkan pula kabel charger. Kemudian pastikan juga Anda memiliki sinyal dan jaringan internet yang lancar. Dengan begitu maka pastinya Anda bisa mengerjakan tes tanpa adanya hambatan dari perangkat.

Siapkan Fisik dan Mental

Sebelum melakukan tes, maka Anda harus menyiapkan fisik dan mental yang baik. Pastikan tubuh sedang prima, tidak sakit dan juga tidak akan mengantuk selama tes. Sebab hal tersebut bisa mengacaukan fokus Anda selama mengerjakan tes sehingga tidak bisa mengerjakannya dengan baik.

Selalu Fokus dan Teliti dalam Mengerjakan Soal

Dalam mengerjakan tes TPA online, pastikan untuk fokus dan teliti dalam mengerjakan soal. Bacalah pertanyaan dengan perlahan dan pahami dengan benar agar bisa menjawab pertanyaan dengan tepat. Anda pun bisa membaca soal selama beberapa kali untuk benar-benar memahaminya.

Kerjakan Soal Mudah Terlebih Dahulu

Ketika membaca soal tentunya Anda bisa menentukan apakah soal tersebut sulit atau susah. Anda bisa memilih untuk menjawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Jadi ketika menemukan pertanyaan sulit, maka Anda bisa melewatinya.

Sebab jika Anda terus berusaha untuk menjawab soal tersebut maka hanya akan membuang-buang waktu. Karena itu akan lebih efisien jika Anda meninggalkannya dan mengerjakan soal yang mudah. Setelah sampai pada soal terakhir maka ulangi untuk menjawab soal sulit.

Itulah beberapa tips mengerjakan tes TPA online yang bisa Anda terapkan. Dengan tips ini maka pastinya Anda bisa sukses dan berhasil dalam mengerjakannya.