Tes TPA Online

Tes TPA online mungkin terasa sangat sulit untuk sebagian orang. Itulah kenapa, peserta harus mempersiapkan diri dengan belajar yang tepat.

Tes TPA online sangat penting dalam berbagai seleksi, baik untuk instansi pendidikan maupun perusahaan besar. TPA mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan untuk sukses dalam lingkungan akademik atau profesional. 

Karena hasil tes ini sering kali menjadi salah satu penentu utama dalam proses seleksi, peserta harus berusaha mendapatkan skor yang memadai agar dapat lolos dan mencapai tujuan yang diinginkan. 

Mengingat pentingnya tes ini, persiapan yang matang dan pemahaman terhadap jenis-jenis soal yang mungkin muncul sangatlah diperlukan.

Tips Belajar Tes TPA Online

Hasil dari Tes Potensi Akademik online adalah berupa skor angka. Umumnya, skor tersebut mulai dari 200 hingga 800, tergantung dengan perhitungan salah dan benar.

Bagi para calon mahasiswa atau karyawan baru pasti sudah tidak asing lagi dengan tes ini. Berbagai perusahan dan instansi menggunakan TPA sebagai bagian dalam tahap seleksi masuk.

Bahkan, saat mendaftar CPNS TPA juga masuk ke dalam bagian seleksi. Tentu saja jika ingin lolos, maka peserta harus mendapatkan hasil skor yang tinggi.

Dengan begitu, skor TPA tidak akan mudah tersingkir dari peserta lainnya. Namun, mendapatkan skor besar di tes ini memang tidak mudah.

TPA terkenal dengan pertanyaan yang banyak dan mengecoh. Peserta harus mampu menjawab ratusan soal dengan benar dalam waktu yang dibatasi.

Untuk itu, belajar dengan giat adalah satu-satunya cara agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan sembarangan, berikut ini beberapa tips belajar yang efektif untuk menjalani tes TPA online.

1. Membiasakan Diri

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah membiasakan diri. Belajar hanya dengan membaca dan menghafal saja tidak cukup untuk mempersiapkan diri mengerjakan TPA.

Sebab, pertanyaan TPA itu sangat beragam dan tidak akan sama. Hanya saja, peserta bisa coba membiasakan diri dengan soal-soal tersebut.

Karena meski tidak sama, tetapi soal TPA sebagian besar memiliki pola yang mirip. Membiasakan diri ini bisa dengan berlatih soal sesering mungkin.

Pahami dengan baik jenis-jenis soal yang ada di dalam Tes Potensi Akademik ini. Biasanya, terdapat empat jenis soal dalam TPA, yaitu verbal, logika, angka dan juga gambar.

Peserta harus dapat memahami komponen soal untuk mengenal bagaimana cara mengerjakannya dengan lebih mudah namun tetap cepat. Dengan begitu, lama-lama akan terbiasa.

2. Memahami Matematika Dasar

Salah satu jenis tes TPA online yang banyak ditakuti peserta adalah tes numerik. Ini merupakan kategori tes yang berhubungan dengan angka.

Itulah kenapa, matematika dasar harus diperkuat. Dengan memahami rumus matematika dasar, maka mengerjakan tes numerik jadi lebih mudah.

Sebenarnya, tes numerik hanya berisi soal matematika tingkat dasar saja. Bahkan, soal-soal tes numerik berasal dari matematika sejak SD hingga SMA.

Saat mengerjakan soal ini, peserta juga harus bisa menghitung cepat. Hal ini agar waktu tidak terbuang dan akhirnya tidak mendapatkan kesempatan mengerjakan soal lainnya.

3. Belajar Tekun dan Intensif

Ketika mempersiapkan diri untuk melakukan tes TPA online, cara belajar yang tepat adalah dengan tekun dan intensif. Artinya, pastikan perhatian tidak terpecah selama belajar.

Lakukan latihan soal secara berkala hingga benar-benar menguasai polanya. Ini membutuhkan ketekunan agar bisa memahami materi yang ada.

Setelah itu, lakukan evaluasi agar dapat memahami kesalahan yang dilakukan. Dengan begitu, peserta dapat memperbaiki kesalahan dan tidak akan mengulanginya.

4. Beristirahat Cukup

Selanjutnya, peserta juga harus mendapatkan istirahat yang cukup. Belajar secara terus-menerus akan membuat peserta merasa kelelahan atau "burn-out".

Ketika kelelahan, materi belajar akan sulit masuk dan diingat. Itulah kenapa, dapatkan istirahat yang cukup agar tidak kelelahan sehingga bisa tetap fokus.

5. Belajar Jauh-Jauh Hari

Materi TPA itu cukup banyak. Membiasakan diri dengan soal-soalnya juga tidak bisa dilakukan dengan sebentar. Jadi, hindari waktu belajar yang mepet dengan tes.

Pastikan sudah belajar sejak jauh-jauh hari. Belajarlah di saat waktu senggang sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar rutin lainnya.

Mempelajari materi TPA sebenarnya tidak sulit. Selama sudah paham dengan pola soal-soal yang ada, maka akan lebih mudah.

TPA online di Tepad.id menggunakan sistem teori tes modern yang paling sesuai. Tepad.id bisa digunakan untuk seleksi para karyawan maupun mahasiswa baru berbagai instansi.

Dengan sistem online, peserta jadi lebih mudah dalam mengerjakannya. Tepad.id juga dapat diakses dari perangkat manapun dengan mudah selama terhubung ke jaringan internet. Dengan begitu, mengerjakan tes TPA online jadi jauh lebih mudah.