Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Jika ingin melakukan tes TPA online yang bersertifikat dan hasilnya terpercaya, Tepad.id adalah tempat yang tepat.

Tes TPA online sudah menjadi andalan. Semua orang lebih memilih tes online daripada tes tertulisAlasannya tentu saja simpel, yakni karena tes online akan lebih mudah. Pengejaannya juga tidak sulit dan pastinya dapat dilakukan dimana saja.

Manfaat Tes TPA Online

Tes psikologi adalah hal yang sangat menarik. Banyak orang yang merasa bahwa tes ini membantu mereka dalam mengetahui diri sendiri.

Pada kenyataannya, memang sangat banyak orang yang masih tidak memahami dirinya sendiri. Bahkan, mereka tidak bisa mengukur kemampuan mereka.

Itulah kenapa, tes psikologi ini sangat penting. TPA adalah Tes Potensi Akademik yang banyak dilakukan dalam proses seleksi mahasiswa atau karyawan baru.

Evaluasi uini bermanfaat untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas akademik tertentu. Tes ini mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, dan juga penalaran di dalam berbagai situasi yang sering ditemukan di lingkungan akademik.

Dengan tes ini, seseorang akan tahu seberapa besar kemampuannya sendiri dalam instrumen tes yang ada. Jadi, tidak heran jika banyak instansi pendidikan dan juga perusahaan memanfaatkan tes ini.

TPA bahkan menjadi salah satu tes di dalam seleksi mahasiswa negeri, yakni SNBT. Tes ini merupakan seleksi penting untuk para anak SMA yang ingin ke perguruan tinggi negeri di Indonesia.

TPA Online di Pendidikan

Penggunaan TPA Online di bidang akademik sebelumnya sudah dijelaskan, yakni untuk mengukur kemampuan siswa. Jadi, tes ini akan menentukan apakah siswa layak masuk ke jurusan dan universitas yang mereka dambakan atau tidak.

Instansi pendidikan menggunakan TPA untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Tes ini juga terkenal sebagai tes masuk perguruan tinggi yang sulit.

Bahkan, TPA juga dirancang untuk melihat atau mengukur potensi intelektual berdasarkan keberhasilan seseorang dalam menjalankan pendidikan S2 atau S3. Jadi, tes ini memang sangat bermanfaat.

Setiap instansi pendidikan memiliki minimal skor TPA untuk dinyatakan lulus. Jika skor TPA masih kurang dengan standar yang ada, maka akan tersingkirkan oleh orang lain.

TPA Online untuk Rekrutmen Kerja

Tidak hanya di bidang akademik, tes ini juga digunakan dalam dunia kerja. Proses rekrutmen kerja dan juga asesmen jabatan biasanya memanfaatkan tes satu ini.

Memang belum semua perusahaan menggunakan tes TPA online sebagai acuan, tetapi sebagian besar perusahaan ternama pasti sudah menggunakannya. Hal ini karena tes ini bisa membantu petinggi perusahaan dalam memahami kualitas karyawannya.

Perusahaan dapat menilai keterampilan dasar yang diperlukan dalam lingkungan kerja, seperti misalnya pemecahan masalah, pemahaman bacaan, atau analisis. Dengan begitu, perusahaan tidak akan kecewa dengan kinerja karyawan di waktu yang akan datang.

Skor Tes TPA

Dalam melakukan tes TPA online, ada minimal skor yang harus dicapai. Rentang nilai TPA ini mulai dari 200 sampai 800. Rata-rata skor TPA yang aman adalah dari 600.

Skor tersebutlah yang menjadi penentu seleksi. Untuk mendapatkan skor ini tentu saja tidak mudah. Banyak yang menyebut bahwa soal tes TPA ini sangat sulit dan terlihat menjebak.

Sebenarnya, ada empat jenis utama soal tes TPA Online. Di daftar pertama ada tes verbal yang berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata bahasa. Beberapa bentuk soal verbal adalah antonim, sinonim, mengelompokkan data, dan juga padanan hubungan kata.

Kedua ada tes angka yang bertujuan untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Peserta harus bisa berpikir secara logis sistematis dan terstruktur untuk mengerjakan soal tes ini, seperti seri huruf, angka bercerita, logika angka, aritmatik.

Jenis ketiga adalah tes logika. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal. Jenis soal ini banyak mengecoh orang, seperti kesimpulan, logika diagram, datau logika cerita.

Terakhir ada tes spasial atau gambar. Tes ini berfungsi untuk mengukur daya logika ruang seseorang, jenisnya seperti bayangan gambar, identifikasi gambar, seri gambar, pengelompokkan gambar, atau padanan hubungan gambar.

Tepad.id sudah berpengalaman, sehingga mampu memberikan pengalaman tes fleksibel di semua jenis perangkat.