Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online adalah jenis tes psikotes yang berfungsi untuk mengetahui potensi akademik di dalam diri seseorang dengan cara menjawab sejumlah soal.

Tes TPA online adalah salah satu jenis tes psikotes yang perannya untuk mengetahui potensi akademik di dalam diri seseorang dengan cara menjawab sejumlah soal. Kini di Indonesia tes TPA sudah jadi dasar utama yang harus dilakukan oleh setiap bidang baik pendidikan bahkan pekerjaan.

Tes Potensi Akademik online artinya dikerjakan berbasis digital yakni dengan bantuan  perangkat pintar. Perangkat tersebut mulai dari smartphone, laptop, tablet, ataupun PC. Namanya juga tes online, sudah tentu harus membutuhkan jaringan internet guna mengaksesnya.

Perlu Anda ketahui juga, TPA tes bukan hanya memberikan satu soal saja. Sebab tes jenis ini memberikan berbagai jenis soal tes. Dimana setiap jenis memiliki materi berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum mengikuti tes sebenarnya, Anda calon peserta tes harus mempelajari semua materi tes dan tentunya latihan soal. Kini sudah banyak contoh soal di media internet yang bisa Anda cari dan pelajari sendiri.

Tes TPA Online Digunakan dalam Proses Rekrutmen Kerja

Tes Potensi Akademik online lebih sederhananya merupakan tes yang digunakan untuk segala bidang dan mempunyai banyak fungsi setiap masing-masing bidang. Tes TPA atau tes potensi akademik bisa dilakukan secara offline maupun online.

Seiringnya berkembangnya teknologi dan majunya zaman yang semakin modern, TPA bisa masyarakat akses secara mudah. Dulunya hanya bisa diikuti secara offline atau tatap muka langsung. Hal itu tentunya menyita waktu dan memakan tempat. Anda juga harus menyesuaikan dengan jadwal kapan vendor mengadakannya.

Namun sekarang, di manapun dan kapanpun, Anda sudah bisa mengikuti tes tersebut. Hasil tes TPA ini bisa bermanfaat di banyak bidang. Salah satunya pada bidang perusahaan baik instansi pendidikan dan perusahaan sebagai jalur seleksi masuk atau rekrutmen karyawan.

Proses rekrutmen menjadi point utama bagi perusahaan ketika ingin mencari karyawan. Hal itu dilakukan oleh perusahaan agar perusahaan tidak melakukan kesalahan dalam memilih pekerja yang akan dipekerjakan di perusahaan mereka.

Sudah pasti tahu apa tujuannya, sebab perusahaan selayaknya memilih karyawan yang baik dari segi attitude dan personal branding calon karyawan itu sendiri. Jika sudah benar-benar bagus dan sesuai nilai perusahaan, dijamin perusahaan untung mendapatkan karyawan tersebut. Dampak yang dirasakan oleh perusahaan ketika proses rekrutmen menggunakan tes TPA online sebagai salah satu indikator penerimaan karyawan baru:

Mendapatkan Karyawan Sesuai Kualifikasi Perusahaan

Saat perusahaan, baik itu besar atau kecil sekalipun, jika merekrut karyawan dengan memanfaatkan tes TPA online. Nantinya perusahaan secara otomatis bisa merekrut karyawan sesuai kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri.

Setiap kualifikasi perusahaan berbeda-beda dan tentunya sebanding dengan posisi yang perusahaan cari dalam melakukan pekerjaan tersebut. Kualifikasi perusahaan mencakup banyak hal, mulai dari keahlian yang harus dimiliki oleh calon rekrutmen. Dimana kemampuan calon rekrutmen yang nantinya menjadi karyawan sebenarnya perusahaan bisa mendukung pekerjaan pada posisi yang akan dilamar.

Perusahaan Lebih Maju dan Terkenal

Apabila perusahaan merekrut karyawan yang sesuai dengan kualifikasi, perusahaan akan mendapatkan keuntungan banyak. Baik dari segi kinerja perusahaan lebih maksimal hingga reputasi perusahaan lebih unggul dan mampu menyaingi perusahaan lain.

Hal itu bisa perusahaan miliki dan rasakan, pada saat proses rekrutmen dilakukan dengan cara benar. Cara benar tersebut memanfaatkan Tes Potensi Akademik sebagai dasar utama guna mengetahui potensi dalam calon karyawan. Sebab potensi masing-masing pribadi tidaklah sama, begitu juga skill pada setiap orang.

Perusahaan bukan hanya menerima karyawan dari segi akademiknya. Akan tetapi perusahaan sekarang ini lebih mengunggulkan skill pada setiap calon rekrutmen. Dimana skill seseorang tidak akan pernah hilang.

Karena skill adalah suatu kemampuan yang ada sejak dini. Adanya skill membuat perusahaan lebih matang dan seseorang yang memilikinya jauh lebih percaya diri untuk melakukan banyak hal.

Meningkatkan Profit Perusahaan

Terakhir adalah meningkatkan profit perusahaan, kenapa bisa? Sebab tes TPA online memberikan hasil akurat dan cepat saat proses rekrutmen kerja. Hal ini berpengaruh besar bagi calon karyawan dan pastinya perusahaan. Karena hasil tes tersebut, memberikan jawaban betapa kualitasnya masing-masing calon karyawan dijadikan sebagai staff perusahaan sesungguhnya.

Hasil tes yang bagus akan dipilih dan dijadikan sebagai karyawan nantinya. Jadi secara tidak langsung, perusahaan akan mendapatkan kenaikan profit dengan team kerja yang mumpuni SDA-nya. Itulah mengapa penting mengetahui potensi karyawan dalam proses perekrutan. 

Mengingat pentingnya mengetahui potensi yang ada dalam diri seseorang, maka menggunakan tes TPA Online untuk proses rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan adalah opsi yang tepat. Tes potensi juga mempermudah HRD dalam menilai para kandidat yang sedang mendaftarkan diri.