Tes TPA Online

Tes TPA online rekrutmen karyawan penting untuk mendapatkan kandidat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Tes TPA online mempunyai peran untuk mengetahui potensi akademik seseorang melalui tes psikotes. Tes ini dilakukan dengan cara menjawab sejumlah soal. Di Indonesia, jenis tes ini sudah menjadi dasar utama yang dilakukan setiap bidang, mulai pendidikan hingga pekerjaan.

Tes TPA tidak hanya sekedar memberikan satu soal saja. Namun akan memberikan berbagai macam jenis soal tes dengan materi berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum mengikuti tes ini sebaiknya mempelajari semua materi tes dan banyak berlatih soal agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Tes TPA Online untuk Seleksi Karyawan Baru

Tes Potensi Akademik online menggunakan perangkat berbasis digital dalam pengerjaannya. Namun perangkat tersebut sangat fleksibel karena bisa menggunakan smartphone, laptop maupun PC. Kemudian pastikan jaringan internet stabil untuk dapat mengaksesnya.

Dalam proses rekrutmen kerja, tes TPA online digunakan oleh perusahaan untuk rekrutmen karyawan. Proses seleksi masuk ini menjadi point utama perusahaan saat mencari karyawan. Sehingga dapat memilih karyawan terbaik dari segi personal branding maupun attitude.

Jika sudah mendapatkan kriteria yang sesuai, maka dijamin perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. Berikut ini keuntungan yang diperoleh perusahaan ketika menggunakan tes TPA online untuk rekrutmen karyawan.

Memperoleh Karyawan Sesuai Kualifikasi Perusahaan

jika perusahaan merekrut karyawan dengan Tes Potensi Akademik, maka bisa mendapatkan sesuai kualifikasi yang ditetapkan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan tentu membutuhkan kualifikasi berbeda, salah satunya adalah keahlian yang harus dimiliki dapat mendukung pekerjaan pada posisi yang calon pekerja lamar.

Meningkatkan Profit Perusahaan

Tes ini juga akan memberikan hasil yang cepat dan akurat saat proses seleksi karyawan baru. Ini tentu akan berpengaruh pada perusahaan karena jawaban akan menunjukkan kualitas dari masing-masing calon karyawan.

Hasil tes yang terbaik akan digunakan untuk menentukan pilihan karyawan yang lolos. Secara tidak langsung kenaikan profit akan diperoleh perusahaan dengan tim kerja yang memiliki SDA mumpuni. Sehingga sangat penting mengetahui karyawan yang potensial saat proses perekrutan.

Perusahaan Lebih Maju

Jika perusahaan merekrut karyawan sesuai kualifikasi, maka akan mendapatkan banyak kunjungan. Mulai dari kinerja maksimal, reputasi unggul sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Potensi masing-masing calon karyawan tidak sama, baik dari segi kepribadian maupun skill yang dimiliki. Sehingga adanya Tes Potensi Akademik maka dapat mengetahui skill dari para calon karyawan.

Jenis Tes TPA Online Rekrutmen Karyawan

Tes Potensi Akademik ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rekrutmen karyawan. TPA akan memberikan wawasan terkait pola pikir dari peserta dengan memberikan beberapa soal.

Hasil tes ini akan memberikan gambaran jelas mengenai kemampuan dan kesiapan peserta. Tes ini dapat menyaring kandidat dengan  lebih baik melalui pengujian berbagai aspek kemampuan. TPA online meliputi soal untuk menguji kemampuan verbal, logika dan kuantitatif.

Tes Logika

Tes logika berfungsi untuk mengukur pemahaman kaidah berpikir dan juga cara seseorang dalam menghadapi berbagai situasi. Kemudian tes ini penting untuk tahap evaluasi kemampuan analitis dan kognitif peserta. Selain itu, juga untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah secara logis.

Tes Spasial

Tes ini berkaitan dengan kemampuan untuk memanipulasi dan memahami informasi terkait ruang. Secara khusus dirancang untuk mengukur daya logika ruang dari peserta.

Tes Angka

Jenis soal angka akan bermanfaat untuk mengukur kemampuan akademik dalam bidang perhitungan. Tes ini dapat menilai cara berpikir seseorang secara sistematis, terstruktur dan logis.

Jenis soal dari tes angka ini mencakup tes matematika dasar, pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian, aritmatika, logika angka, seri angka, cerita dan seri huruf. Untuk hasil tes maksimal maka perlu menjawab soal dengan fokus tinggi dan teliti.

Tes Verbal

Jenis tes berikutnya adalah tes verbal untuk meengukur kemampuan bidang kata atau bahasa. Cakupan soal mirip pelajaran bahasa Indonesia tinggi SD hingga SMA.

Tes meliputi sinonim, antonim, hubungan kata dan pengelompokan kata. kemudian tes verbal dirancang untuk mengukur kemampuan peserta menggunakan bahasa yang efektif.

Tes TPA online penting untuk mengetahui potensi di dalam diri seseorang. Sehingga proses seleksi karyawan akan mendapatkan kandidat yang tepat sesuai dengan kualifikasi perusahaan.