Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes Potensi Akademik atau Tes TPA online adalah tes psikolog yang diujikan. Tujuan dari tes ini untuk mengukur seberapa besar potensi yang ada di dalam diri seseorang.

Tes TPA online kini mudah ditemukan. Meski online, ketepatan tes ini tetap sama seperti pada umumnya jika berasal dari platform yang tepat.

TPA atau Tes Potensi Akademik adalah tes psikolog yang diujikan. Tujuan dari tes ini tentu saja untuk mengukur seberapa besar potensi yang ada di dalam diri seseorang.

Tes TPA Online Terpopuler

Untuk para pengejar karier dan pendidikan, TPA menjadi satu hal yang akrab di telinga. TPA biasanya digunakan dalam tes CPNS, tes masuk perusahaan, tes masuk perguruan tinggi, dan lainnya.

Sebagian besar perusahaan swasta bergengsi pasti sudah menggunakan TPA ini sebagai salah satu tahapan seleksi. Ini akan membantu perusahaan melihat kualitas calon karyawan tersebut.

Sementara itu, calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi menjadi salah satu syarat seleksi wajib yang harus dilakukan. Bahkan, hal ini tidak hanya berlangsung di Indonesia saja.

Hampir di seluruh dunia menggunakan TPA. Secara internasional, TPA terkenal dengan istilah GRE atau yang berarti Graduate Record Examination.

Jenis-Jenis Tes TPA Online

TPA Online sebenarnya memiliki tahapan dan soal yang sama. Hasil dari penilaian tes bahkan juga sama seperti proses offline yang menggunakan lembaran kertas.

Namun, saat ini sudah tidak ada lagi tes offline seperti itu. Sebagian besar instansi di seluruh dunia sudah melakukan tes TPA secara online.

Berikut ini jenis-jenis TPA online yang harus diketahui:

  • Tes Verbal, ini adalah TPA yang mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. Beberapa bentuk soal tes verbal ini adalah sinonim, antonim, pengelompokan kata, dan padanan hubungan.
  • Jenis Tes Angka, tes untuk mengukur proses berpikir yang terstruktur dan logis matematis. Beberapa bentuk soal tes angka adalah aritmatika, seri angka, angka dalam cerita, logika angka, dan juga seri huruf.
  • Tes Logika, jenis tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal.
  • Tes Gambar, jenis tes untuk melihat daya logika ruang pada diri seseorang.

Jenis-jenis tes TPA online tersebut sudah pasti ditemukan. Jadi, peserta tes harus benar-benar mempelajari materi TPA tersebut.

Tes dengan Desain Khusus

Sekarang ada banyak sekali penyedia TPA online. Namun, TEPAD.id menjadi salah satu yang menawarkan pelayanan tebaik. TEPAD.id memuiliki tes TPA dengan desain khusus.

Dengan memadukan teknologi dan teori yang mutakhir di dalam pengembangan tes potensi akademik berbasis online, desain tes dari TEPAD.id ini sangat menarik.

Peserta tes bisa memilih waktu pelaksanaan kapan saja. Jadi, mereka bisa menyesuaikan dengan jadwal dan tidak terburu-buru.

Karena berlangsung secara online, tes TPA online di TEPAD.id juga tidak akan terbatas oleh tempat. Software tes dari TEPAD.id sudah mendukung semua bentuk perangkat online, jadi akan sangat memudahkan.

Menariknya lagi, TEPAD.id sudah menggunakan teori Tes Modern atau IRT. Ini adalah teori TPA yang paling populer dan paling modern saat ini.

Bahkan di luar negeri sudah menggunakan teori tes ini. Tes masuk perguruan tinggi bergengsi di Indonesia menggunakan IRT sebagai konsep penilaian, TPA di TEPAD.id bisa menjadi tempat latihan para calon mahasiswa baru.

Setelah melaksanakan TPA, TEPAD.id akan segera mengeluarkan skor secara real time. Jadi, para penggunanya tidak perlu menunggu beberapa hari.

Selain itu, pengguna TPA online di TEPAD.id akan mendapatkan sertifikat online. Sertifikat tersebut akan menjadi bukti bahwa pengguna telah berhasil menyelesaikan tes TPA.

Fitur TEPAD.id

TEPAD.id memiliki fitur unggulan, mulai dari desain multiuser yang artinya bisa langsung digunakan beberapa user sekaligus hingga tes untuk individu maupun kelas.

Jadi, TPA di TEPAD.id ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari latihan individu hingga berbagai jenis rekrutmen.

Para peserta tes juga bisa menggunakan perangkat mereka sendiri. Mau di mana saja dan kapan saja, tes TPA bisa tetap berlangsung.

Itulah tes TPA Online di TEPAD.id. Ada banyak kelebihan yang akan didapatkan di TEPAD.id, harga terjangkau, bersertifikat, dan juga fleksibel. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri untuk melaksanakan Tes Potensi Akademik ini.