Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online kerap menjadi rekomendasi untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah tes untuk mengukur tingkat kemampuan dan potensi

Tes TPA online kerap menjadi rekomendasi untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah tes seleksi karyawan. Dalam peranannya sebagai tes seleksi, TPA ini berfungsi sebagai tes psikologi agar nantinya mampu mengukur potensi seseorang. Hasil ujian tersebut nantinya dapat digunakan apakah calon karyawan tersebut memiliki kualifikasi yang perusahaan inginkan.

Seiring berkembangnya teknologi dengan kemajuan digitalisasi yang pesat, kini Tes Psikologi Akademik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam efektivitas perusahaan, proses rekrutmen kerja bisa dilakukan secara online, tanpa harus datang secara langsung. Para peserta bisa memilih mengerjakan soal test, menggunakan laptop, PC, bahkan smartphone yang mereka miliki.

Kenali Jenis Tes TPA Online untuk Rekrutmen Kerja dan Manfaatnya

Tes potensi akademik sebetulnya dapat dilakukan secara offline untuk mendapatkan suasana ujian yang sesungguhnya. Namun dengan melaksanakannya secara langsung, pihak rekrutmen harus menyediakan tempat serta peralatan agar peserta dapat melaksanakan ujian dengan baik. Adanya berbagai syarat tersebut biasanya membuat pihak rekrutmen kerja berpikir lebih jauh.

Melakukan tes secara online jauh lebih efisien dan efektif, karena memiliki proses yang jauh lebih singkat. Peserta dapat melakukan tes kapan saja dalam waktu yang mereka inginkan. Hasil tes juga akan keluar segera setelah tes berlangsung. Jika memilih layanan tes online bersertifikat, tentu nilai yang keluar dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

TPA online untuk rekrutmen karyawan memiliki berbagai jenis tes dengan fungsi yang berbeda-beda. Para peserta harus mengetahui dan memahami berbagai jenis tes tersebut, agar saat mengerjakan dapat dilakukan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tes Verbal

Tes TPA online yang pertama yakni jenis tes verbal. Fungsi dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan seorang pelamar dalam memahami bahasa. Soal-soal yang diberikan dalam tes verbal mencakup analogi, sinonim dan antonim, serta pemahaman suatu kalimat. Berbagai tipe soal dengan tema tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah pelamar memiliki tata bahasa yang tepat dan efektif. Selain itu, tes verbal juga dapat berguna sebagai pengukur kemampuan individu dalam berpikir secara kritis sekaligus analitis.

Tes Numerik

Jenis tes numerik berkaitan dengan angka dalam jenis soal yang dikemas bermacam-macam. Biasanya tes ini terdiri dari berbagai soal aritmatika, logika, dan geometri matematika. Konsep tes merupakan jenis soal matematika dasar untuk mengukur sejauh mana kemampuan seorang pelamar dalam berpikir logis serta pemecahan suatu masalah. Aritmatika, \ mengharuskan calon karyawan untuk memecahkan soal penghitungan. Sementara geometri mengharuskan seseorang untuk memahami konsep-konsep yang ada di dalamnya. Tidak ketinggalan, soal logika untuk mengasah kemampuan dalam berpikir logis.

Tes Penalaran dan Spasial

Jenis tes TPA online ini juga tidak kalah penting untuk mengukur kemampuan seseorang dalam pemecahan masalah serta berpikir secara logis. Biasanya tipe soal penalaran berupa deret angka untuk menentukan pola pada angka tersebut. Sementara jenis tes spasial memberikan tantangan bagi para peserta untuk dapat membayangkan suatu objek yang ada dalam ruang tiga dimensi.

Tes Kecerdasan Emosional

Mengukur tingkat emosional sangat penting dalam menentukan calon pekerja yang tidak hanya mahir di bidangnya namun juga kemampuan mengelola emosi dengan baik. Sehingga pekerja nantinya mahir dalam berempati, manajemen konflik, serta proses pengambilan keputusan di lingkungan kerja.

Manfaat Melakukan Tes TPA Online untuk Rekrutmen Karyawan

Peran melakukan tes Potensi Akademik untuk merekrut pekerja baru memiliki berbagai macam keunggulan. Salah satunya yaitu mampu meningkatkan mutu perusahaan. Mendapatkan karyawan sesuai dengan kualifikasi, pastinya mutu suatu perusahaan jauh lebih mengalami peningkatan. Jika sudah begitu, tentunya akan menambah profit serta menambah keuntungan. Adanya tes ini akan menyaring calon karyawan yang benar-benar memiliki SDM mumpuni.

Tes Potensi Akademik, Beri Peluang Perusahaan dapatkan SDM Unggulan

Memiliki pekerja dengan SDM yang unggul merupakan keinginan setiap perusahaan. Dengan kemampuan yang seorang karyawan miliki, perusahaan dapat mencapai target serta meningkatkan mutu dan kualitas produk. Hal ini sangat penting untuk mencapai misi perusahaan agar mampu berkembang dengan baik.

Dalam mendapatkan hasil tes TPA online yang terpercaya, sebuah perusahaan wajib memilih partner penyedia tes yang bersertifikat. Tepad.id, merupakan media layanan tes potensi akademik yang bersertifikat dan telah bekerjasama dengan berbagai klien untuk banyak kebutuhan. Hasil tes yang terpercaya dan platform lengkap, membuat Tepad.id layak dipertimbangkan sebagai rekomendasi.